Objek Tempat Wisata Kawah Kamojang

- Juni 21, 2016

Objek Tempat Wisata Kawah Kamojang

 
Garut, hmm kota kecil ini terkenal dengan makanan khasnya yaitu dodol garut, tetapi selain makanan khasnya kota ini ternyata memiliki cukup banyak lokasi wisata yg cukup exsotis salah satunya Objek Wisata Kawah Kamojang. Kawah kamojang adalah salah satu objek Wisata Garut yang cukup terkenal selain Gunung Papandayan serta Curug Orok. Kawah ini terletak di daerah Samarang, garut, jawa barat yg berada di ketinggian 1.730 M DPL, dan suhu di kawah kamojang bisa di bilang cukup extream jadi saya sarankan utk membawa jaket tebal. Kawah ini merupakan salah satu kawah gunung berapi yang masih aktif di kota garut, karena uap yg dihasilkan dari kawah kawah disini berasal dari perut bumi.


Objek Tempat Wisata Kawah Kamojang

Kawah ini dikelola oleh PLTU Kamojang, Pertamina dan Indonesia Power sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) serta ini menjadi kawah pertama yg energy buminya dimanfaatkan. PLTP ini pertama kali di bangun pada masa penjajahan belanda sekitar th 1926, & diresmikan oleh presiden soeharto pada tahun 1983. Menurut kuncen atau penjaga kawah ini uap yg dihasilkan sangat baik utk kesehatan kulit, dan bau uapnya bisa untuk melancarkan peredaran darah serta pernafasan. Tak sedikit dari para turis yg datang untuk bermandi sauna atau sekedar menenangkan fikiran. Ada satu yg sepertinya mempunyai daya tarik atau dalam  utk   lihat yaitu waktu/saat kuncen membawa sebuah telur mentah lalu dimasukan kedalam air uap dan sekitar 10 menit sang kuncen mengambil telur ter-sebut telur ter-sebut sudah berubah matang, dan layak dimakan. Tenyata ini dikarenakan air yg dihasilkan bersuhu sekitar ± 100 deratat celcius.

Luas wilayah ini sekitar 10 Hektar tetapi tidak sepenuhnya dapat kita jelajahi, sebab hanya 8 hektar yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung serta sisanya sedang dalam tahap perombakan. Disini terdapat 23 kawah 2 diantaranya berbentuk semisal danau uap. Kawah kamojang ini berupa saluran seperti gua dimana uap panas bumi yg keluar melalui lorong gua tersebut. Jika   melihat dari atas mungkin anda mengira ada seseorang yg sedang membakar sesuatu di dalam gua tersebut, tapi sebetulnya itu uap panas bumi, dan inilah yang menjadi keistimewaan kawah kamojang.

Selain kawah kamojang di wilayah ini juga masih terdapat kawah kawah yang cukup menarik perhatian saya. Diataranya ada Kawah Manuk, kawah kereta, dan kawah hujan. Kawah Manuk atau dalam bahasa indonesianya kawah burung, bisa jadi sedikit aneh ya di telinga pembaca dan penulis, tapi nama ini sesuai dengan apa yang terjadi di kawah tersebut, yaitu sebab bunyi yang dihasilkan oleh gua yg ada disana berbunyi menyerupai suara burung, begitu juga dengan kawah kereta sebab suaranya mirip suara kereta api yg berjalan atau lebih mirip ke suara pesawat jet. Nah untuk kawah hujan ini sedikit berbeda tapi kawah ini digunakan sebagai tempat mandi sauna bagi turis. Menurut kepercayaan warga sekitar mandi sauna dikawah hujan ini bisa mencegah segala jenis penyakit seperti jantung, stroke, influenza, dll. Untuk suhu di kawah ini bisa di atur tingkat kepanasannya sesuai dengan kehendak para turis.

Selain kawah yang tadi aku sebutkan disini juga ada sebuah air terjun yang sayang utk dilewatkan. Namanya ialah Curug Madi serta sebuah danau yang bernama Danau Ciharus yg berada di tengah hutan belantara,tapi sayangnya berhubung waktu sudah terlalu sore,aku tidak sempat berkunjung ke danau Ciharus. Selain itu disana terdapat juga Bumi Perkemahan Kamojang, jadi bagi   yg suka berkemah, lokasi ini bisa jadi alternative yang patut dicoba ada outbondnya juga loh wah pokoknya sayang utk   lewatkan. Nah utk menuju ke kawasan ini kita bisa melewati beberapa jalur, namun saya sarankan untuk mengambil jalur garut aja, sebab selain jalannya yg gampang dilewati seluruh jenis kendaraan, jalan yang sudah mulus ditambah panorama pesawahan yg indah. Sekian informasi dari aku semoga dapat membantu kamu seluruh utk menjadi alternative liburan kamu.

Seputar Objek Tempat Wisata Kawah Kamojang

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Objek Tempat Wisata Kawah Kamojang