Pengertian Torsi Dan Horse Power HP

- Desember 03, 2016

Pengertian Torsi Dan Horse Power HP

 
Advertisement





Apa itu torsi dan horse power alias HP - mungkin di indera pendengaran anda sekalian telah tidak asing yang dengannya kedua istilah diatas antara horse power serta juga torsi di dunia otomotif khususnya bila kita membahas mengenai jeroan atau spek mesin. Nah bagi yang telah lama nongkrong didunia otomotif pasti telah mengerti serta paham yang dengannya istilah ini, lalu bagaimana yang dengannya yang masih awam, belum mengerti serta terkadang malu bertanya menjadikan tahu istilahnya akan tetapi tidak paham mengenai apa yang dimaksud.
Nah pada edisi di artikel ini kami akan menjelaskan secara gamblang mengenai apa itu Torsi serta HP atau Horse Power pada sebuah mesin baik itu mesin motor roda dua maupun motor roda empat.


Arti Horse Power HP pada mesin ( satuan tenaga kuda )


Istilah ini pertama kali diperkenalkan oleh satu dari sekian banyaknya insinyur yang ada di negara Skotlandia, ia menjelaskan bahwasanya kuda poni mempunyai kemampuan rata rata dalam mengangkut beban seberat 550 pounds atau setara yang dengannya 249,4 kilogram yang dengannya jarak sejauh 30,48cm dalam kurun waktu 1 detik. Nah dari berat sebesar 550 pounds ini kemudian dikalikan 60 detik menjadikan menghasikan angka 33.000 foot pounds / minute. Kemudian selanjutnya temuan ini dia yang nantinya dijadikan landasan dasar dari ukuran 1 HP atau 1 Horse Power ( tenaga kuda ) ini.
Lamborghini Aventador LP700

Kesimpulan dari horse power atau tenaga kuda ini kurang lebih merupakan, sebuah kemampuan yang mampu mengangkut sebuah beban didalam jangka waktu tertentu atau jumlah tenaga yang mampu dikeluarkan atau dihasikan oleh sebuah mesin dalam waktu tertentu.


Pengertian Torsi pada mesin


Sedangkan torsi sendiri mempunyai maksud, suatu gaya yang dibutuhkan untuk memutar sebuah benda pada titik porosnya. Keberadaan torsi ini mempunyai arti yang begitu penting guna menggerakkan kendaraan bermotor mulai dari keadaan diam, hingga bergerak atau melaju. Besar kecilnya sebuah torsi yang ada pada mesin ini jug mempunyai pengaruh pada percepatan perubahan letak suatu kendaraan dari titik yang satu ke titik yang lain. Torsi mampu juga disebut yang dengannya ukuran dari tenaga yang diperoleh oleh mesin kendaraan.


Fungsi dari horse power serta torsi


Dari pengertian yang telah dijelaskan diatas maka kita mampu menarik sebuah kesimpulan bahwasanya keberadaan torsi serta juga HP ini mempunyai kaitan yang erat walaupun keduanya mempunyai perbedaan. Horse power diharapkan untuk menjaga agar laju kendaraan tetap kencang serta semakin kencang, sedangkan torsi dibutuhkan oleh mesin untuk mampu bergerak yang kemudian nantinya akan menghasilkan HP.

Baca juga : Cara kerja teknologi NOS pada mesin mobil


Semisal sederhananya merupakan sebagai berikut : sebuah kendaraan sedang melaju yang dengannya kecepatan yang tinggi, maka torsi yang diharapkan hanyalah tidak banyak, Akan tetapi agar kecepatan dari kendaraan tadi tetap stabil di kecepatan yang lebih kencang lagi, maka kendaraan yang telah di sebutkan membutuhkan Horse Power yang lebih tidak sedikit lagi. Demikian sebaliknya bila kendaraan beroda empat yang dalam keadaan diam akan bergerak maka dibutuhkan sebuah torsi yang besar serta tidak banyak horse power.
Advertisement
Source : automotivexist.blogspot.com

Seputar Pengertian Torsi Dan Horse Power HP

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian Torsi Dan Horse Power HP