Cara Mengatasi Exhaust Brake Tidak Berfungsi

- Mei 04, 2017

Cara Mengatasi Exhaust Brake Tidak Berfungsi

 
Advertisement





Exhaust brake tidak fungsi cara mengatasinya - satu dari sekian banyaknya fitur yang ada pada kendaraan beroda empat bermesin diesel, khususnya kendaraan besar sekelas elf, minibus ataupun truk ialah exhaust brake nya yang mampu menurunkan rpm atau putaran mesin yang dapat membantu memperlambat laju kendaraan. Biasanya penggunaan exhaust brake ini diikuti yang dengannya penggunaan Engine Brake ataupun rem kaki, yang dengannya begitu kampas rem pun menjadi lebih awet dan tidak gampang rusak.
Akan tetapi demikian tidak selamanya fitur exhaust brake ini mampu berfungsi, ada kalanya sebuah kendaraan beroda empat mengalami kegagalan dalam melakukan exhaust brake alias exhaust brake nya tidak mampu digunakan atau dinyalakan padahal telah melakukan / menerapkan cara yang benar dalam penggunaannya. Nah pada goresan pena di artikel ini kami akan tidak banyak memberikan penjelasan mengenai tidak berfungsinya exhaust brake serta bagaimana cara memperbaiki exhaust brake yang tidak bekerja.
Cara Mengatasi Exhaust Brake Tidak Berfungsi


#Penyebab exhaust brake tidak bekerja


Fitur exhaust brake ini dapat bekerja yang dengannya baik bila anda sekalian mengikuti tatacara yang ada didalam buku petunjuk pemakaian yang dengannya benar, Bagaimana penggunaan exhaust brake yang benar agar dapat bekerja ? Kamu mampu membacanya di artikel kami sebelumnya yang menjelaskan mengenai : Apa itu exhaust brake fungsi dan cara kerja exhaust brake.
Exhaust brake mempunyai tidak sedikit sensor untuk mampu bekerja, serta biasanya kegagalan yang Suka terjadi merupakan karena sensor sensor yang bermasalah. Terutama switch sensor yang berada atau terpasang pada pedal kopling maupun pedal gas yang terkadang kendor, berganti posisi serta lain sebagainya akibat penyetelan ketinggian pedal yang telah di sebutkan sehigga switch yang telah di sebutkan tidak tersentuh atau bekerja sebagaimana mestinya.

Baca juga : Cara spooring truk atau minibus sendiri dengan meteran



#Cara mengatasi exhaust brake yang tidak bekerja


Untuk memperbaiki kegagalan system exaust brake ini kamu pun perlu memeriksa beberapa bagian untuk memastikan dimana masalah yang membuat system tidak bekerja. Serta dibawah ini merupakan beberapa komponen yang seringkali menjadi penyebab mengapa exhaust brake tidak bekerja.


1. Memeriksa tombol switch di bawah pedal gas serta kopling


Yang pertama merupakan yang dengannya memeriksa switch sensor yang ada di bagian atas pedal kopling serta gas, jika kurang turun kebawah serta tidak menyentuk plat pedal silahkan di setel terlebih dahulu. Untuk gambar akan kami upload dilain waktu karena kebetulan penulis belum sempat memotret.


2. Memeriksa switch transmisi


Sesudah switch yang ada di bagian bawah pedal gas serta kopling disetel yang dengannya benar serta masih belum berfungsi exhaust brake nya, coba periksa juga apakah switch sensor gigi transmisi terputus ataukah tidak, bila putus silahkan diperbaiki terlebih dahulu bila memungkinkan, jika tidak memungkinkan silahkan diganti yang dengannya yang baru.


3. Memeriksa tuas exhaust brake


Bila beberapa sensor yang telah disebutkan diatas sebenarnya dalam kondisi tidak jelek alias bagus / tidak rusak, kemungkinan besar kerusakan ada pada bagian tuas pemicu exhaust brake yang biasanya ada di posisi kiri setir kendaraan beroda empat yang mungkin telah mengalami kerusakan. Pemeriksaan pada bagian ini memanglah tidak banyak sulit serta diharapkan tenaga ahli untuk melakukannya, maka dari itu kamu mampu membawa unit kendaraan beroda empat yang mengalami gejala kerusakan exhaust brake tidak bekerja ini ke bengkel kendaraan beroda empat.

Baca : Cara mengatasi setir mobil terasa melayang


Memanglah tidak sedikit masalah teknis yang mampu membuat rusak atau tidak bekerjanya exhaust brake mulai dari sensor sensor yang bermasalah hingga komponen dari exhaust brake itu sendiri yang telah usang serta saatnya rusak. Mudah-mudahan berguna serta jangan tidak ingat dibagikan.
Advertisement
Source : automotivexist.blogspot.com

Seputar Cara Mengatasi Exhaust Brake Tidak Berfungsi

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Mengatasi Exhaust Brake Tidak Berfungsi