Fungsi Sensor MAF MAss Air Flow Mobil

- Januari 15, 2017

Fungsi Sensor MAF MAss Air Flow Mobil

 
Advertisement





Fungsi sensor MAF mass air flow - mungkin bagi pemilik kendaraan type EFI pernah mendengar istilah MAF, mesin mbrebet mungkin MAF nya perlu dibersihkan, apa itu MAF sensor, atau bagaimana cara merawat sensor MAF pada kendaraan beroda empat EFI agar performa mesin optimal. Nah lalu apa sih sebenarnya yang dimaksud yang dengannya sensor MAF ini ?
Nah mengingat banyaknya pemakain awam yang tidak mengetahui apa itu sensor MAF, fungsi sensor MAF pada mesin kendaraan beroda empat, pada kesempatan di artikel ini kami akan mencoba memberikan penjelasan secara singkat mengenai apa itu sensor MAF beserta fungsi utama sensor Mass Air Flow ( MAF ) ini.
fungsi cara kerja sensor MAF


Pengertian dan fungsi sensor MAF


Sensor Mass Air Flow ini ialah sebuah sensor yang dipasang pada saluran yang menuju kedalam ruang bakar, biasanya dipasang dekat yang dengannya ruang saringan udara, sensor ini berfungsi untuk menganalisa seberapa besar udara yang masuk kedalam ruang kabar mesin menjadikan nantinya ECU atau ECM kendaraan beroda empat dapat melakukan analisa serta menakar seberapa tidak sedikit bahan bakar yang akan dicampurkan menjadikan memperoleh pembakaran yang sempurna serta juga menghemat pemakaian bahan bakar.

Baca juga : Mobil anda mbrebet ? Mungkin MAF perlu dibersihkan


Cara kerja MAF sensor ( Mass Air Flow )


Untuk cara kerja sensor ini sebenarnya Amat simpel, yakni yang dengannya memanfaatkan elemen dioda pemanas yang terpasang diujung sensor MAF, yang tertancap di saluran udara menuju intake / throttle body. Elemen pemanas ini nantinya disandingkan yang dengannya elemen pengukur suhu panas yang nantinya elemen pengukur suhu ini akan melakukan pengukuran seberapa panas suhu yang ada disekitarnya serta menjaganya agar tetap konstan.
Proses alur kerja dari sensor MAF ini ialah yang dengannya memanaskan elemen pemanas mempergunakan peredaran listrik, disaat mesin kendaraan beroda empat dalam keadaan idle, maka peredaran udara yang melewati sensor ini jumlahnya tidak banyak menjadikan untuk menjaga suhu tetap konstan maka dibutuhkan tidak banyak sekali arus yang masuk kedalam elemen pemanas. Begitu kita menginjak pedal gas, maka otomatis katub throttle body akan terbuka lebar yang membuat menjadikan tidak sedikit urada yang akan melewati sensor MAF ini. Yang dengannya banyaknya udara yang lewat, tentu akan membuat elemen pemanas ini menjadi lebih dingin, serta agar elemen pemanas ini tetap pada suhu panasnya maka dibutuhkan lebih tidak sedikit arus listrik yang masuk kedalam elemen dimana jumlah arus listrik yang masuk kedalam MAF berbanding lurus yang dengannya banyaknya jumlah udara yang melewatinya.
Selanjutnya sebuah chip khusus yang ditempatkan didalam sensor peredaran udara ini mempunyai fungsi untuk melakukan konversi volume udara yang mengalir serta dijadikan sinyal khusus yang selanjutnya akan dikirimkan ke ECU kendaraan beroda empat. Serta ECU atau ECM kendaraan beroda empat akan memakai berita sinyal ini guna menakar seberapa tidak sedikit bahan bakar yang nantinya akan di injeksikan kedalam ruang bakar menjadikan rasio antara bahan bakar serta juga udara tetap ideal / proporsional. Yang dengannya idealnya rasio bahan bakar serta juga udara yang dibakar membuat pembakaran lebih sempurna, hasilnya merupakan emisi dari gas Buang menjadi lebih rendah, performa mesin menjadi maksimal serta juga bahan bakar menjadi lebih hemat.
Di beberapa kendaraan beroda empat matic biasanya sensor MAF ini juga mempunyai fungsi lain yakni untuk menentukan posisi perpindahan gigi otomatis, serta jika MAF sensor mengalami kegagalan kinerja mampu menyebabkan pengoperan tuas gigi otomatis kendaraan beroda empat matic tidak mampu berjalan yang dengannya semestinya.
. Hal ini diharapkan untuk menjaga emisi gas Buang yang rendah tanpa mengorbankan power atau perfoma mesin. Pada kendaraan beroda empat transmisi otomatis, sinyal MAF sensor juga digunakan untuk menentukan perpindahan gigi. Disaat MAF sensor tidak bekerja yang dengannya baik, perpindahan gigi tidak akan berjalan yang dengannya normal.

Baca juga : Cara pasang aki langsung ke mobil tanpa di cas dulu


Oleh karena fungsinya yang Amat penting ini kamu pun perlu merawat sensor sensor yang ada pada kendaraan beroda empat ini yang dengannya baik. Tatacaranya cukup lakukan pembersihan secara terjadwal, jika kamu tidak mengetahui cara membersihkannya biasanya dalam paket perawatan terjadwal, item pembersihan MAF telah ada didalam paket yang telah di sebutkan, atau bila sebenarnya tidak di dapati kamu mampu meminta Service Advisor untuk melakukan pengecekan.
Advertisement
Source : automotivexist.blogspot.com

Seputar Fungsi Sensor MAF MAss Air Flow Mobil

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Fungsi Sensor MAF MAss Air Flow Mobil