12 Tempat Wisata di Sleman yang Paling Menarik

- Desember 03, 2016

12 Tempat Wisata di Sleman yang Paling Menarik

 
12 Tempat Wisata di Sleman yang Paling Menarik, Tempat Wisata Terindah - Sleman adalah nama sebuah Kabupaten yang terdapat di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta atau DIY. Kabupaten Sleman mempunyai potensi wisata yang Amat besar baik wisata alam, wisata sejarah, wisata keluarga dll. Wisata di Sleman ini tidak sedikit dikunjungi oleh para wisatawan karena tidak sedikit dijadikan sebagai paket wisata bersama obyek wsiata yang ada di Yogyakarta serta sekitarnya. Beberapa obyek wisata di Sleman mungkin tidak sedikit orang mengira termasuk wilayah Yogyakarta. Memanglah wilayah Kota Yogyakarta serta Kabupaten Sleman ini berimpitan menjadikan tidak sedikit yang tidak tahu batas-batas wilayah kedua daerah yang telah di sebutkan. Berikut merupakan 12 Tempat Wisata di Sleman yang Paling Menarik.


1. Candi Prambanan




Candi Prambanan tidak sedikit dikenal sebagai tempat wiata di Yogyakarta. Secara administratif wilayah wisata Candi Prambanan ini terletak di dua Provinsi yakni Provinsi DIY serta Provinsi Jawa Tengah. Di Provinsi DIY masuk dalam Kabupaten Sleman. Tempat Wisata Candi Prambanan adalah sebuah wisata berupa candi peninggalan Agama Hindu yang dibangun pada abad ke 9. Candi Prambanan telah ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO. Selain karena sejarahnya yang menarik untuk dipelajari, Candi Prambanan juga erat hubungannya yang dengannya sebuah mitos perihal Roro Jonggrang serta Bandung Bondowoso. Tempat Wisata di Sleman ini dapat dikatakan sebagai wisata yang paling favorit karena tiap hari ramai yang dengannya pengunjung.


2. Candi Boko




Lokasi tempat wisata Candi Boko terletak tidak jauh dari Candi Prambanan. Apabila kamu berkunjung ke Candi Prambanan, tak lengkap rasanya apabila belum mengunjungi Candi Boko. Menurut mitos yang berkembang, Candi Boko ini merupakan bekas kerajaan Ratu Boko, yang adalah ayah dari Roro Jonggrang. Candi Boko berada di dua dukuh yakni Dukuh Dawung, Desa Bokoharjo serta Dukuh Sumberwatu, Desa Sambireja, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Obyek wisata di Sleman Situs Ratu Boko ini sedang diajukan menjadi Situs Warisan Dunia.


3. Candi Kalasan




Candi Kalasan masih terbilang dekat yang dengannya tempat Candi Prambanan. Akan tetapi keberadaan destinasi wisata Sleman Candi Kalasan ini kurang tidak sedikit dikunjungi oleh para wisatawan. Lokasi Candi Kalasan merupakan di Jl. Raya Yogya Solo Km 14 Kalibening, Desa Tirtomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Candi Kalasan merupakan peninggalan Agama Budha serta adalah candi tertua di Daerah IStimewa Yogyakarta.


4. Kaliurang




Kaliarang merupakan tempat wisata di Sleman yang terletak di lereng Gunung Merapi. Daerah ini terkenal yang dengannya suasananya yang sejuk. Tidak sedikit warga Yogyakarta yang berlibur ke Kaliurang waktu musim liburan tiba. Ada beberapa spot wisata yang ada di Daerah Kaliurang ini. Yang paling terkenal merupakan gardu pandang Gunung Merapi. Disini kamu dapat melihat puncak Gunung Merapi secara langsung mempergunakan teropong. Selain itu ada juga taman bermain serta panggung hiburan. Kaliurang juga terkenal yang dengannya Resot Kaliurang serta agrowisatanya. Tanaman yang tidak sedikit dibudidayakan merupakan aneka buah da sayuran.


5. Sendratari Ramayana




Sendratari Ramatana merupakan pertunjukan berupa seni drama serta tari yang mengisahkan kisah Ramayana. Pertunjukan Seni Drama serta Tari Ramayana diadakan di panggung teater terbuka di dekat Daerah Candi Prambanan. Jika cuaca tidak mendukung pertunjukan ini diadakan di dalam ruangan gedung Trimurti. Pertunjukan ini telah menjadi wisata di Sleman yang ramai dikunjungi baik oleh turis lokal maupun mancanegara.


6. Monumen Yogya Kembali




Wisata bersejarah di Sleman ini meskipun berada di dekata Kota Yogyakarta akan tetapi sebenarnya masih termasuk dalam wilayah Kabupaten Sleman. Monumen Yogya kembali Suka disingkat yang dengannya Monjali, dimana moumen ini dibangun sebagai pengingat akan jasa para pahlawan yang gugur di medan perang Serangan Umum 1 Maret 1949 melawan penjajah Belanda. Yang dengannya serangan ini akhirnya pada 29 Juni 1949 Tentara Belanda ditarik dari Yogyakarta serta menandai kembalinya Yogyakarta ke dalam kekuasaan RI.


7. Museum Affandi




Affandi merupakan maestro pelukis yang Amat terkenal di Indonesia. Karya-karya Affandi didokumentasikan dalam Museum Affandi ini yang terletak di pinggir sungai Gajah Wong, atau di Jalan Laksda Adisucipto Nomor 167 Yogyakarta. Para penikmat seni lukis dapat mengunjungi museum ini serta melihat ratusan lukisan karya besar pelukis Affandi. Museum Affandi adalah wisata Sleman yang layak untuk dikunjungi terutama bagi kamu pecinta seni.


8. Museum Gunung Merapi




Museum Gunung Merapi dibangun di Jln. Boyong, Dusun Banteng, Desa Harjobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Lokasi ini berjarak sekitar 5 km dari tempat Kaliurang menjadikan masih termasuk dalam lereng Gunung Merapi. Kita tahu bahwasanya Gunung Merapi merupakan gunung teraktif di dunia. Setiap kali meletus akan menimbulkan bencana yang luar biasa bagi penduduk di sekitar Gunung Merapi. Museum Gunung Merapi ini dibangun sebagai media pendidikan bagi masyarakat akan aspek teknis vulkanologi hingga masalah sosial serta budaya dari Gunung Merapi ini.


9. Museum Dapur Tradisional




Museum Dapur Tradisional mempunyai koleksi yang Amat unik yakni berupa peralatan dapur tradisional sejak zaman dahulu. Museum Dapur Tradisional ini terdapat di desa wisata Kembangarum, Turi, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Wisata museum di Sleman ini dapat dijadikan sebagai wisata pendidikan bagi putra-putri kita agar dapat mengenal sejarah perkembangan peralatan rumah tangga dari yang masih kuno hingga yang modern.


10. Museum Dirgantara Mandala




Museum Dirgantara Mandala menyimpan diorama serta miniatur aneka macam jenis pesawat, pesawat terbang yang bersejarah dan peralatan serta persenjataan pesawat terbang. Museum Dirgantara terdapat di dekat Kompleks Lanud Adisucipto. Wisata di Sleman ini Amat digemari oleh putra-putri kita serta dapat dijadikan sebagai ajang pengenalan pesawat terbang kepada orang-orang.


11. Kinahrejo




Kinahrejo adalah dusun tempat tinggal Mbah Maridjan semasa masih hidup dulu. Kini dusun Kinahrejo telah hancur total akibat letusan Gunung Merapi pada 26 Oktober 2015. Sisa sisa perkampungan di Kinahrejo ini saat ini menjadi obyek wisata Sleman yang Amat diminati oleh pengunjung. Alamat lengkap Kinahrejo merupakan di Dusun Kinahrejo, Desa Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Disini pengunjung dapat melihat sisa lava yang menumpuk, barang barang yang menjadi saksi keganasan lava Gunung Merapi serta disediakan juga macam-macam souvenir hasil karya penduduk sekitar.


12. Goa Jepang




Ada dua buah Goa Jepang yang dapat dikunjungi di Kabupaten Sleman, yakni Gua Jepang yang berada di Dusun Blambangan, Desa Jogotirto, Kecamatan Berbah dan Goa Jepang yang ada di sisi barat bukit Plawangan, Kaliurang. Kedua goa ini adalah goa yang dijadikan sebagai bunker pertahanan semasa pendudukan Jepang.
Ada tidak sedikit cara untuk berwisata di Sleman, salah satunya merupakan yang dengannya menyewa kendaraan beroda empat di rental kendaraan beroda empat yang tidak sedikit terdapat di Sleman. Jika kamu ingin menyewa kendaraan beroda empat untuk kebutuhan transportasi di Sleman serta sekitarnya kamu dapat menyewa kendaraan beroda empat di Docar. Docar adalah sebuah perusahaan jasa transportasi baru yanng menyediakan sewa kendaraan beroda empat yang dengannya harga yang terjangkau. kamu dapat langsung mengunjungi situs orang-orang di DOcar sewa mobil Jogja.
Demikian tadi 12 Tempat Wisata di Sleman yang Paling Menarik pilihan dari kami tempatwisatadaerah.blogspot.com. Mudah-mudahan yang dengannya berita objek wisata diatas dapat memberikan tidak banyak pencerahan bagi kamu yang akan berkunjung ke Kabupaten Sleman. (Baca juga : Tempat Wisata di Yogyakarta Lengkap ) Source : tempatwisatadaerah.blogspot.com

Seputar 12 Tempat Wisata di Sleman yang Paling Menarik

Advertisement
 

Cari Artikel Selain 12 Tempat Wisata di Sleman yang Paling Menarik