STAI Miftahul Huda Pamanukan Subang

- Desember 03, 2016

STAI Miftahul Huda Pamanukan Subang

 
STAI Miftahul Huda Subang atau juga sering dikenal STAI MIFDA Pamanukan Merupakan Sekolah Tinggi Agama Islam yang ada di Kab. Subang yang mana adalah salah satu Perguruan Tinggi yang ada di Desa Rancasari Kecamatan Pamanukan Kabupaten Subang Jawa Barat, Karena di Pamanukan Sendiri Ada 2 Perguruan tinggi antara lain Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Miftahul Huda Subang Jawa Barat dan juga Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Miftahul Huda Pamanukan Subang STAI Miftahul Huda Pamanukan Subang merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta yang telah beridiri sejak tanggal 1 Desember 1989 , kampus ini beralamat di Jalan Rancasari Dalam No. B.33 Kecamatan Pamanukan Kabupaten Subang, Jawa Barat, Indonesia.

STAI Miftahul Huda Subang

logo-stai-miftahul-huda-subang-pamanukan-mifda
Lambang STAI Miftahul Huda Subang

Sejarah Singkat STAI Miftahul Huda Subang | Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Miftahul  Huda Pamanukan Subang, Merupakan Perguruan Tinggi di raung lingkup Kementerian Agama (KEMENAG) yang mana didirikan dan dikembangkan oleh masyarakat, Dari mulai awal didirikan hingga sekaran ini STAI Miftahul Huda Pamanukan merupakan hasil perjuangan yang telah lama dirintis oleh para tokoh umat Islam setempat.
Dengan di keluarkan nya Kebijakan Pemerintah untuk mengembangkan Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS), Hal ini memberikan peluang untuk didirikannya Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul  Huda Pamanukan Subang, yang sudah mulai dirintis pendiriannya pada tahun 1988 oleh Yayasan Pendidikan Islam Miftahul Huda Pamanukan Subang.

STAI Miftahul Huda Subang mengembangkan  Jurusan/program Studi 1) Program Studi Pendidikan Agama Islam/Tarbiyah, dan 2) Program Studi Akhwal Al-Syaksiyah/ Syari’ah.Kaitan dengan perkembangan Jurusan/Program Studi Pendidikan Agama Islam diusulkan untuk mendapat rekomendasi izin status ke Departemen Agama melalui rekomendasi dari Koordinator Kopertais Wilayah II Jawa Barat, dengan Surat rekomendasi pada tanggal 25 November 1989. Selanjutnya mendapat Izin Operasional dari Direktorat Jenderal Ke Lembaga an Agama Islam Departemen Agama yang merujuk pada Surat Keputusan Pada Tangal 01 Desember 1989. Mendapat status Terdaftar dengan Surat Keputusan No: E/264/1990.

Di akreditasi oleh BAN-PT pada tahun 2000 berdasarkan keputusan dari BAN-PT. Perpanjangan izin Program Studi dengan Surat Keputusan Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam Departemen Agama dan SK BAN-PT. Pada tahun 2011 Di akreditasi oleh BAN-PT berdasarkan surat keputusan untuk Prodi Ahwal Al-Syakhshiyyah dan di tahun 2013 Prodi PAI (Pendidikan Agama Islam) diakreditasi dan mendapatkan predikat B dengan SK-BAN PT. Pada tahun 2014.

Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Huda mengajukan Dua Program Studi Baru, yaitu Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) dan Ekonomi Syariah (ES) berdasarkan surat keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor : 3656 Tahun 2014. Di Tahun 2015 STAI Miftahul Huda Subang kembali mengajukan Prodi Baru yaitu Pendidikan Guru Raudhatul Athfal (PGRA) sehingga pada saat ini STAI Miftahul Huda Pamanukan Subang memiliki 5 Program Studi yang terdiri antara lain : S.1 Pendidikan Agama Islam (PAI), S.1 Akhwal Al-Syakhshiyyah, S.1 PGMI, S.1 Ekonomi Syariah, dan S.1 PGRA.

 Visi Misi STAI Miftahul Huda Pamanukan Subang


Visi STAI Miftahul Huda

Menjadi salah satu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam terkemuka, Handal, dan Bermartabat di wilayah Purwasuka (Purwakarta, Subang, dan Karawang) pada tahun 2025

Misi STAI Miftahul Huda

Menyiapkan Sarjana Ilmu Agama Islam yang memiliki kematangan Akidah, keluasan ilmu pengetahuan, kedalaman spiritualitas, kepribadian yang luhur, serta keterampilan profesional.
Mengembangkan kegiatan pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat secara inovatif, dinamis dan kreatif.

Mengembangkan pusat ilmu pengetahuan dan peradaban Islam serta mentransformasikannya bagi kemajuan umat, masyarakat dan bangsa Indonesia.

Tujuan STAI Miftahul Huda

Terwujudnya manajemen sumber daya pendidikan yang mampu memberikan layanan administrasi akademik maupun non-akademik yang tertib, efisien dan efektif.
Terwujudnya layanan memuaskan yang mampu menciptakan suasana pembelajaran optimal yang efektif.

Tersedianya sarana pembelajaran yang memiliki daya dukung representatif dalam mengembangkan bakat dan minat mahasiswa.

Terciptanya suasana budaya akademik di kalangan dosen dan mahasiswa dalam mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Sasaran :

Dihasilkannya lulusan yang memiliki kompetensi ilmu agama Islam (ke pendidikan dan hukum Islam), memiliki kemampuan manajerial dalam pengelolaan lembaga pendidikan (formal dan non-formal).

Dihasilkannya lulusan yang sesuai dengan kebutuhan lembaga pendidikan dan Instansi non-pemerintah di tingkat.

Dihasilkannya lulusan yang memiliki kemampuan untuk menyajikan gagasan secara sistematis.
Dihasilkannya  lulusan yang mampu mentransformasikan keilmuan dan keahlian dalam dunia pendidikan dan syariat Islam.

Strategi dan Pencapaian STAI Miftahul Huda Subang

Meningkatkan kualitas rekrutmen dosen dan mahasiswa.
Meningkatkan kompetensi akademik dosen.
Meningkatkan kemampuan dosen dalam metode pembelajaran Kreatif, Inovatif dan menarik.
Memperbaharui kurikulum yang menunjang kompetensi lulusan dan relevan-si dengan dunia kerja.
Meningkatkan kualitas lulusan.

Makna Lambang STAI Miftahul Huda Pamanukan Subang

logo stai miftahul huda pamanukan subang hitam putih
Lambang STAI Mifda Pamanukan Subang
Lambang Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Huda Rancasari Pamanukan Subang yang terdiri dari :Logo persegi lima cembung dengan warna dasar hijau, Benteng, lambang Kabupaten Subang, Kujang kembang yang mana merupakan lambang Jawa Barat, Kitab Alquran sebagai lambang Islam, Padi kapas yang menjadi simbol kesejahteraan dan keadilan sosial bagi seluruh Rakyat Indonesia, dan Bintang, yaana mana merupakan lambang cita-cita luhur sebagaimana tercantum di dalam Anggaran Dasar STAI Miftahul Huda Pamanukan Subang,

Tulisan Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Huda. Makna lambang secara keseluruhan ialah melalui Sekolah Tinggi Agama Islam yang dibina oleh Yayasan Pendidikan Islam Miftahul Huda, lahirlah sarjana-sarjana muslim yang cakap serta terampil yang senantiasa siap mengemban amanat keilmuan untuk mencapai kesejahteraan lahir dan batin, sebagai cita-cita mulia, yang kesemuanya itu berlangsung sebagai suatu pengabdian kepada Allah, demi mencapai Ridha nya.

Struktur Kepemimpinan STAI Miftahul Huda Pamanukan

Ketua STAI : Drs. H. Hasanuddin, M.Pd.I
PUKET II  : Dr. M. Kusman, M.M.Pd
PUKET II : Drs. H. Saepulah, M.Pd.I
Kepala Bagian Tata Usaha : Drs. H. Asep Gunawan, M.M.Pd
Kasubag Akademik : Drs. Lukman Hakim, M.Pd.I
Kepala Bagian Perpustakaan : Dr. Jajang A. Rohmana, M.Ag
Kasubag Kapen : Zaenaludin, S.Pd
Kasubag Pesir : Dede Nurhakim, S.Pd.I

Alamat STAI Miftahul Huda Subang



Dari Peta Google Maps di atas maka Alamat: Jl. Rancasari Dalam No B33, Pamanukan, Rancasari, Rancasari, Pamanukan, Kabupaten Subang, Jawa Barat 41254, Indonesia  Nomor Telepon : 0260-550647 Fax : 0260-550647 Email : staimiftahulhudasubang1988@gmail.com Situs Web Resmi : https://staimiftahulhudasubang.blogspot.co.id

Biaya Kuliah di STAI Miftahul Huda Pamanukan Subang

Untuk Biaya Kuliah-nya sendiri Saya kurang begitu hafal, Namun Seingat Saya pada saat saya mendaftar di Kampus Mifda ini Biaya Masuknya 100K dan Saya mengambil Jurusan Syariah yang mana keseluruhan biaya per semester nya 975K (Kalau tidak salah) yang Jelas untuk Jurusan Syariah hingga saat ini per semester nya biaya keseluruhan di bawah 1  Juta Kecuali Jurusan yang lain yang mungkin kisaran 1500K.

Pengalaman Kuliah Di STAI Miftahul Huda Subang

Karena Saya mengambil jurusan Karyawan yang mana hanya kuliah 2 kali dalam seminggu tentu tidak ada pengalaman yang terlalu berkesan, terlebih Saya kuliah bukan karena kemauan sendiri melainkan bujukan dari Orang Tua :v , bukannya saya tidak Ingin memperoleh lebih banyak Ilmu serta Wawasan di dunia Perguruan Tinggi, namun ada alasan yang tidak bisa saya sebutkan karena tentu itu Privasi Saya. Namun apa daya Saya tidak ingin menjadi anak yang membangkang karena saya yakin hal itu akan menjadi karma dalam kehidupan saya selanjutnya :v , alhasil Hingga saat ini saya masih kuliah di sana.

 Mars STAI Miftahul Huda Subang - YouTube

Daftar Kampus Yang Ada Di Subang Jawa Barat

STAI Miftahul Huda Pamanukan Subang
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Miftahul Huda Subang
STAI Riyadhul Jannah Subang
Politeknik Agroindustri
Akademi Kebidanan Bhakti Nugraha
STKIP Subang
STMIK Subang
Akademi Keperawatan Pemkab Subang
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sutaatmadja
Politeknik Negeri Subang

70% Source : staimiftahulhudasubang.blogspot.co.id

Seputar STAI Miftahul Huda Pamanukan Subang

Advertisement
 

Cari Artikel Selain STAI Miftahul Huda Pamanukan Subang