Objek Wisata Gunung Kawah Papandayan Garut

- Juni 21, 2016

Objek Wisata Gunung Kawah Papandayan Garut

 
Satu lagi kawah yang sangat dicari oleh semua orang yaitu kawah papandayan, selain kawah kamojang kawah ini ialah kawah yang menjadi primadona Wisata Garut. Kawah ini berada di Desa Sirna Jaya serta Desa Keramat Wangi, Kecamatan Cisurupan, Garut, Jawa Barat. Gunung berapi yg masih aktif ini berada di ketinggian sekitar 2.665 dpl. Gunung ini pernah menjadi sorotan Indonesia pada bulan agustus tahun 1772 waktu/saat gunung ini meletus mengeluarkan berkubik-kubik material sampai menelan sekitar 3000 korban jiwa serta menimbun 40 desa disekitarnya. Luas wilayah ini sekitar 7132 Ha.

Objek Wisata Gunung Kawah Papandayan Garut


Menelusuri setiap langkah kawah papandayan ini menjadi sebuah pengalaman yg tak terlupakan. Karena disini kita bisa melihat seluruh buatan sang kuasa yg tidak bisa jadi bisa di ungkapkan dengan kata-kata. Dari area parker pembaca dan penulis diharuskan berjalan kaki sekitar 20 menit utk menuju ke tengah kawah. Nama papandayan itu sendiri memliki cerita, berasal dari bahasa sunda "Panday" yg berate cermat besi. Konon dahulu para masyarakat yang melintas di gunung ini sering terdengar suara-suara yg mirip dengan lokasi cermat besi, suara itu berasal dari kawah yg masih aktif, demikianlah gunung ini dinamakan Gunung Papandayan oleh masyarakat sekitar gunung.

Dikawah ini teradapat 14 kawah serta yang sangat besar merupakan kawah Mas dengan lebar kurang lebih 150 meter. Kawah ini bergemuruh layaknya suara mesin pesawat jet. Dari 14 kawah ini masing-masing kawah mengeluarkan asap yg berberda-beda ada yg berwarna hijau hingga ada yg berwarna emas. Udara disekitar kawah cukup panas, pengaruhnya aku sarankan utk memakai baju dengan bahan yg dingin. Selain menikmati kawah disana kita juga bisa menemukan hamparan bunga Eidelweiss (anaphalis javanica). Sebagian orang percaya bahwasanya air yg ada dikawah ini bisa di pergunakan sebagai obat yg paling mujarab utk penyakit kulit.

Daya tarik lain-lain ialah aktivitas para pengunjung yang memiliki tingkat dari sedang hingga menantang, seperti melihat atau berfotografi pemandangan panorama alam pegunungan, kawah, hutan dan flora-faunanya. Juga penelitian pendidikan cagar alam, piknik sampai berkemah di taman wisata alam. Untuk menuju ke wilayah ini pembaca dan penulis bisa ambil jalur dari garut kota - bayongbong - cisurupan - gunung papandayan serta memakan waktu sekitar 45 menit dengan jarak 9 KM dan 24 KM. Jalannya pun bagus serta mulus sehingga memudahkan bagi para pengunjung yang membawa kendaraan sendiri. Sekian info Objek Wisata Kawah Papandayan dari saya semoga bisa bermanfaat & bisa menjadi referensi liburan engkau kedepan.

Seputar Objek Wisata Gunung Kawah Papandayan Garut

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Objek Wisata Gunung Kawah Papandayan Garut