Tips Aman Mengemudi Di Musim Hujan

- Juli 04, 2017

Tips Aman Mengemudi Di Musim Hujan

 
Advertisement





Tips mengemudi yang aman di musim hujan - indonesia merupakan negara tropis yang mempunyai 2 musim setiap tahunnya yakni musim kemarau serta musim penghujan tiba. Datangnya musim hujan ini terkadang para pemakain kendaraan tidak mempunyai persiapan khusus yang dilakukan untuk meminimalisir tingkat terjadinya kecelakaan, mengingat jalanan yang basah akibat terguyur air hujan ini Amat beresiko sekali meningkatkan angka kecelakaan berlalu lintas.
Nah bila anda sekalian termasuk pengemudi kendaraan beroda empat yang belum tahu bagaimana mempersiapkan diri untuk menghadapi datangnya musim hujan, dibawah ini ada beberapa tips yang dapat kamu lakukan agar kamu aman serta nyaman waktu berkendara mempergunakan kendaraan beroda empat kesayangan.




Tips agar mengemudi di musim hujan menjadi aman



tips mengemudi dimusim hujan


1. Memeriksa instrumen penting pada kendaraan


Disaat hujan mengguyur biasanya jarak pandang menjadi dibatasi, nah agar kendaraan beroda empat kamu nantinya mampu terlihat oleh pengemudi dari arah berlawanan atau dari arah belakang kendaraan beroda empat kamu, maka kamu perlu menyalakan lampu lampu kendaraan beroda empat semisal lampu fog lamp, rear foglamp, lampu kota serta lampu tanda peringatan lainnya. Maka dari itu sebaiknya jika ada bagian lampu lampu kendaraan beroda empat yang mati / rusak sebaiknya langsung dilakukan perbaikan atau penggantian.

Baca juga : Pentingnya AC mobil di musim hujan



2. Memeriksa keausan ban


Ban yang telah aus atau botak jika dipaksakan dipakai pada jalanan yang basah atau di jalanan yang tergenang air mampu meningkatkan terjadinya aquaplaning / hidroplaning yang mampu menyebabkan terjadinya oversteer serta juga understeer. Untuk dari itu sebaiknya jika ban kendaraan beroda empat anda sekalian telah aus sebaiknya dilakukan penggantian. Untuk memeriksa ketinggian alur telapak ban mampu melihat kode Tread Wear Indicator yang berupa lambang segitiga di dinding ban.


3. Memeriksa tekanan angin ban


Ban yang tekanan anginnya kurang menyebabkan proses pembuangan air yang terjebak dibawah ban waktu melintasi jalanan bergenang menjadi terhambat, hasilnya setir menjadi liar serta lepas kendali. Penggunaan tekanan ban sesuai yang dengannya yang disarankan hukumnya wajib di kondisi serta cuaca apapun, jangan hingga kamu bahkan mengempisan ban disaat musim hujan tiba, karena yang dengannya mengempiskan ban tidak mempengaruhi pertambahan grip roda terhadap aspal jalan.


4. Memeriksa kontrol kendali kendaraan beroda empat utama


Kontrol kendali kendaraan beroda empat utama terdiri dari kopling, rem serta gas, silahkan diperiksa ketiga bagian ini yang dengannya teliti pada bengkel resmi dikota kamu. Jika terdapat masalah sebaiknya segera dilakukan perbaikan, terutama pada system pengereman.


5. Pakai alas kaki serta karpet yang tidak licin


Biasanya ada beberapa orang yang mengganti karpet bawaan kendaraan beroda empat yang terbuat dari karet yang dengannya produk aftermarket yang terbuat dari plastik, padahal hal ini Amat tidak disarankan mengingat karpet yang terbuat dari bahan karet tadi mampu meminimalisir tergelincirnya kaki waktu mengemudikan kendaraan beroda empat. Selain karpet, alas aki yang anda sekalian pergunakan sebaiknya juga terbuat dari bahan yang tidak licin yang bertujuan agar disaat kamu menginjak pedal rem/gas/kopling tidak kepleset serta bahkan celaka, misalnya saja ingin menginjak pedal rem namun kaki bahkan tergelincir serta bahkan menginjak pedal gas.


5. Mengurangi kecepatan kendaraan beroda empat


Waktu kamu berkendara serta tiba tiba hujan turun yang dengannya lebatnya sebaiknya kamu menurunkan kecepatan serta berkendara yang dengannya aman, jangan bahkan ngebut karena kamu mempergunakan kendaraan beroda empat yang dijamin tidak akan kebasahan semisal jika kamu berkendara mempergunakan sepeda motor. Menurunkan kecepatan laju kendaraan beroda empat ini Amat penting bagi keselamatan berkendara bersama, karena yang dengannya menurunkan kecepatan berguna kamu akan terhindar dari yang namanya aquaplaning yang menyebabkan kemudi kendaraan beroda empat jadi lepas kendali.


6. Menjaga jarak aman berkendara


Karena kondisi jalanan yang basah maka dapat menyebabkan jarak pengereman yang semula pendek menjadi lebih panjang Oleh karena itu agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan, sebaiknya jagalah jarak aman berkendara kamu, jangan mengemudi terlalu rapat yang dengannya kendaraan beroda empat lainnya, serta jangan tidak ingat mata selalu waspada karena biasanya tidak sedikit pengendara motor yang melakukan manuver membahayakan didepan kamu yang mungkin saja terjatuh tepat didepan kendaraan beroda empat anda sekalian.


7. Hindari menerjang genangan air


Terkadang tidak sedikit jebakan batman di jalan raya, terutama masalah jalanan yang tergenang air hujan. Sebaiknya kamu hindari genangan air ini karena kebanykan terdapat lubang yang entah seberapa dalam tertutupi oleh air. Telah tidak sedikit kasus kendaraan beroda empat atau motor yang terperosok kedalam lubang di genangan air ini entah terlalu meremehkan atau memanglah sengaja ingin menguji kendaraannya.

Baca juga : Cek bagian ini saat mobil selesai digunakan menerjang banjir



8. Jangan hidupkan kendaraan beroda empat yang mogok akibat di kenai banjir


Musibah mampu saja menghampiri kita secara tiba tiba semisal disaat kendaraan beroda empat yang kita kendarai ini tiba tiba saja di kenai terjangan banjir yang kemudian membuat kendaraan kita menjadi mogok. Jika telah begitu sebaiknya jangan sekali kali menyalakan mesin kendaraan beroda empat karena mampu saja system kelistrikan kendaraan beroda empat kamu konslet serta bahkan tambah memperparah kerusakan saja. Saran paling baik merupakan yang dengannya mendorong kendaraan beroda empat yang telah di sebutkan keluar dari genangan banjir serta segera hubungi bengkel servis resmi terdekat untuk memeriksa kendaraan kamu.


9. Informasikan kejadian di jalan raya kepada petugas berwenang


Biasanya pemilik kendaraan beroda empat mempunyai nomor nomor penting semisal nomor dinas lalu lintas, dinas kepolisian, nomor radio lokal serta lain sebagainya. Disaat kamu melihat adanya bahaya didepan kamu yang membuat lalu lintas macet, ada baiknya kamu memberikan berita kepada dinas terkait agar selanjutnya mampu dilakukan penanganan yang dengannya segera.

Baca juga : Tips cara yang benar mengerem kendaraan di saat hujan


Nah itulah tadi beberapa tips aman yang mampu anda sekalian lakukan waktu berkendara di waktu hujan tiba. Mudah-mudahan berguna serta selamat hingga ditujuan.
Advertisement
Source : automotivexist.blogspot.com

Seputar Tips Aman Mengemudi Di Musim Hujan

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Tips Aman Mengemudi Di Musim Hujan