Peluang Usaha Budidaya Jamur Tiram, Bisnis Rumahan Menjanjikan

- Mei 21, 2017

Peluang Usaha Budidaya Jamur Tiram, Bisnis Rumahan Menjanjikan

 
Peluang Usaha Budidaya Jamur Tiram - Selamat datang pengunjung budiman, salam sukses untuk kita seluruh. Di kesempatan di artikel ini admin ingin membagikan sebuah berita sesuai judul artikel ini yakni peluang usaha budidaya jamur tiram. Usaha budidaya jamur tiram Amat cocok untuk daerah tropis semisal negara kita Indonesia ini.

Modal awal yang di butuhkan untuk memulai usaha ini cukup murah serta semuanya mampu di lakukan secara bertahap, menjadikan cocok sekali bagi kamu yang mencari usaha rumahan modal kecil menjanjikan. Memanglah, apabila di total, seluruh modal yang di butuhkan cukup besar, akan tetapi karena dapat di biayai secara bertahap membuat biaya terasa ringan terlebih apabila kita telah mendapatkan hasil dari penjualan jamur tiram.
Peluang Usaha Budidaya Jamur Tiram, Bisnis Rumahan Menjanjikan

Jamur tiram adalah jamur yang mempunyai warna putih yang dengannya ciri khas tajuk jamur semisal kulit tiram. Jamur tiram dahulu gampang di dapatkan di hutan, ladang atau perkebunan karena jamur ini tumbuh pada batang kayu, terutama batang kayu yang telah lapuk. Suka juga orang menamai jamur tiram yang dengannya jamur kayu karena tumbuh pada batang kayu.

Nah, bagi kamu yang tertarik yang dengannya usaha budidaya jamur tiram ini sebaiknya membaca beberapa ulasan penting di bawah ini agar kamu mengerti apa saja yang di butuhkan untuk memulai serta menjalankan usaha jamur tiram.


Cara Budidaya Jamur Tiram Yang Benar




1. Menyiapkan Kumbung




Contoh Kumbung Sederhana
Kumbung merupakan rumah/tempat budidaya jamur. Disinilah tempat untuk merawat baglog serta menumbuhkan jamur tiram mulai dari kecil hingga besar. Kumbung atau rumah baglog berbetuk semisal bangunan yang di dalamnya terdapat rak-rak untuk meletakkan baglog. Kumbung Perlu mempunyai kemampuan menjaga kelembaban udara serta suhu agar jamur mampu tumbuh yang dengannya sempurna.

Serta inilah beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam membuat serta menyiapkan kumbung yang benar :

1. Kumbung di buat dari kayu serta bambu, dinding di buat dari gedek atau papan. Untuk atapnya mampu mempergunakan genteng, jangan mempergunakan seng, asbes atau atap lainnya yang mampu mendatangkan panas. Untuk lantai kumbung, usahakan jangan di plester agar air gampang meresap ke dalam tanah, akan tetapi jika di plester usahakan mempunyai tingkat kemiringan yang cukup agar air mampu mengalir.

2. Di dalam kumbung Perlu di lengkapi rak berupa kisi-kisi yag di susun bertingkat serta sejajar. Rak ini berfungsi untuk menyusun baglog (media jamur). Untuk rangka rak, mampu di buat dari kayu atau bambu. Antara rak Perlu tersedia lorong sekitar 40 cm untuk mempermudah perawatan jamur.

3. Rak mampu di buat 2-3 tingkat, rak mempunyai lebar sekitar 40 cm yang dengannya panjang setiap ruas rak 1 meter. Yang dengannya ini, setiap rak mampu menampung sekitar 70-80 baglog. Keperluan rak mampu di sesuaikan yang dengannya jumlah baglog serta jamur yang ingin di budidayakan.


2. Menyiapkan Baglog




Baglog Siap Pakai
Baglog merupakan media tanam bagi jamur tiram, disinilah jamur tiram akan tumbuh. Baglog biasanya terbuat dari serbuk gergaji yang di bungkus yang dengannya plastik berbetuk silinder. Pada satu dari sekian banyaknya ujungnya di kasih lubang dimana lubang ini sebagai tempat jamur menyembul keluar.

Baglog mampu kita buat sendiri, akan tetapi apabila kita masih pemula sebaiknya kita membeli baglog dari pihak lain, hal ini di karenakan membuat baglog butuh pengalaman yang cukup. Harga baglog cukup terjangkau, baglog yang dengannya ukuran 1 kg di jual yang dengannya harga sekitar 2000-3000 rupiah saja.


3. Perawatan Jamur Tiram



Yang akan di sajikan kali ini beberapa cara perawatan jamur tiram yang Perlu kamu lakukan agar jamur tiram tumbuh yang dengannya sempurna :

1. Sebelum baglog disusun pada rak, buka terlebih dahulu kertas serta cincin penutup baglog. Lalu diamkan selama 5 hari, apabila lantai terbuat dari tanah maka lakukan penyiraman pada tanah untuk menambah kelembaban.

2. Potong ujung baglog agar ruang pertumbuhan jamur lebih lebar. Sesudah itu diamkan selama 3 hari, selama itu jangan menyiram baglog, cukup siram lantai saja.

3. Penyiraman mempergunakan sprayer yang dengannya siraman membentuk kabut, semakin peredaran siraman berkabut maka hasilnya semakin baik. Jangan menyiram yang dengannya tetesan air serta lakukanlah penyiraman 2-3 kali dalam sehari tergantung kelembaban serta suhu yang ada di dalam kumbung. Usahakan kumbung mempunyai suhu antara 16-24 'C.


4. Panen Jamur Tiram



Ini lah saat-saat yang di tunggu oleh petani jamur tiram yakni panen jamur tiram, inilah beberapa hal yang Perlu di perhatikan :

1. Apabila permukaan baglog telah di tumbuhi miselium (bakal jamur), biasanya sekitar 1-2 minggu sesudah tutup baglog di buka akan tumbuh jamur serta telah siap di panen. Setiap baglog jamur mampu di panen sekitar 5 hingga 8 kali apabila perawatanya benar. Baglog yang dengannya berat 1 kg mampu menghasilkan jamur tiram seberat 0.7-0.8 kg, sesudah itu Buang baglog atau jadikan bahan kompos.

2. Panen jamur tiram di lakukan pada jamur yang mekar yang dengannya ukuran yang besar. Lebih tepatnya disaat ujung jamur tiram terlihat meruncing yang dengannya catatan tudungnya belum pecah serta warnanya masih putih bersih.

3. Jangan telat dalam memanen jamur tiram, telah setengah hari saja akan membuat warna jamur menjadi agak kuning serta tudungnya pecah, apabila semisal ini maka jamur akan cepat layu.

4. Jarak panen jamur tiram, dari panen pertama ke panen selanjutnya sekitar 2 hingga 3 minggu.

Itulah beberapa hal yang Perlu kamu lakukan apabila kamu ingin memulai usaha jamur tiram, memanglah terlihats sulit karena tidak sedikit tahap yang Perlu di lalui, akan tetapi kamu Perlu tahu apabila prospek usaha jamur tiram ini sangat-sangat menjanjikan.

Kamu juga mampu melihat referensi video di bawah ini wacana budidaya jamur tiram ini, silahkan melihat video yang akan di sajikan kali ini.



Baca Juga : Peluang Bisnis Bagi Lulusan SMK Paling Menjanjikan


Sekian, mudah-mudahan apa yang kita pelajari di artikel ini mampu berguna bagi kita seluruh, thanks telah berkunjung serta membaca ulasan Peluang Usaha Budidaya Jamur Tiram. Source / Referensi : seribupeluang.blogspot.com

Seputar Peluang Usaha Budidaya Jamur Tiram, Bisnis Rumahan Menjanjikan

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Peluang Usaha Budidaya Jamur Tiram, Bisnis Rumahan Menjanjikan