Beberapa Hal Yang Membuat Garansi Motor Anda Hilang

- Januari 08, 2017

Beberapa Hal Yang Membuat Garansi Motor Anda Hilang

 
Advertisement





Penyebab garansi motor hangus - setiap pembelian kendaraan bermotor baik itu roda dua maupun roda empat, tentu anda sekalian akan mendapatkan buku tatacara pemakain, buku servis serta juga buku garansi. Serta khusus untuk edisi di artikel ini kita akan membahas banyak sekali penyebab hilangnya garansi yang diberikan untuk kendaraan roda, khususnya motor merk honda.
Dikutip dari hondacengkareng di setiap pembelian kendaraan bermotor akan mendapatkan garansi mesin injeksi yang dengannya maksimal jarak tempuh 50.000 km atau 5 tahun ( mana yang dicapai lebih dulu ) serta juga memperoleh garansi mesin motor selama 3 tahun atau maksimal jarak tempuh di angka 30.000 km ( mana yang dicapai lebih dulu ). Dan garansi system kelistrikan motor selama kurang lebih 1 tahun atau bila sepeda motor maksimal telah mempunyai jarak tempuh sepanjang 10.000 km.
honda one heart

Mengapa garansi dari produk motor honda ini dibedakan menjadi 3 bagian yakni injeksi, mesin serta juga kelistrikan ? Karena memanglah ketiga bagian ini tidak sama alias berbeda serta memanglah perlu dibedakan garansinya menurut jarak tempuh atau masa pakai yang telah ditentukan. Serta beberapa hal yang mampu menyebabkan klaim garansi kamu tidak diterima diantaranya merupakan sebagai berikut :


1. Hilangnya Buku Servis serta Kartu Garansi


Disaat kamu hendak mengajukan klaim garani sepeda motor ke dealer tempat kamu membeli, satu dari sekian banyaknya hal yang pertama kali akan ditanyakan kepada kamu ialah buku servis serta juga kartu garansi, karena kedua benda ini adalah hal yang diwajibkan untuk menjadi syarat diterimanya klaim garansi motor kamu. Nah oleh karena itu pastikan kamu menyimpan kedua benda ini di tempat yang aman, baik itu aman dari tangan jahil ataupun dari bencana alam misalnya banjir serta sejenisnya.

Baca juga : Mengenal teknologi Idling Stop System ISS di motor Honda



2. Tidak memenuhi kewajiban servis terpola sesuai petunjuk buku servis


Setiap dealer kendaraan baik itu roda dua maupun roda empat mempunyai aturan aturan yang mewajibkan para konsumennya untuk mematuhi aturan baku yang sebaiknya dilakukan oleh pemilik serta hukumnya merupakan wajib. Salah satunya ialah yang dengannya rutin melakukan servis terpola, bila tidak maka jika suatu waktu pada unit motor kamu bermasalah serta ingin mengajukan klaim garansi kemungkinan besar akan ditolak. Nah oleh karena itu pastikan kamu selalu rutin melakukan servis terpola sesuai yang dengannya apa yang ditentukan didalam buku servis. Malah untuk beberapa kasus di dealer roda empat, tidak ingat atau tidak melakukan servis terpola pertama servis di 1000 kilometer pertama, maka klaim apapun dikemudian hari mampu ditolak.


3. Adanya kerusakan apapun akibat servis diluar bengkel resmi


Pastikan kamu cuma melakukan perawatan di bengkel resmi motor Honda atau jaringan yang tersebar di seluruh wilayah indonesia, serta jangan sekali kali kamu melakukan servis motor di bengkel pinggir jalan karena jika terjadi kerusakan akibat tindakan montir umum yang tidak ahli, maka jika kamu mengajukan klaim pasti akan ditolak. Lalu bagaimana jika seumpama motor sewaktu waktu bermasalah di jalan raya sedangkan bengkel resmi letaknya jauh atau malah kamu tidak tahu lokasinya ? Kamu mampu langsung menghubungi dealer tempat kamu membeli, mampu ke sales atau yang bertanggung jawab disana untuk meminta bantuan mengenai letak bengkel AHASS terdekat dari lokasi kamu, atau gunakan gadget kamu untuk melakukan pencarian singkat.


4. Kerusakan akibat kelalaian pemakain


Menggunaan kendaraan juga ada aturannya, kamu tidak mampu secara sembarangan mengendarai sepeda motor secara ugal ugalan di jalan raya karena selain beresiko terjadi kecelakaan, juga mampu membuat motor kamu mengalami kerusakan prematur, yakni kerusakan yang terjadi padahal belum saatnya untuk rusak. Beberapa kelalaian pemakain yang mampu membuat klaim garansinya ditolak diantarnya merupakan sebagai berikut :

  • Memakai sepeda motor diluar petunjuk yang telah ditentukan oleh buku pedoman / tatacara pemakain.

  • Pemakain menjatuhkan sepeda motor di jalan raya waktu berkendara atau jika terjadi tabrakan.

  • Sepeda motor dioprek atau dimodifikasi yang dengannya mempergunakan suku cadang non original Honda. Baik itu modifikasi pada bagian mesin, kelistrikan, atau sparepart / komponen lain yang ada pada sepeda motor.

  • Sepeda motor dipakai untuk kegiatan lomba semisal balapan motor serta sejenisnya.

  • Penggunaan bahan bakar diluar dari yang telah ditentukan / direkomendasikan oleh AHASS / buku pedoman pemakain.




Baca juga : Ketahui bahaya membeli motor STNK only non BPKB


Banyak sekali modifikasi yang umumnya dilakukan oleh pemilik motor, terutama di kalangan anak muda biasanya tidak sedikit dilakukan pada system kelistrikan, semisal penambahan alarm anti maling, penambahan lampu flasher, penambahan klakson aftermarket serta masih tidak sedikit lagi lainnya. Nah tips agar garansi motor kamu tidak hilang sebaiknya patuhi seluruh aturan yang diberikan oleh dealer selama masa garansi yang telah di sebutkan habis, baru kamu mampu melakukan modofikasi yang anda sekalian inginkan. Kelamaan ? silahkan langsung kamu modifikasi akan tetapi kamu juga Perlu siap mendapatkan resiko garansi otor Honda kamu hilang.
Advertisement
Source : automotivexist.blogspot.com

Seputar Beberapa Hal Yang Membuat Garansi Motor Anda Hilang

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Beberapa Hal Yang Membuat Garansi Motor Anda Hilang