Penyebab Rem Blong Pada Motor di Rem Cakram

- Mei 24, 2017

Penyebab Rem Blong Pada Motor di Rem Cakram

 
Advertisement





Penyebab rem cakram blong - satu dari sekian banyaknya gangguan yang umum terjadi pada kendaraan yang mengaplikasikan rem cakram pada system pengereman baik bagian depan ataupun bagian belakang sepeda motor merupakan terjadinya blog secara tiba tiba menjadikan hal ini telah pasti Amat membahayakan sekali baik bagi si pengendara itu sendiri maupun orang lain yang ada disekitarnya.
Nah penyebab mengapa rem cakram motor tiba tiba blong juga dikarenakan aneka macam penyebab, nah pada edisi di artikel ini kami akan membagikan beberapa faktor penyebab yang membuat rem cakram sepeda motor menjadi blong menjadikan kita akan yang dengannya gampang melakukan perbaikan sendiri dirumah.
rem cakram


Penyebab rem cakram motor blong




1. Habisnya minyak rem / fluida rem


Satu dari sekian banyaknya penyebab yang mampu membuat mengapa tiba tiba rem cakram motor kita menjadi blong ialah karena habisnya cairan minyak rem yang ada didalam system hidrolis rem yang telah di sebutkan, mampu dikarenakan karena adanya kebocoran pada selang penghubung minyak rem dari master ke piston, ataupun karena tipisnya kampas rem yang menyebabkan minyak rem menjari turun / berkurang serta menyebabkan masuk angin. Untuk memeriksa apakah minyak rem motor ini telah habis merupakan yang dengannya jalan mengintipnya melalui lubang intip reservoir yang biasanya terletak di bagian setir sebelah kanan sepeda motor. Jika ketinggiannya menurun atau malah habis, lakukan pemeriksaan bagian kampas atau bagian selang distributor jika ada yang bocor, lakukan penggantian serta bleding minyak rem.

Baca juga : Inilah fungsi dari lubang yang ada pada cakram motor



2. Bocornya selang distributor minyak rem


Poin nomor dua ini menyambung dari poin nomor satu diatas yang menyebabkan habisnya minyak rem dari dalam system hidrolis menjadikan disaat dilakukan pengereman menjadi tidak berfungsi sebagaimana mestinya, karena untuk mendorong piston rem perlu adanya cairan minyak rem didalam sistemnya, tanpa itu maka rem tidak dapat berfungsi. Untuk dari itu lakukanlah pemeriksaan kebocoran pada system distributor minyak rem yang dengannya jalan memainkan tuas rem sambil melihat apakah ada tetesan minyak rem yang keluar dari dalam selang. Jika didapati kebocoran silahkan sesegera mungkin lakukan penggantian selang serta mengisi ulang minyak rem yang dengannya yang baru.


3. Rusaknya karet shell piston kaliper serta master rem


Faktor lain yang membuat rem cakram menjadi blong selanjutnya merupakan karena danya kerusakan pada bagian karet shell yang ada pada piston kaliper ataupun yang ada pada master rem menjadikan sewaktu tuas rem ditekan, baik piston yang ada di master rem tidak mampu mendorong serta mendistribusikan tekanan minyak menuju piston kaliper, ataupun master rem berfungsi akan tetapi karena adanya kerusakan pada shell di bagian piston menyebabkan minyak rem ini menjadi bocor / merembes. Untuk mengatasi hal ini kamu mampu melakukan OH rem serta melakukan penggantian karet sheel.


4. Tipisnya kampas rem cakram depan


Seiring penggunaannya tentu aja kampas rem yang semula Amat tebal berganti menjadi tipis akibat terkikis secara terus menerus sesuai yang dengannya penggunaan. Serta tipisnya kampas rem ini membuat piston lebih menonjol keluar serta menyebabkan ketinggian minyak rem menjadi menurun. Turunnya minyak rem ini mampu saja membuat gelembung udara ikut masuk kedalam saluran system rem waktu kita melakukan pengereman. Akibatnya rem cakram menjadi masuk angin serta menjadi blong. Untuk mengatasi hal ini cukup ubah kampas rem yang telah tipis yang dengannya yang baru, kemudian lanjutkan yang dengannya membleding minyak rem guna mengeluarkan gelembung udara yang terperangkap didalamnya.

Baca juga : Mitos nyalakan motor pake starter kaki lebih baik dari starter elektrik


Nah itulah tadi beberapa penyebab mengapa rem cakram sepeda motor tiba tiba saja blong, bila kamu tidak pernah terbiasa mengutak atik atau membongkar sepeda motor sendiri alangkah baiknya serahkan pada ahlinya serta lakukan perbaikan ke bengkel sepeda motor terdekat yang mampu anda sekalian jumpai.
Advertisement
Source : automotivexist.blogspot.com

Seputar Penyebab Rem Blong Pada Motor di Rem Cakram

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Penyebab Rem Blong Pada Motor di Rem Cakram