6 Tips Sukses Membangun Startup Bisnis Untuk Pemula

- Mei 15, 2017

6 Tips Sukses Membangun Startup Bisnis Untuk Pemula

 
Tips Membangun Startup Bisnis Untuk Pemula - Sebelum membangun startup bisnis, alangkah baiknya bila memahami terlebih dahulu seputar bisnis. Bagaimana mampu mau membangun startup bisnis bila definisi bisnis sendiri belum paham. Apalagi definisi startupnya. Tidak sedikit pemula terjebak dalam istilah “bisnis” menjadikan hingga kegiatan merekrut jaringan di perusahaan MLM dikatakan sedang berbisnis.

Untuk memahami bisnis, Perlu paham terlebih dahulu prinsip dasar berbisnis. Apa prinsip dasar berbisnis? Prinsip dasar berbisnis merupakan terjadinya ‘transaksi’, dalam hal ini mampu dikatakan ‘jual-beli’. Disaat paham bahwasanya prinsip dasar berbisnis merupakan jual-beli, maka mampu memahami seputar bisnis. Bila menyangkut prinsip berbisnis, maka bisnis mampu diartikan merupakan usaha transaksi jual beli, terlepas apakah berbentuk produk atau jasa.

6 Tips Sukses Membangun Startup Bisnis Untuk Pemula

Bila pengertian bisnis dikaitkan untuk defisini startup atau mampu dikatakan startup bisnis, maka mampu diartikan bahwasanya startup bisnis merupakan sebuah upaya pembangunan system transaksi jual-beli, baik berupa produk atau jasa. Di sini startup lebih kepada pembangunan aset berupa bisnis menjadikan membutuhkan perencanaan tertentu agar sukses mencapai tujuan. Kalau bukan pembangunan aset, apa tujuan membangun system transaksi atau system bisnis?

Apakah perusahaan yang telah berjalan semisal perusahaan Indomie, Aqua serta sebagainya bukan termasuk startup bisnis? Pada awal pengembangan adalah startup bisnis. Hingga pada batas tertentu, yakni sukses memasuki pasar saham alias masuk dalam perusahaan publik, maka telah tidak lagi dikatakan startup atau perusahaan rintisan.

Semisal apa yang dijelaskan Anis Uzzaman dalam buku Startupedia, seorang investor di 50 startup, ada 6 poin dalam usaha membangun startup bisnis:

1. Membangun Tim Bisnis
2. Menciptakan Produk Bisnis
3. Melindungi Keuntungan Melalui Paten
4. Pemasaran Produk Bisnis
5. Penggalangan Modal Bisnis
6. Seni manajemen Exit (Go Publik)
6 point penting membangun startup bisnis ini dia yang tidak sedikit dilakukan perusahaan-perusahaan besar yang masuk dalam bursa saham. Biasanya akan diberi nama Tbk (terbuka alias masuk di bursa saham) bila perusahaan yang ada di Indonesia.

Akan tetapi bila melihat popularitas startup bisnis secara internasional, maka terjadi disaat memasuki dunia online yakni pada masa buble dot-com. Karena di masa itulah terjadi pembangunan startup secara bersamaan, yang mana tidak sedikit perusahaan membangun website sebagai lahan baru dalam pengembangan sebuah bisnis.

Mampu kita simpulkan inti mengenai startup bisnis yang sedang nge-tren di era berita ini. Berikut inti sebuah startup:

• Masih dalam tahap berkembang yang dengannya 6 poin pembangunan startup
• Umumnya beroperasi dalam bidang teknologi
• Umumnya produk serta jasa yang dibuat berupa digital
• Biasanya beroperasi melalui website
• Target bisnis jangka panjang
Google serta Facebook merupakan satu dari sekian banyaknya startup kelahiran era buble dot-com alias lahir disaat memasuki era online sekitar tahun 1998-2000.

Di sini mampu kamu pahami bahwasanya langkah startup berujung pada pembangunan aset. Sebuah perusahaan yang mampu dijual-belikan, mampu mengalami kenaikan harga atau penurunan, serta juga mampu dimasukki banyak sekali orang untuk menikmati saham-sahamnya.

Lalu bagaimana langkah membangun startup bisnis untuk pemula? Bila masalah membangun startup, dianggap Amat berat untuk seorang pemula. Pemula yang semisal apa? Pemula yang memanglah membangun sebuah bisnis kecil saja belum dialaminya. Apalagi pemula yang berkantong tipis, lebih gila lagi kesulitannya. Akan tetapi disini akan dijelaskan bagaimana membangun startup kelas pemula yang dengannya mementingkan prinsip 6 point pembangunan startup.


6 Tips Sukses Membangun Startup Bisnis Untuk Pemula




1. Membangun Tim Bisnis



Membangun bisnis, mampu sekedar membangun gedung, mencari karyawan, lalu kamu sebagai pemilik ikut andil dalam berjalannnya bisnis. Seperi usaha bakso dipinggir jalan yang karyawan serta pemiliknya sama-sama bekerja mengurusi bisnis. Maka kegiatan bisnis semisal ini bukan termasuk startup bisnis. Mengapa bukan startup? Hal penting dalam tim tidak diatur yang dengannya rapih serta masih mengalami kekurangan dalam membangun tim.

Bila menyangkut membangun tim, kamu tidak cuma berpikiran tim internal namun juga tim eksternal. Hal penting lainnya merupakan system seputar pengelolaan tim. Bagaimana pengelolaan tim-nya?

Bila kamu sebagai pemula, untuk menajamkan membangun tim bisnis, kamu mampu mencoba bekerjasama yang dengannya satu dari sekian banyaknya orang. Bagaimana perjalanan kerjasamanya? Bila pergerakan tersendat-sendat karena selalu berbeda pandang hingga pada titik pembubaran tim, kamu akan lebih sulit lagi membangun startup bisnis.


2. Menciptakan Produk Bisnis



Karena rata-rata startup lebih dikenal yang dengannya perusahaan yang bergerak dalam hal teknologi digital, alangkah baiknya bila kamu mikirin pembuatan produk dalam bentuk digital. Hal ini mempunyai alasan mengingat efektifitas pengelolaan sebuah produk atau jasa.

Sebagai semisal merupakan Google yang mempunyai layanan/jasa periklanan. Yang dengannya kecanggihan teknologi, pihak Google menciptakan sebuah system layanan periklanan menjadikan si pemasang iklan yang dengannya gampang beriklan tanpa perlu menghubungi pihak pemasang iklan. Hal ini berbeda jauh yang dengannya iklan secara offline yang masih membutuhkan pihak pemasang iklan.

Menciptakan produk serta jasa memanglah Amat penting. Lebih dari itu merupakan menyangkut system produksi serta layanannya.

Bagaimana pemula menangani hal ini? Yang dibutuhkan pemula merupakan belajar berpatner pada orang yang mampu menciptakan sebuah produk atau jasa. Bila kamu mampu, tetap Perlu mempunyai patner lain bila dirasa belum mencukupi menciptakan produk serta jasa yang tahan lama.


3. Melindungi Melalui Paten



Sekali lagi, tujuan membangun startup bisnis merupakan untuk membangun sebuah aset. Tidak sekedar pembangunan bisnis semata. Penciptaan sebuah aset akan menghasilkan harga jual tertentu. Bila semisal itu, hal penting bagi startup merupakan melindungi yang dengannya paten serta segala bentuk legalitas lainnya.

Mau atau tidak mau, terima atau tidak terima, kamu Perlu mikirin legalitas sebuah perusahaan. Bila menyangkut legalitas, kamu Perlu mempunyai tim dari ahli hukum. Bila tidak, startup akan lenyap seiring klaim kepemilikan oleh pihak lain yang sebenarnya hak perusahaan kamu.

Terpenting untuk pemula dalam hal ini merupakan merahasiakan terlebih dahulu rencana besar kamu sebelum dilindungi oleh hukum. Rencana yang kamu tampilkan untuk kegiatan bisnis cuma sekedar rencana kecil.


4. Pemasaran Bisnis



Sekedar jualan bakso saja, membutuhkan sebaran brosur serta lainnya untuk memperkenalkan bisnis. Bagaimana yang dengannya startup bisnis? Sebagai startup bisnis, tidak sekedar penting melakukan kegiatan marketing. Lebih dari itu, Perlu menciptakan system marketing. Sebuah startup dijalankan oleh kita-kita, mau atau tidak, yang berpotensi mengalami pergantian. Maka membuat system bisnis termasuk di dalamnya system marketing merupakan langkah yang penting dilakukan. Bila tidak mikirin system marketing, bagaimana mau dikatakan startup? Startup merupakan perusahaan baru yang sedang berkembang menuju perusahaan Go Publik.

Langkah pemula merupakan mampu memarketingkan bisnis skala kecil yang dengannya seni manajemen besar. Ini hal penting yang perlu dikuasai. Tujuannya bukan kamu yang akan menjadi tim marketing namun kamu mampu mencari tim bagian marketing yang akan bekerja untuk kamu.


5. Penggalangan Modal Bisnis



Seni manajemen membangun startup yang penting merupakan mampu menggalang modal bisnis. Sebuah perusahaan bukan murni hasil modal sendiri. Pada awal, modal mampu saja hasil keringat kamu bekerja di satu dari sekian banyaknya perusahaan. Pada awal pembangunan startup, memanglah mampu cuma mengandalkan modal keluarga atau sahabat. Akan tetapi bila telah tahap pengembangan, seni manajemen penggalangan dana tidak cukup cuma mengandalkan modal keluarga atau sahabat.

Sebagai pemula, langkah paling baik merupakan mampu membuat proposal perencanaan bisnis untuk diajukkan pada pihak terkait yang mampu dalam permodalan. Dari proposal yang telah di sebutkan, menandakan bahwasanya kamu serius membangun bisnis. Sebagai pihak pemodal pun akan paham jalannya sebuah bisnis. Sebuah perencanaan mampu terbaca arah keberhasilannya. Jadi, perhatikan terlebih dahulu dalam membuat proposal rencana bisnis


6. Seni manajemen Exit



Disaat aset telah terbangun serta berjalan, kamu perlu serta penting memikikan seni manajemen exit. Dalam hal ini mampu dikatakan usaha menjual perusahaan. Mampu lewat jalur pasar saham atau diakuisisi oleh perusahaan lain. Bila menjual perusahaan di pasar saham, maka perusahaan kamu akan berlabel “Tbk”. Akan tetapi bila diakuisisi perusahaan lain, perusahaan kamu akan berlindung dibawah perusahaan yang mengakuisisi. Sebagai semisal merupakan Facebook mengakuisisi perusahaan Instagram menjadikan Instagram lebih sukses lagi perkembangannya akibat pengelolaan dari pihak Facebook.

Baca Juga : Tips Sukses Promosi untuk Memaksimalkan Bisnis Cafe


Itulah beberapa tips yang dapat penulis bagikan kepada pembaca, beberapa tips atau cara di atas patut di coba bagi kamu yang ingin memulai suatu model bisnis startup karena telah tidak sedikit yang mencobanya. Memanglah dalam memulai bisnis yang dengannya tingkatan startup telah masuk dlam skala yang besar, bukan sekedar bisnis biasa menjadikan di butuhkan system manajemen yang benar-benar baik. Cukup sekian yang dapat kami bagikan di artikel ini, mudah-mudahan berguna. Jangan tidak ingat untuk bagikan artikel ini ke saudara atau rekan bisnis yang membutuhkan. Bantu share juga melalui sosial media di bawah, thanks telah menyimak Tips Memulai Bisnis Startup Pemula. Source / Referensi : seribupeluang.blogspot.com

Seputar 6 Tips Sukses Membangun Startup Bisnis Untuk Pemula

Advertisement
 

Cari Artikel Selain 6 Tips Sukses Membangun Startup Bisnis Untuk Pemula