Arti Kode API Oli Cara Mudah Ketahui Kualitas Oli Mesin

- Desember 03, 2016

Arti Kode API Oli Cara Mudah Ketahui Kualitas Oli Mesin

 
Advertisement






Arti kode API pada botol oli - bila kamu memperhatikan pada kemasan oli mesin baik itu kendaraan beroda empat ataupun motor, kamu akan menemukan tidak sedikit kode kode yang tertera disana. Kode ini bukanlah sembarang kode karena yang dengannya adanya kode ini kamu dapat mengetahui spesifikasi dan kualitas oli yang kamu beli.


Secara umum setidaknya kita Perlu mengetahui 2 jenis kode penting yang biasanya terdapat pada botol oli agar kamu tidak salah dalam membeli oli mesin. Kode yang pertama merupakan kode yang memberikan berita mengenai tingkat viskovitas atau derajat kekentalan oli yang mempunyai kode SAE, serta kode yang kedua merupakan kode yang memberikan berita perihal kualitas dari formula oli yang kamu beli, kode ini disebut kode API.


API oli mesin



Baca juga : Ini kelebihan oli sintetis dibanding mineral




Arti API dan jenisnya



Kode API ( American Petroleum Institute ) merupakan simbol kode yang menjelaskan perihal kualitas dari oli yang telah di sebutkan. Simbol ini mampu ditulis berurutan dimulai dari kode SAE yang kemudian dilanjutkan yang dengannya penulisan kode API. Simbol API terakhir SL dikenalkan pada tahun 2001 tepatnya dibulan juli. Dalam urutannya semakin baru produk dan kualitas oli yang telah di sebutkan, maka pada huruf terakhir mempunyai simbol huruf yang semakin dekat yang dengannya huruf Z, misalnya SF, SG, SH, SI, SJ, serta yang terakhir disebutkan tadi yakni SL. Meskipun oli bersimbol API terbaru, mampu juga digunakan untuk mesin yang membutuhkan oli ber API dibawahnya, misalkan saja oli yang dengannya kode SL ini juga tidak jelek alias bagus dipakai untuk mesin kendaraan beroda empat yang membutuhkan jenis API SJ, SI, SH serta seterusnya.


Dalam penggunaannya kamu juga Perlu mengetahui oli mesin yang dengannya API berapa yang dibutuhkan oleh kendaraan beroda empat kamu, ada beberapa jenis kendaraan beroda empat yang menuntut cuma satu jenis API saja misalnya Perlu memakai API SJ serta tidak boleh yang lainnya, maka jangan memaksakan kendaraan beroda empat kamu diberi oli yang dengannya API lain selain SJ tadi serta jika dipaksakan maka mesin kendaraan beroda empat tidak akan memperoleh perlindungan yang lebih maksimal.



Golongan API



Untuk type API juga dibagi lagi menjadi dua golongan utama, ang pertama merupakan API bersimbol S ( service ) yang ditujukan untuk kendaraan bermesin bensin. Golongan kedua merupakan berkode C ( Commercial ) dimana oli yang dengannya API ini khusus diperuntukkan pada kendaraan berat truk heavy duty serta juga mesin diesel. Satu dari sekian banyaknya semisal oli golongan C ini diantaranya merupakan CF, CF-2, CG-4. Nah jika kendaraan anda sekalian mempergunakan mesin diesel, alangkah baiknya kamu memakai oli yang dengannya API golongan yang tepat, karena oli untuk mesin diesel ini berbeda yang dengannya kendaraan bermesin bensin. Karakter dari mesin diesel ini tidak sedikit menghasilkan zat kontaminan semisal jelaga atau kerak dari sisa hasil pembakaran yang lebih tinggi. Karena hal itu maka oli jenis ini pun membutuhkan bahan tambahan atau aditif deterjen serta dispersant guna menjaga oli tetap terjaga kebersihannya. Sekedar catatan bila oli yang digunakan merupakan oli jenis full sintetis, maka kita tidak perlu lagi menambahkan zat aditif karena justru akan mengganggu serta merusak oli full sintetik yang telah di sebutkan, serta hasilnya merupakan kinerja mesin bahkan berkurang.


Advertisement
Source : automotivexist.blogspot.com

Seputar Arti Kode API Oli Cara Mudah Ketahui Kualitas Oli Mesin

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Arti Kode API Oli Cara Mudah Ketahui Kualitas Oli Mesin