Cara Kerja Intercooler Pada Mesin Mobil

- Desember 03, 2016

Cara Kerja Intercooler Pada Mesin Mobil

 
Advertisement





Cara kerja intercooler - sesudah pada edisi sebelumnya kita telah membahas mengenai fungsi dan menfaat dari intercooler, pada kesempatan di artikel ini kita akan fokus untuk membahas bagaimana cara kerja intercooler pada mesin kendaraan beroda empat, khususnya untuk mesin kendaraan beroda empat diesel yang mempergunakan turbo.
Intercoler merupakan sebuah alat atau komponen yang mempunyai bentuk mirip yang dengannya radiator kendaraan beroda empat, cuma saja mempunyai fungsi yang berbeda, jika radiator ini fungsinya merupakan untuk mendinginkan air, sedangkan untuk intercooler sendiri fungsinya merupakan untuk mendinginkan udara yang diperoleh oleh mesin turbo sebelum dimasukkan kedalam ruang bakar.
cara kerja turbo intercooler



Cara kerja intercooler pada mesin mobil


Sebenarnya cara kerja dari intercooler ini Amat simpel sekali, yakni mendinginkan udara terkompresi yang diperoleh oleh mesin turbo yang semula bersuhu panas ( tinggi ) kemudian dialirkan kedalam kisi kisi intercooler ini. Selanjutnya udara yang mengalir didalam kisi kisi ini akan didinginkan oleh hembusan angin yang melewati kisi kisi intercooler menjadikan udara yang semula panas menjadi dingin, nah yang dengannya demikian partikel udara yang telah didinginkan ini menjadi lebih padat menjadikan sewaktu udara ini dimasukkan kedalam ruang bakar, kompresi yang diperoleh akan jauh lebih tinggi dibandingkan udara dari mesin turbo yang tidak didinginkan mempergunakan intercooler.
Yang dengannya tinggi nya kompresi mesin membuat tenaga yang diperoleh menjadi jauh lebih besar lagi menjadikan efisiensi bahan bakar menjadi meningkat, dan mesin kendaraan beroda empat akan menghasilkan tidak banyak gas polutan karena kompresi yang tinggi ini membuat proses pembakaran menjadi lebih sempurna, pengertiannya tidak di dapati sisa bahan bakar yang tidak terbakar karena kebutuhan oksigen didalam mesin untuk proses pembakaran tercukupi.
Untuk lebih jelasnya silahkan kamu lihatgambar animasi dibawah ini :
cara kerja turbo intercooler


Posisi intercooler pada kendaraan


Untuk letak posisi intercooler ini pada sebuah kendaraan beroda empat haruslah di lokasi yang gampang dilalui udara bebas serta umumnya berada di dua lokasi yang berbeda, pertama intercooler diletakkan dibalik bemper depan kendaraan berurutan yang dengannya kisi kisi atau kondensor AC, kisi kisi radiator serta yang paling depan merupakan kisi kisi dari intercooler. Lokasi kedua merupakan terletak persis dibalik kap kendaraan beroda empat atau diatas mesin kendaraan beroda empat semisal yang ada pada kendaraan beroda empat Toyota Fortuner ataupun Toyota Hilux Double cabin. Dari kedua posisi ini lebih gampang yang berada dibagian atas mesin dalam hal membersihkannya. Perawatan dari intercooler ini terbilang simpel karena tidak di dapati hal khusus yang Perlu anda sekalian lakukan kecuali membersihkan kisi kisi intercooler dari kotoran yang menempel semisal debu ataupun dedaunan atau sampah plastik yang mungkin melekat agar kinerja nya menjadi maksimal.
Nah bagaimana apakah kamu telah paham bagaimana cara kerja dari intercooler yang terdapat pada mesin turbo ? Mudah-mudahan berguna serta silahkan dibantu share artikel ini. Untuk artikel lain yang masih ada kaitannya yang dengannya intercooler silahkan baca melalui daftar artikel dibawah ini :





Advertisement
Source : automotivexist.blogspot.com

Seputar Cara Kerja Intercooler Pada Mesin Mobil

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Kerja Intercooler Pada Mesin Mobil