Mengenal Mesin Indirect Injection Mobil

- Januari 18, 2017

Mengenal Mesin Indirect Injection Mobil

 
Advertisement





Apa itu indirect injection - Sesudah sebelumnya kita membahas mengenai apa itu mesin kendaraan beroda empat direct injection, maka pada kesempatan di artikel ini kita akan membahas teknologi injeksi pada mesin kendaraan beroda empat indirect injection atau injeksi bahan bakar secara tidak langsung.
Perbedaan system indirect injection dibandingkan system direct injection hanyalah ada pada letak posisi nozzle bahan bakarnya saja, jika pada direct injection ( injeksi langsung ) posisi nozzle nya ada didalam ruang mesin, untuk yang indirect injection ini posisinya ada diluar ruang bakar.



mesin indirect injection
Indirect injection pada mesin diesel



Indirect injection pada mesin diesel


Semisal namanya indirect injection maka proses penyemprotan bahan bakar keruang bakar tidak terjadi secara langsung, melainkan disemprotkan kedalam ruang atau bilik terpisah, bukan ruang bakar utama.
Jadi untuk proses langkah kerjanya ialah disaat piston melakukan langkah hisap serta kemudian melakukan langkah kompresi, sesudah piston mencapai titik mati atas, maka bahan bakar ini akan langsung disemprotkan kedalam bilik kecil ini, dimana selanjutnya bahan bakar ini akan dibakar mempergunakan busi pijar yang kemudian proses pembakaran ini akan dilanjutkan atau diteruskan kedalam ruang bakar utama. Untuk lebih terang mengenai system injeksi tidak langsung silahkan lihat gambar diatas.
Untuk mesin kendaraan beroda empat diesel yang mengaplikasikan teknologi indirect injection ini biasanya dilengkapi yang dengannya busi pijar atau busi pemanas yang digunakan untuk membantu proses pembakaran disaat kondisi mesin kendaraan beroda empat ini dingin menjadikan gampang untuk dihidupkan.


Indirect injection pada mesin bensin


Untuk mesin kendaraan beroda empat berbahan bakar bensin yang mempergunakan teknologi injeksi tidak langsung, maka posisi dari nozzle pengkabutan bahan bakar diletakkan pada jalur intake yang menuju keruang bakar.



Indirect injection pada mesin bensin
Indirect injection pada mesin bensin


Cara kerjanya merupakan disaat piston melakukan langkah hisap, maka bahan bakar akan disemprotkan kedalam saluran intake, menjadikan nantinya bahan bakar ini akan ikut terbawa masuk bersamaan yang dengannya udara yang terhisap kedalam ruang bakar. Selanjutnya busi akan memercikkan bunga api serta terjadilah proses pembakaran.


Kelebihan serta kekurangan mesin indirect injection


Selain mempunyai keuntungan, mesin injeksi tak langsung ini pun juga mempunyai kekurangan, serta dibawah ini merupakan beberapa kelebihan dan kekurangan mesin injeksi indirect injection.


#Keuntungan dari Indirect Injection


Turbulensi yang tetap tinggi baik di putaran bawah maupun diputaran atas
Tidak membutuhkan system injeksi yang tinggi
Nozzle injector bahan bakar Amat kecil kemungkinan untuk tersumbat karena posisinya yang diluar ruang bakar.


#Kerugian dari Indirect Injection


Efisiensi pemakaian bahan bakar serta juga perpindahan panas yang rendah
Untuk menyalakan mesin kendaraan beroda empat pertama kali ( start ) dibutuhkan kompresi mesin yang tinggi.

Baca juga : Mengenal teknologi direct injection pada mesin mobil


Advertisement
Source : automotivexist.blogspot.com

Seputar Mengenal Mesin Indirect Injection Mobil

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Mengenal Mesin Indirect Injection Mobil