Peluang Usaha Budidaya Jahe Merah Yang Menggiurkan

- Januari 16, 2017

Peluang Usaha Budidaya Jahe Merah Yang Menggiurkan

 
Peluang Usaha Budidaya Jahe Merah - Jahe adalah satu dari sekian banyaknya tumbuhan yang tumbuh subur di Indonesia. Jahe adalah tanaman rempah-rempah yang mempunyai tidak sedikit manfaat untuk kesehatan. Selain itu jahe juga mampu di manfaatkan sebagai pelengkap bumbu masakan menjadikan tak heran apabila jahe Amat di butuhkan tidak sedikit orang.

Ada setidaknya 3 jenis jahe yang ada di Indonesia. Semisal jahe gajah/badak, jahe putih/kuning serta yang terakhir merupakan jahe merah. Serta pada kesempatan di artikel ini, seribupeluang akan membagikan referensi usaha budidaya jahe merah. Jahe merah dibandingkan yang dengannya jahe lainnya mempunyai peminat yang tidak sedikit. Itulah kenapa tidak sedikit orang yang menggeluti usaha jahe merah di bandingkan usaha jahe lainnya.
Peluang Usaha Budidaya Jahe Merah Yang Menggiurkan

Satu dari sekian banyaknya kelebihan jahe merah merupakan kandungan minyak asirinya yang jauh lebih tidak sedikit. Selain itu manfaat jahe merah Amat tidak sedikit semisal untuk menghangatkan badan, meringankan masuk angin malah beberapa penelitian menyebutkan jika jahe merah mampu menangkal radikan bebas.

Kenapa Perlu membudidayakan jahe merah?
Alasan yang mungkin mendasari mengapa kita Perlu membudidayakan jahe merah merupakan :
- Permintaan pasar terhadap jahe merah yang tinggi baik lokal maupun internasional
- Jahe merah mampu di tanam di seluruh tempat termasuk di lahan yang sempit yakni mengandalkan polybag atau sak
- Cukup gampang perawatannya
- Modal awal yang relatif tidak banyak (tergantung skala budidaya)


Peluang Usaha Budidaya Jahe Merah serta Analisa Modal




1. Modal Awal



Untuk memulai usaha jahe merah yang dengannya skala kecil di butuhkan modal sekitar 1 jutaan rupiah, yang dengannya asumsi :

- Polybag 4 x @Rp.25.000,- (@ isi 29 ) = Rp. 100.000,-
- Bibit Jahe : 100 x Rp. 3.500,- = Rp. 350.000,-
- Pupuk, obat serta alat = Rp. 400.000,-
- Lain-lain = Rp. 150.00,-
Menjadikan total biaya yang di butuhkan sekitar Rp. 1.000.000,-. Akan tetapi itu cuma sekedar analisa, mampu lebih mampu kurang tergantung skala budidaya serta harga kebutuhan usaha budidaya jahe ini. Selain mempergunakan polybag kamu juga mampu mempergunakan sak karung ukuran kecil-sedang.


2. Penanaman



Sesudah seluruh kebutuhan di atas lengkap maka langkah selanjutnya merupakan penanaman. Tahap pertama yang Perlu di lakukan ialah penyemaian bibit yang membutuhkan waktu sekitar 5-6 hari hingga keluar tunas. Selanjutnya tunas jahe di pindahkan ke media semisal polybag.

Yang perlu di perhatikan, polybag diisi yang dengannya campuran tanah serta bokashi yang dengannya perbandingan 3 : 1. Dimana tanah lebih tidak sedikit dari bokashi. Setiap polybag, isi yang dengannya dua tunas jahe merah. Di minggu pertama, usahakan menyirami tunas sehari-hari di pagi serta sore hari. Hal yang telah di sebutkan di lakukan agar bibit jahe tidak gampang layu.

Jika memasuki umur 2 bulanan, lihat apakah telah muncul rimpang. Apabila rimpang telah muncul di permukaan, timbun yang dengannya campuran tanah serta bogashi. Lakukan hal ini terus menerus hingga jahe merah siap panen sekitar 8-10 bulanan. Untuk hasil yang maksimal, kamu mampu menambahkan pupuk organik cair yang di jual di toko obat organik.


3. Perkiraan Penghasilan



Dari 100 bibit jahe yang di budidayakan, kamu mampu meraup keuntungan hingga puluhan juta. Waktu ini dari 1 polybag/sak karung mampu menghasilkan jahe hingga 20 kg malah lebih. Itu pengertiannya jika kamu menanam jahe sebanyk 20 sak karung, kamu mampu mendapatkan 400 kg setiap panen. Jika harga per kilonya Rp. 25.000,- maka kamu mampu mendapatkan keuntungan sebesar Rp. 10.000.000,-.

Baca Juga : Bisnis di Internet Bagi Mahasiswa Yang Menjanjikan


Perkiraan di atas cuma sekedar asumsi saja, seluruh tergantung berapa tidak sedikit jahe yang di hasilkan serta berapa harga pasaran jahe. Demikianlah yang dapat kami bagikan, mudah-mudahan referensi usaha budidaya jahe berguna bagi kamu. Thanks telah membaca usaha budidaya jahe merah yang menjanjikan. Source / Referensi : seribupeluang.blogspot.com

Seputar Peluang Usaha Budidaya Jahe Merah Yang Menggiurkan

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Peluang Usaha Budidaya Jahe Merah Yang Menggiurkan