Mengenal Apa Itu Direct Injection Pada Mesin Mobil

- Desember 22, 2016

Mengenal Apa Itu Direct Injection Pada Mesin Mobil

 
Advertisement





Mengenal mesin mobil direct injection - dari beberapa jenis system injeksi yang diaplikasikan kedalam system pembakaran mesin kendaraan beroda empat, terdapat beberapa jenis yang salah satunya merupakan Direct Injection atau injeksi langsung. Dimana pada mesin injeksi jenis direct injection ini ujung nozzle penyemprot bahan bakar berada didalam area ruang bakar, menjadikan waktu mesin melakukan langkah hisap serta kompresi, maka bahan bakar kendaraan akan langsung disemprotkan kedalam ruang bakar melalui ujung nozzle bahan bakar.
Secara umum desain dari mesin direct injection ini hampir sama, cuma saja mungkin perbedaan yang menonjol antara kendaraan beroda empat yang satu yang dengannya yang lainnya merupakan posisi atau peletakannya saja.
mesin direct injection


Direct Injection pada mesin diesel


Untuk cara kerja dari mesin diesel direct injection ini posisi nozzle bahan bakar berada tepat diruang bakar, serta prosesnya merupakan disaat piston melakukan langkah hisap kemudian kembali melakukan kompresi, sebelum derajat pengapian menyentuh titik mati atas ( TMA ) bahan bakar solar akan langsung disemprotkan kedalam ruang bakar menjadikan terjadilah proses pembakaran. Beberapa jenis mesin diesel ada yang mempergunakan busi pijar yang Amat bermanfaat untuk membantu menyalakan mesin kendaraan beroda empat sewaktu kondisi mesin dingin, misalnya waktu menyalakan mesin dipagi hari dimana kondisi udara lembab serta dingin, sewaktu udara ini dikompresi tidak menghasilkan cukup panas untuk menyalakan solar, serta disinilah peran dari busi pijar dimainkan.

Baca juga : Penyebab dan atasi mesin hilang kompresi


Direct Injection pada mesin bensin


Untuk model mesin bensin yang mengaplikasikan system Direct Injection ini posisi nozzle bahan bakarnya masih sama yakni berada serta menghadap langsung ke ruang bakar. Untuk proses kerjanya merupakan pada waktu piston melakukan langkah hisap maka bahan bakar akan langsung disemprotkan melalui nozzle kedalam ruang bakar. Baru kemudian waktu piston melakukan langkah kompresi, sebelum piston menyentuh titik mati atas busi akan langsung memantikkan percikan bunga api yang nantinya memicu terjadinya proses pembakaran didalam ruang bakar.
Setiap teknologi tentu mempunyai kelebihan serta juga diikuti yang dengannya kekurangannya masing masing. Serta dibawah ini ialah beberapa kelebihan dan kekurangan dari mesin Direct Injection.


Keuntungan dari mesin Direct Injection


Mesin kendaraan beroda empat akan lebih cepat hidup atau gampang dinyalakan
Tingkat konsumsi bahan bakar lebih efisien atau irit
Efisiensi panas Amat baik mengingat ruang bakar yang dibutuhkan untuk mesin ini tergolong kecil


Kerugian dari mesin Direct Injection


Bunyi mesin kendaraan beroda empat Amat kasar, bising serta berisik
Nozzle bahan bakar Amat kecil menjadikan membuatnya lebih gampang tersumbat jika memakai bahan bakar berkualitas rendah
Tenaga atau output yang diperoleh cenderung kecil
Turbulensi yang diperoleh juga kecil disaat mesin dipacu pada kecepatan rendah

Baca juga : Tips perawatan mesin diesel agar selalu prima


Advertisement
Source : automotivexist.blogspot.com

Seputar Mengenal Apa Itu Direct Injection Pada Mesin Mobil

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Mengenal Apa Itu Direct Injection Pada Mesin Mobil