Cara Meningkatkan Tenaga Mesin Mobil

- April 23, 2017

Cara Meningkatkan Tenaga Mesin Mobil

 
Advertisement





Tips menaikkan tenaga mesin mobil -salah satu hal yang paling diinginkan yang ada pada sebuah kendaraan ialah kinerja mesinnya yang tangguh serta juga besar, besarnya tenaga mesin yang diperoleh tentu akan membuat sebuah kendaraan mampu melaju dalam kecepatan yang tinggi sesuai yang dengannya yang diinginkan pemiliknya.
Istilah umum yang digunakan sebagai satuan ukur tenaga mesin ialah Horse Power atau HP. Semakin nilai HP yang telah di sebutkan tingi maka semakin besar pula tenaga yang diperoleh atau dikeluarkan dari sebuah mesin kendaraan beroda empat. Untuk tiap jenis kendaraan beroda empat sendiri mempunyai spesifikasi standar mesin serta juga HP yang diperoleh. Serta untuk perihal membuat kendaraan yang telah di sebutkan dalam melaju yang dengannya Amat kencang, maka kita perlu menaikkan angka Horse Power ini, serta dibawah ini merupakan beberapa cara yang mampu dilakukan guna meningkatkan HP mesin kendaraan beroda empat.
mustang






Cara meningkatkan tenaga mesin mobil ( Horse Power )




1. Mengganti Chip Komputer ( ECU )


Satu dari sekian banyaknya bagian penting yang dapat mengatur segala sesuatu yang dibutuhkan oleh kendaraan beroda empat ialah Engine Control Unit atau yang disingkat yang dengannya ECU. ECU ini berfungsi sebagai otaknya kendaraan dimana seluruh kontrol akan diolah disini. Untuk perihal membuat semburan tenaga mesin menjadi tinggi kamu mampu melakukan penggantian ECU kendaraan beroda empat standart yang dengannya ECU aftermarket yang didesain secara khusus. Akan tetapi kadang kala kamu juga perlu melakukan perubahan lain semisal merubah air intake serta juga system gas Buang.

Baca juga : Akibat buruk mengisi oli mesin terlalu banyak / berlebih



2. Modifikasi System Gas Buang


Satu dari sekian banyaknya faktor terpenting yang ada didalam kendaraan yang mampu mempengaruhi tenaga mesin merupakan saluran gas Buang atau knalpot. Ukuran knalpon yang kecil akan memperlambat sisa gas Buang untuk segera keluar dari dalam system, sebagian mungkin akan terjebak didalam ruang bakar menjadikan hal ini akan membuat tenaga mesin menjadi loyo. Agar HP mesin kendaraan beroda empat meningkat kamu mampu melakukan perubahan pada saluran gas Buang, menganti bagian semisal header, free flow muffler yang dengannya ukuran yang lebih besar agar udara sisa gas Buang akan langsung mampu keluar menjadikan efek tekanan balik gas Buang mampu diminimalisir. Jika system gas Buang mesin kendaraan beroda empat ini lancar maka proses pembakaran didalam ruang mesin menjadi maksimal.


3. Memasang Komponen Turbocharger


Ingat bahwasanya proses pembakaran didalam ruang mesin membutuhkan bahan bakar serta oksigen sebagai syarat mutlak agar mampu terjadi sebuah pembakaran. Serta fungsi utama dari turbocharger ini ialah untuk membantu memampatkan udara yang masuk kedalam silinder / ruang bakar. Yang dengannya meningkatnya tekanan oksigen didalam ruang bakar maka proses pembakaran pun menjadi maksimal serta tenaga mesin pun menjadi lebih kuat. Yang dengannya demikian hal ini berguna yang dengannya memasang komponen turbocharger maka suplay oksigen didalam ruang bakar akan semakin meningkat, pastikan kamu juga mengganti ukuran silinder yang dengannya yang lebih besar.

Baca juga : Fungsi turbocharger dan nama komponen yang ada didalam turbocharger



4. Mendinginkan Udara Yang Masuk Yang dengannya Intercooler


Suhu udara yang tinggi atau panas jika dimasukkan kedalam ruang bakar lalu dikompresi, maka udara yang telah di sebutkan akan menyusut karena udara bersuhu tinggi bentuk molekulnya lebih renggang jika dibandingkan yang dengannya udara biasa atau udara dingin. Nah agar suplay oksigen didalam ruang bakar menjadi padat serta tidak sedikit, maka udara yang masuk tadi perlu didinginkan terlebih dahulu yang dengannya mempergunakan sebuah komponen yang disebut yang dengannya Intercooler. Komponen intercooler ini bentuknya mirip yang dengannya radiator, akan tetapi bedanya yang didinginkan oleh intercooler ini merupakan udara. Jadi sesudah udara kompresi oleh turbocharger akan didinginkan terlebih dahulu didalam intercooler ini, sesudah dingin barulah udara dimasukkan kedalam ruang bakar.


5. Mengurangi Beban kendaraan


Kendaraan yang membawa muatan terlalu berat juga akan menghambat laju kendaraan. Yang dengannya kata lain berat barang yang dimuat ini juga akan mempengaruhi nilai dari Horse Power mesin kendaraan beroda empat dari yang standarnya A menjadi B sesudah digunakan memuat beban berat. Oleh karena itu mengurangi berat beban yang ada pada sebuah kendaraan juga mampu membuat tenaga mesin menjadi meningkat, akan tetapi yang perlu diingat merupakan jangan mempreteli beberapa komponen yang ada didalam kendaraan yang mempunyai fungsi penting semisal melepas ban serep misalnya.


6. Mengganti Saringan Udara ( Air Filter )


Saringan udara atau air filter mempunyai peranan penting untuk menjaga ruang bakar terbebas dari kotoran baik itu pasir, debu atau malah kerikil karena sebelum udara masuk kedalam ruang bakar tentunya akan disaring terlebih dahulu di saringan udara ini. Untuk ukuran saringan udara kendaraan beroda empat standard biasanya lebih rapat menjadikan udara yang masuk kedalam mesin memanglah benar benar bersih akan tetapi akan tidak banyak terambat alirannya karena saking rapatnya komponen saringan udara. Yang dengannya melakukan penggantian saringan udara mempergunakan produk aftermarket yang lebih renggang akan membuat peredaran udara yang masuk kedalam ruang bakar menjadi lancar menjadikan suplay oksigen tercukupi serta membuat tenaga mesin menjadi meningkat.


7. Penggunaan Busi serta Bahan Bakar Berkualitas


Penggunaan bahan bakar dan busi yang berkualitas juga akan mempengaruhi tenaga mesin yang diperoleh. Busi berkualitas semisal busi IRIDIUM tentu akan membuat proses pembakaran menjadi lebih lancar karena percikan api yang diperoleh lebih fokus. Sedangkan untuk bahan bakar sendiri juga demikian, kamu perlu mempergunakan bahan bakar yang dengannya kualitas tidak jelek alias bagus, karena bahan bakar yang kualitasnya tidak bagus akan mempengaruhi kinerja mesin khususnya merupakan sisa pembakaran yang tidak sempurna yang kemudian tertinggal didalam ruang bakar. Biasanya oktan bahan bakar bensin yang tinggi mempunyai kualitas yang tidak jelek alias bagus. Oktan 92 lebih tidak jelek alias bagus dari oktan 88.

Baca juga : Arti Torsi Mesin Dan Horse Power


Nah itulah tadi beberapa hal yang mampu anda sekalian lakukan untuk perihal membuat tenaga mesin kendaraan beroda empat menjadi lebih meningkat. Yang perlu kamu ingat merupakan, semakin tinggi tenaga mesin yang diperoleh tentu akan berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar kendaraan beroda empat semisal yang dulunya hemat saat ini menjadi lebih boros. Hal ini sangatlah wajar karena tenaga mesin berbanding lurus yang dengannya tingkat konsumsi bahan bakar.
Advertisement
Source : automotivexist.blogspot.com

Seputar Cara Meningkatkan Tenaga Mesin Mobil

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Meningkatkan Tenaga Mesin Mobil