Pengertia, Definisi, Dan Fungsi Museum Secara Umum Menurut Para Ahli

- Juni 24, 2016

Pengertia, Definisi, Dan Fungsi Museum Secara Umum Menurut Para Ahli

 

1.   Pengertian Dan Definisi Museum Secara Umum

 Museum ialah lembaga yg diperuntukkan bagi masyarakah umum. Museum berfungsi mengumpulkan, menjaga/merawat, serta menyajikan & melestarikan warisan budaya masyarakat utk tujuan studi, penelitian serta kesenangan atau hiburan (Ayo Kita Mengenal Museum ; 2009).
Berdasarkan Peraturan Pemerintah RI No. 19 Th 1995, museum merupakan lembaga, lokasi penyimpanan, perawatan, pengamanan dan pemanfaatan benda-benda bukti materiil hasil budaya manusia & alam dan lingkungannya guna menunjang upaya perlindungan dan pelestarian kekayaan budaya bangsa. Sedangkan menurut Intenasional Council of Museum (ICOM) : dalam Pedoman Museum Indoneisa,2008. museum adalah sebuah lembaga yang bersifat tetap, tidak mencari keuntungan, melayani masyarakah & perkembangannya, terbuka untuk umum, memperoleh, merawat, menghubungkan serta memamerkan artefak-artefak seseuatu (perihal) jati diri manusia & lingkungannya utk tujuan studi, pendidikan serta rekreasi.
Museum Batik di Pekalongan

2.   Fungsi Museum Menurut Para Ahli

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 1995 : dalam Pedoman Museum Indoneisa,2008. museum memiliki tugas menyimpan, merawat, mengamankan & memanfaatkan koleksi museum berupa benda cagar budaya. Dengan demikian museum memiliki dua fungsi besar yaitu :

a. Sbagai lokasi pelestarian, museum kudu melaksanakan   kegiatan sbagai berikut :
Penyimpanan, yang meliputi pengumpulan benda untuk menjadi koleksi, pencatatan koleksi, sistem penomoran serta penataan koleksi.
  • Perawatan, yg meliputi kegiatan mencegah dan menanggulangi kerusakan koleksi.
  • Pengamanan, yg meliputi kegiatan perlindungan utk menjaga koleksi dari gangguan atau kerusakan oleh faktor alam serta ulah manusia.

b. Sebagai sumber informasi, museum melaksanakan kegiatan pemanfaatan melalui penelitian serta penyajian.

  • Penelitian dilakukan utk mengembangkan kebudayaan nasional, ilmu pengetahuan dan teknologi.
  • Penyajian harus selalu memperhatikan aspek pelestarian & pengamanannya.


Pengertia, Definisi, Dan Fungsi Museum Secara Umum Menurut Para Ahli
Museum Nasional

Pengertia, Definisi, Dan Fungsi Museum Secara Umum Menurut Para Ahli
Museum Soekarno

Pengertia, Definisi, Dan Fungsi Museum Secara Umum Menurut Para Ahli
Museum Batik

3.   Jenis-jenis Museum

Museum yang terdapat di Indonesia dapat dibedakan melaui beberapa macam klasifikasi (Ayo Kita Mengenal Museum ; 2009), yakni sebagai berikut :

a.   Macam museum berdasarkan koleksi yg dimiliki, yaitu terdapat dua macam :
·     Museum Umum, museum yg koleksinya terdiri dari kumpulan bukti material manusia dan atau lingkungannya yg berkaitan dengan berbagai cabang seni, disiplin ilmu & teknologi.
·     Museum Khusus, museum yang koleksinya terdiri dari kumpulan bukti material manusia atau lingkungannya yang berkaitan dengan satu cabang seni, satu cabang ilmu atau satu cabang teknologi.
b.    Macam museum berdasarkan kedudukannya, terdapat tiga jenis :
·      Museum Nasional, museum yg koleksinya terdiri dari kumpulan benda yg berasal, mewakili dan berkaitan dengan bukti material manusia serta atau lingkungannya dari seluruh kawasan Indonesia yg bernilai nasional.
·      Museum Propinsi, museum yang koleksinya terdiri dari kumpulan benda yang berasal, mewakili serta berkaitan dengan bukti material manusia dan atau lingkungannya dari kawasan propinsi dimana museum berada.
·     Museum Lokal, museum yg koleksinya terdiri dari kumpulan benda yang berasal, mewakili dan berkaitan dengan bukti material manusia serta atau lingkungannya dari kawasan kabupaten atau kotamadya dimana museum tersebut berada.

Pengertian Serta Definisi Museum Versi Wikipedia


Museum adalah institusi permanen, nirlaba, melayani kebutuhan publik, dengan sifat terbuka, dengan cara melakukan usaha pengoleksian, mengkonservasi, meriset, mengomunikasikan, serta memamerkan benda nyata kepada masyarakat utk kebutuhan studi, pendidikan, & kesenangan. Karena itu ia bisa menjadi bahan studi oleh kalangan akademis, dokumentasi kekhasan masyarakah tertentu, ataupun dokumentasi dan pemikiran imajinatif pada masa depan. Sejak tahun 1977, setiap tanggal 18 Mei diperingati sebagai Hari Museum Internasional.
Sejarah

Secara etimologis, museum berasal dari kata Yunani, ???se??? atau mouseion, yg sebenarnya merujuk kepada nama kuil utk sembilan Dewi Muses, anak-anak Dewa Zeus yang melambangkan ilmu dan kesenian. Bangunan lain yg diketahui berhubungan dengan sejarah museum adalah bagian kompleks perpustakaan yang dibangun khusus untuk seni dan sains, terutama filsafat serta riset di Alexandria oleh Ptolemy I Soter pada th 280 SM.

Museum berkembang seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan manusia semakin membutuhkan bukti-bukti otentik mengenai catatan sejarah kebudayaan.

Di Indonesia, museum yg pertama kali dibangun adalah Museum Radya Pustaka. Selain itu diketahui pula Museum Gajah yg diketahui sebagai yang terlengkap koleksinya di Indonesia, Museum Wayang, Persada Soekarno, Museum Tekstil serta Galeri Nasional Indonesia yang khusus menyajikan koleksi seni rupa modern Indonesia.

Pada awalnya, museum bermula sbagai tempat utk menyimpan koleksi milik individu, keluarga atau institusi kaya. Benda-benda yg disimpan biasanya ialah karya seni & benda-benda yg langka, atau kumpulan benda alam & artefak arkeologi.

Beberapa museum di dunia, di antaranya:

    Capitoline Museums, merupakan museum dengan koleksi seni yg ditujukan untuk publik yg sangat tua di dunia, dimulai pada th 1471 ketika Paus Siktus IV mendonasikan sekelompok koleksi patung kuno utk masyarakat Roma
    Museum Vatikan, ialah museum kedua tertua di dunia, dibuka untuk unmum sejak 1501 oleh Paus Julius II
    Rumphius membangun sebuah museum botani di Ambon pada th 1662, serta membuat museum ter-sebut menjadi museum tertua di Indonesia. Tidak ada yg tersisa dari museum tersebut, kecuali dalam buku yang ia tulis sendiri, yang sekarang menjadi koleksi perpustakaan Museum Nasional Indonesia. Penerusnya adalah Ikatan Kesenian serta Ilmu Kerajaan di Batavia, yg dibangun pada 24 April 1778. Organisasi ini mendirikan sebuah museum serta perpustakaan, & berperan penting dalam penelitian, serta pengumpulan bahan penelitian mengenai sejarah alam & kebudayaan di Indonesia.
    British Museum di London, Inggris, didirikan pada tahun 1753 serta dibuka utk publik pada 1759. Koleksi pribadi Sir Hans Sloane ialah dasar dari koleksi British Museum.
    Hermitage Museum dibangun pada th 1764 oleh Yekaterina II dari Rusia serta sudah dibuka utk umum sejak 1852.
    Museum Louvre di Paris Perancis, merupakan museum yg juga diletakkan pada bekas istana kerajaan, dibuka untuk publik pada th 1793.

Tipe Museum

Museum memiliki beragam tipe, dari institusi yg besar & mencakup cukup banyak kategori, sampai institusi kecil yang memusatkan diri terhadap subjek tertentu, lokasi, atau seseorang. Selain itu terdapat museum universal yg koleksinya merepresentasikan dunia & umumnya koleksinya di antaranya seni, ilmu pengetahuan, sejarah dan sejarah alam. Tipe serta ukuran museum tercermin dalam koleksinya. Sebuah museum biasanya memiliki koleksi inti yg merupakan benda terpenting di bidangnya. Kategori museum-museum tersebut di antaranya:
Museum arkeologi

Museum arkeologi merupakan museum yang mengkhususkan diri utk memajang artefak arkeologis. Museum arkeologi cukup banyak yg bersifat museum terbuka (museum yang terdapat di ruang terbuka atau Open Air Museum). Di Indonesia, contoh dari museum arkeologi adalah Museum Trowulan di Trowulan, Jawa Timur.
Museum Seni

Museum seni, lebih diketahui dengan nama galeri seni, adalah sebuah ruangan untuk pameran benda seni, mulai dari seni visual yaitu di antaranya lukisan, gambar, dan patung. Beberapa contoh lainnya adalah seni keramik, seni logam serta furnitur.

Contoh dari museum seni ini di Eropa adalah merbach-Cabinet di Basel, yg awal mula-nya adalah koleksi pribadi yang dijual terhadap pemerintah kota Basel pada th 1661, & menjadi museum utk umum pada saat tahun 1671. Waktu/saat ini, museum ini bernama Kunstmuseum Basel.

Museum yang mengkhususkan diri sebagai museum seni, ialah suatu hal yang baru. Salah satu yang pertama ialah Hermitage Museum di Saint Petersburg yg dibangun pada th 1764.

Di Indonesia, contoh dari museum seni ialah Museum Affandi yang terletak di Yogyakarta.
Museum Biografi

Museum Biografi adalah museum yang didedikasikan kepada benda yang terkait dengan kehidupan seseorang atau sekelompok orang, dan terkadang memajang benda-benda yg mereka koleksi. Beberapa museum terletak di dalam rumah atau situs yg terkait dengan orang yg bersangkutan pada waktu/saat ia hidup.

Contoh dari museum ini adalah Museum Edith Piaf di Paris. Di Indonesia, contoh museum biografi ialah Museum Sasmitaloka Jenderal Besar DR. A.H. Nasution yang terletak di Jakarta Pusat, DKI Jaya.

Museum anak

Museum anak adalah institusi yg menyediakan benda pameran & program acara utk menstimulasi pengalaman informal anak. Berlawanan dengan museum tradisiona; yg memiliki peraturan utk tak menyentuh benda pameran, museum ini biasanya memiliki benda yang dirancang untuk dimainkan oleh anak-anak. Museum anak kebanyakan adalah organisasi nirlaba & dikelola oleh sukarelawan atau oleh staf profesional dalam jumlah yg kecil. Contoh dari museum anak ini ialah Museum Anak Kolong Tangga yg terletak di Yogyakarta. Pada museum ini terdapat beberapa mainan anak tradisional.

Museum Universal

Museum universal atau diketahui pula dalam bahasa Inggris sebagai Museum encyclopedic, adalah museum yang umum pembaca dan penulis jumpai. Biasanya adalah institusi besar, yang bersifat nasional, dan memberikan informasi terhadap pengunjung mengenai bermacam variasi dari tema lokal & dunia. Museum ini penting sebab meningkatkan rasa keingin-tahuan terhadap dunia.

Contoh museum universal adalah British Museum di London, Inggris.

Museum etnologi

Museum etnologi adalah museum yg mengkaji, mengumpulkan, menjaga/merawat, dan memamerkan artefak & objek yg berhubungan dengan etnologi serta antropologi. Museum seperti ini biasanya dibangun di negara yang mempunyai kelompok etnis atau etnis minoritas yang berjumlah cukup banyak.
Contoh dari museum ini merupakan Museum Indonesia di TMII.

Museum rumah bersejarah

Museum rumah bersejarah, atau yg lebih dikenal dengan rumah bersejarah merupakan yg terbanyak jumlahnya di dunia dari kategori museum sejarah. Museum ini biasanya beroprasi dengan dana yg terbatas serta staff yang sedikit. Kebanyakan dikelola oleh relawan serta sering kali tak memenuhi syarat untuk menjadi museum profesional.

Contoh dari rumah bersejarah ini di Indonesia ialah Museum Sasmita Loka Ahmad Yani.
Museum sejarah

Museum sejarah mencakup pengetahuan sejarah serta kaitannya dengan masa saat ini & masa depan. Beberapa di antara museum tersebut mempunyai benda koleksi yang paling beragam, mulai dari dokumen, artefak dalam bermacam bentuk, benda sejarah yang terkait dengan even kesejarahan ter-sebut.

Ada beberapa jenis museum sejarah, di antaranya, rumah bersejarah yang merupakan bangunan yg memiliki nilai sejarah atau arsitektural yg tinggi. Kedua merupakan situs bersejarah yang menjadi museum, semisal Pulau Robben. Ketiga merupakan museum ruang terbuka atau disebut juga dengan nama open air museum. Pada museum ini, para masyarakah yang berada di dalamnya berusaha untuk membikin ulang kehidupan pada suatu waktu dengan sebaik bisa jadi, termasuk di antaranya bangunan dan bahasa.

Contoh museum sejarah di Indonesia merupakan Museum Sumpah Pemuda & Museum Fatahillah.
Museum maritim

Museum maritim adalah museum yg mengkhususkan diri terhadap peresentasi sejarah, budaya atau arkeologi maritim. Mereka menceritakan kaitan antara masyarakat dengan kehidupan yang berkaitan dengan air atau maritim. Terdapat beberapa macam museum maritim, di antaranya:

    Museum arkeologi maritim yg menceritakan mengenai kaitan arkeologi dengan maritim. Museum ini umumnya memajang serta mengawetkan kapal karam & artefak yang terkait dengan lingkungannya.
    Museum sejarah maritim, merupakan museum yg mengedukasi masyarakah mengenai sejarah maritim di suatu komunitas atau masyarakat. Contoh dari museum ini ialah Museum Maritim San Francisco dan Mystic Seaport.
    Museum militer maritim. Contoh dari museum ini merupakan Museum Nasional Angkatan Laut Amerika Serikat. Contoh lain-lain adalah Museum Laut, Udara & Luar Angkasa Intrepid.

Museum militer & perang

Museum militer ialah museum yang mengkhususkan diri terhadap sejarah militer. Benda yang biasa dipamerkan pada museum ini contohnya merupakan senjata, seragam militer, dan bahkan kendaraan perang. Contoh dari museum ini ialah Museum Benteng Vredeburg dan Museum Monumen Yogya Kembali di Yogyakarta.

Seputar Pengertia, Definisi, Dan Fungsi Museum Secara Umum Menurut Para Ahli

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertia, Definisi, Dan Fungsi Museum Secara Umum Menurut Para Ahli