Keuntungan Memasang Relay Pada Sistem Kelistrikan Mobil

- Januari 12, 2017

Keuntungan Memasang Relay Pada Sistem Kelistrikan Mobil

 
Advertisement





Manfaat memasang relay pada mobil - relay ialah adalah sebuah komponen kelistrikan yang biasanya Suka kali didapati pada rangkaian kelistrikan kendaraan beroda empat yang berfungsi untuk memutuskan serta menyambungkan arus listrik dari baterai langsung menuju ke beban didasari sifat kemagnetan.


Macam Macam relay


Didalam kelistrikan kendaraan beroda empat kita setidaknya mengenal dua macam relay, yang pertama merupakan relay type resistor serta yang kedua ialah relay type elektromagnetik. Dari keduanya, relai type elektromagnetik ini merupakan type relay yang paling tidak sedikit digunakan dalam sebuah rangkaian kelistrikan kendaraan beroda empat. Serta pada kesempatan di artikel ini kita akan fokus membahas relay kendaraan beroda empat yang type elektromagnetik saja.
fungsi relay manfaat relay

Untuk relay jenis elektromagnetik ini juga mempunyai tidak sedikit type lagi yang diantaranya merupakan relai 3 kutub, relai 4 kutub normal open, relay 4 kutub normal closed, switch relay model engsel serta lain sejenisnya.


Cara kerja relay


Didalam sebuah rangkaian relay biasanya terdapat terminal terminal relay semisal terminal 85, 86, 87 serta 30. Untuk prinsip kerja relay type normal open, jika terdapat arus yang dialirkan melalui terminal 86 ke kumparan serta juga ke massa melalui terminal 85, maka secara otomatis didalam kumparan tadi akan terjadi kemagnetan yang selanjutnya akan menarik pluyer / kontaktor, menjadikan hasilnya merupakan arus yang dari terminal 30 akan mampu mengalir ke terminal 87. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambaran dibawah ini :
diagram relay


#Fungsi serta manfaat memasang relay di kendaraan beroda empat


Pemasangan relay pada instrumen kelistrikan kendaraan beroda empat biasanya dipasangkan pada rangkaian system kelistrikan kendaraan beroda empat yang membutuhkan arus besar semisal headlamp, horn / klakson, system AC, system radiator serta lain sejenisnya. Yang dengannya memasangkan relay pada system kelistrikan kendaraan beroda empat tentu saja mempunyai tidak sedikit manfaat atau keuntungan yang mampu anda sekalian peroleh, yang diantaranya merupakan sebagai yang akan di sajikan kali ini :


1. Memperpanjang usia saklar / sebagai saklar otomatis


Yang dengannya mengaplikasikan relay pada system kelistrikan yang membutuhkan arus besar, maka arus listrik tidak akan melewati saklar lagi karena sesudah dipasang relay, fungsi saklar hanyalah sebagai pembangkit induksi magnet didalam relay, sedangkan arus nya akan langsung dialirkan dari baterai ke beban ( lampu, horn, kompressor AC dll ). Yang dengannya demikian terjadinya bunga api didalam saklar / switch waktu kita menyalakan system kelistrikan mampu diminimalkan sekecil mungkin atau malah tidak terjadi percikan bunga api. Nah karena itu saklar lampu lampu tidak akan gampang rusak.


2. Mengurangi hambatan arus / menaikkan arus


Yang dengannya ditambahnya relay pada system kelistrikan akan membuat daya yang berasal dari baterai akan langsung diterima beban semisal lampu kendaraan beroda empat, klakson serta lain sebagainya tanpa Perlu melalui saklar lagi, Yang dengannya demikian mampu kita simpulkan penambahan relay ini dapat memperpendek sirkuit / rangkaian menjadikan membuat arus listrik tidak berkurang / melemah. Yang dengannya begitu nyala lampu akan menjadi lebih terang serta juga jika diaplikasikan kedalam rangkaian klakson, bunyi klakson akan lebih nyaring.


3. Pengaman rangkaian kelistrikan


percis halnya yang dengannya fuse atau sekring, relay yang dipasang didalam system rangkaian kelistrikan kendaraan beroda empat juga mempunyai fungsi layaknya fuse yakni sebagai pengaman sirkuit dari arus pendek.
Untuk mengenal serta mengetahui fungsi relay secara lengkap baca goresan pena kami yang lain di :

Baca : Fungsi relay didalam sistem rangkaian kelistrikan kendaraan


Nah bila pada rangkaian kelistrikan didalam kendaraan beroda empat kamu semisal pada headlamp ataupun klakson belum dipasangkan relay, kamu mampu mencoba memasangkan relay pada rangkaian yang telah di sebutkan serta rasakan perbedaannya. Mudah-mudahan memberikan manfaat.
Advertisement
Source : automotivexist.blogspot.com

Seputar Keuntungan Memasang Relay Pada Sistem Kelistrikan Mobil

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Keuntungan Memasang Relay Pada Sistem Kelistrikan Mobil