Agar Terus Awet Muda, Ketahui Tips Cegah Penuaan Dini

- Juni 24, 2016

Agar Terus Awet Muda, Ketahui Tips Cegah Penuaan Dini

 
Penuaan tak bisa dihentikan karena ialah proses alami pada tubuh. Tetapi, penuaan dini bisa dicegah. Oleh karena, penuaan dini terjadi karena faktor eksternal, semisal gaya hidup & kebiasaan sehari-hari.


Agar Terus Awet Muda, Ketahui Tips Cegah Penuaan Dini




Dokter spesialis kulit dan kelamin dari Rumah Sakit Pondok Indah-Puri Indah, Susie Rendra mengatakan, cukup banyak cara untuk membikin seseorang terlihat awet muda. Berikut cara supaya tetap awet muda dengan mencegah penuaan dini.


1. Lindungi kulit dari paparan sinar matahari


Paparan sinar matahari bisa merusak kulit serta mempercepat penuaan. Di tengah aktivitas yang padat, sinar matahari terkadang tidak bisa dihindari. Utk itu usahakan selalu melindungi diri dari sinar matahari, semisal mengenakan/menggunakan sunblock atau tabir surya. Penggunaannya pun disesuaikan dengan kegiatan yg dilakukan.

"Kalau berenang gunakan sunscreen yang tahan air. Atau cari yang sweat proof, water resistant andai aktivitas outdoor," kata Susie, Senin (13/6/2016).

2. Cukup tidur


Tidur merupakan waktu terbaik bagi kulit lakukan regenerasi. Susi menjelaskan, kurang tidur bisa menurunkan kadar hormon melatonin. Padahal, selain untuk meningkatkan kualitas tidur, melatonin juga memiliki fungsi menghambat penuaan.

"Kalau tidur kurang membuat efek penuaan lebih cepat. Tidurlah cukup sekitar 7-8 jam pada malam hari," jelas Susie.


3. Stop senam wajah berlebihan


Menurut Susie, senam wajah berlebihan malah bisa membuat kerutan gampang muncul. Gerakan berlebihan, semisal perkaranya wajah terlalu ekspresif (tertawa atau marah) bisa menyebabkan kerutan karena menggerakan otot wajah yg berlebihan.

4. Konsumsi antioksidan


Konsumsilah makanan yang mengandung antioksidan tinggi seperti sayur serta buah-buahan untuk mencegah efek radikal bebas. Atau bisa juga dengan minum suplemen vitamin dan mineral.

Radikal bebas di dalam tubuh bisa mempercepat proses penuaan. Hindari konsumsi makanan terlalu manis atau tinggi gula sebab bisa menghasilkan radikal bebas.

5. Rutin melakukan perawatan kulit


Jika ingin awet muda, rutinlah lakukan perawatan kulit. Mulai dari mengenakan/menggunakan pembersih wajah, pelembab, krim malam sampai sunblock atau tabir surya.

Perkara ini utk membuat kulit tetap bersih serta merawat/menjaga kulit selalu sehat sehingga memperlambat proses penuaan. Tentunya menggunakan krim perawatan wajah disesuaikan dengan jenis kulit.


6. Gaya hidup sehat


Terapkanlah gaya hidup sehat, semisal tak merokok. Merokok bisa menciptakan radikal bebas. Radikal bebas bisa membuat rusak sel-sel tubuh pengaruhnya bisa mempercepat proses penuaan. Selain itu, lakukan olahraga teratur, cukup tidur, serta hindarilah stres.

Seputar Agar Terus Awet Muda, Ketahui Tips Cegah Penuaan Dini

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Agar Terus Awet Muda, Ketahui Tips Cegah Penuaan Dini