Resiko Menutup Saluran EGR Turbocharger bisa rusak

- Desember 07, 2016

Resiko Menutup Saluran EGR Turbocharger bisa rusak

 
Advertisement





Kerusakan turbocharger akibat menutup EGR - satu dari sekian banyaknya cara yang biasanya dilakukan oleh pemilik kendaraan bermesin diesel guna meningkatkan tenaga mesin merupakan yang dengannya jalan menutup saluran EGR atau Engine Gas Recirculating, yakni sebuah saluran yang menyalurkan sisa gas Buang untuk dikembalikan lagi kedalam ruang mesin untuk selanjutnya bakar lagi pada proses pembakaran selanjutnya.
Alasan mengapa orang lebih memilih untuk menutup saluran EGR ini merupakan agar udara panas yang diperoleh dari sisa pembakaran tidak masuk lagi kedalam ruang mesin, mengingat udara ini masih Amat panas menjadikan jika dimasukkan kembali ke ruang mesin serta dikompresi, kompresi yang diperoleh menjadi lemah serta tenaga mesin diesel menjadi loyo. Istilah untuk penutupan saluran EGR ini dikenal yang dengannya istilah POWER UP MESIN DIESEL. Untuk penjelasannya akan kami sertakan link tutor diakhir artikel.
bahaya menutup saluran EGR


Resiko menutup saluran EGR di mesin diesel


Melakukan power up mesin diesel yang dengannya jalan menutup saluran EGR ini bukan tanpa resiko, malah resiko menutup saluran EGR ini malah Amat beresiko terhadap usia pakai mesin turbocharger. Alasannya merupakan disaat kita menutup saluran EGR, maka gas sisa pembakaran ini tidak mampu kembali kedalam ruang mesin melalui intake, serta akhirnya gas sisa ini langsung didistribusikan langsung keluar melalui lubang knalpot kendaraan beroda empat, sedangkan besarnya lubang knalpot yang dengannya gas sisa yang di keluarkan akibat ditutupnya saluran EGR ini menjadi tidak seimbang.
Gas sisa lebih tidak sedikit dari kemampuan knalpot dalam membuang gas Buang, akibatnya merupakan naiknya tekanan gas Buang didalam saluran turbocharger dan lebih meningkatnya suhu panas dari mesin turbocharger akibat menumpuknya udara panas dari dalam ruang bakar. Serta pada akhirnya hal ini lambat laun akan membuat mesin turbocharger menjadi cepat mengalami kerusakan, terutama pada bagian turbin serta juga ring cartridge turbin yang menyebabkan oli masuk kedalam ruang bakar serta bahkan juga mengganggu kinerja mesin diesel.


Lalu bagaimana cara menaikkan tenaga mesin selain menutup saluran EGR ?


Tidak sedikit cara yang mampu dilakukan untuk meningkatkan tenaga atau power dari sebuah mesin yang salah satunya merupakan yang dengannya memasang komponen intercooler pada perangkat turbocharger kamu. Yang dengannya adanya komponen intercooler ini, maka udara terkompresi yang dihisap serta didorong oleh mesin turbocharger kedalam ruang bakar menjadi lebih dingin. Hasilnya merupakan kompresi mesin menjadi lebih tinggi menjadikan tenaga atau power yang diperoleh oleh mesin menjadi meningkat. Untuk pembelian perangkat intercooler mampu anda sekalian tanyakan di toko aksesoris serta modifikasi mesin di kota tempat kamu tinggal.
Nah bagaimana sebenarnya menutup saluran EGR juga mempunyai resiko bukan ? Selain beresiko mempercepat kerusakan mesin turbo yang harganya Amat tidak murah itu, juga mampu mengganggu kinerja mesin kendaraan beroda empat. Mudah-mudahan goresan pena ini mampu memberikan wawasan kepada kamu mengenai efek yang ditimbulkan dari menutup saluran EGR pada mesin diesel, serta jangan tidak ingat dibantu share :).
Untuk artikel lain yang berkaitan yang dengannya tulian diatas mampu anda sekalian baca juga melalui list dibawah ini.


Advertisement
Source : automotivexist.blogspot.com

Seputar Resiko Menutup Saluran EGR Turbocharger bisa rusak

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Resiko Menutup Saluran EGR Turbocharger bisa rusak