Ini Alasan Rem Depan Mobil Lebih Cepat Habis

- Desember 06, 2016

Ini Alasan Rem Depan Mobil Lebih Cepat Habis

 
Advertisement





Pengetahuan sistem rem mobil - rem merupakan satu dari sekian banyaknya komponen yang paling penting pada sebuah kendaraan baik itu bermotor ataupun non motor dimana rem ini berfungsi untuk memperlambat laju kecepatan kendaraan hingga kendaraan yang telah di sebutkan dapat berhenti yang dengannya sempurna. Yang dengannya adanya rem ini kita mampu menghentikan kendaraan pada lokasi yang diinginkan tanpa Perlu takut kebablasan, selain itu rem ini juga Amat berfungsi sebagai penunjang utama dalam keselamatan berkendara.
Pada kesempatan di artikel ini kita akan khusus untuk membahas system pengereman yang ada pada kendaraan roda empat alias kendaraan beroda empat, terutama untuk rem kendaraan beroda empat bagian depan yang berupa rem cakram, dimana kampas rem atau pad brake nya lebih cepat habis / tipis ketimbang kampas rem belakang yang masih mempergunakan tromol atau drum brake. Terlebih lagi jika kendaraan beroda empat yang telah di sebutkan merupakan kendaraan beroda empat matic, akan Amat terasa cepat sekali habisnya. Lalu apa sih penyebab kampas rem depan kendaraan itu cepat habis dibandingkan rem belakang ?


Ini Alasan Rem Depan Mobil Lebih Cepat Habis




Baca juga : Penyebab rem mobil kurang pakem atau blong


Untuk jenis kendaraan beroda empat baru biasanya telah mengaplikasikan teknologi canggih yang dengannya banyak sekali istilah serta nama penyebutannya, yang pada intinya merupakan teknologi ini mampu memberikan perbedaan titik tekan pada tingkat tekanan fluida minyak rem antara rem bagian depan serta rem belakang, dimana penekanan rem bagian roda depan lebih dititik beratkan ketimbang penekanan pada rem bagian belakang kendaraan beroda empat. Selain memakai teknologi khusus, perbedaan tekan pada system rem juga mampu dipengaruhi oleh faktor besar kecilnya piston kaliper, dipana piston kaliper rem depan bentuknya Amat besar jika dibandingkan piston rem bagian belakang.


Hal ini bukan tanpa karena karena jika sebuah kendaraan beroda empat mempunyai tekanan pengereman yang sama antar ke empat rodanya, tentu saja yang terjadi merupakan keseluruhan ban kendaraan beroda empat yang telah di sebutkan akan menjadi slip serta sulit untuk dikendalikan, kendaraan beroda empat menjadi terputar tidak karuan.


Jika penekanan lebih dikuatkan pada rem bagian belakang, maka waktu kendaraan beroda empat melaju pada kecepatan tinggi kan terjadi slip dibagian belakang yang dikenal yang dengannya istilah oversteer dimana pengendalian juga lebih sulit. akan tetapi bila tekanan pengereman ini lebih diperkuat pada bagian depan, akan ada kemungkinan terjadinya understeer, akan tetapi masih mampu diantisipasi karena understeer masih mampu diatasi yang dengannya cara memainkan setir kemudi, sedangkan pada oversteer kita tidak mampu melakukan apa apa.
Malah untuk kendaraan beroda empat matic, penekanan rem pada roda depan lebih diperkuat lagi, serta ini dia mengapa rem kendaraan beroda empat bagian depan khususnya kendaraan beroda empat matic cepat sekali habis, padahal rem bagian belakang masih Amat tebal.

Baca juga : Awas terlalu lama injak rem piston rem bisa overheat


Nah mudah-mudahan goresan pena diatas dapat menjawab pertanyaan kamu mengenai kenapa rem depan mobil lebih cepat habis dibandingkan rem bagian belakang.
Advertisement
Source : automotivexist.blogspot.com

Seputar Ini Alasan Rem Depan Mobil Lebih Cepat Habis

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Ini Alasan Rem Depan Mobil Lebih Cepat Habis