Mengenal Lebih Dekat Sistem Pernapasan Pada Pisces

- November 30, 2016

Mengenal Lebih Dekat Sistem Pernapasan Pada Pisces

 


A. SISTEM PERNAPASAN


Pernapasan atau respirasi merupakan menghirup udara dari luar yang mengandung oksigen (O2) kedalam tubuh dan menghembuskan udara yang tidak sedikit mengandung karbondioksida (CO2) sebagai sisa dari oksidasi keluar dari tubuh. Sisa respirasi berperan untuk menukar udara ke permukaan dalam paru-paru.
Udara masuk serta menetap dalam system pernafasan serta masuk dalam pernafasan otot menjadikan trakea dapat melakukan penyaringan, penghangatan serta melembabkan udara yang masuk, juga melindungi organ lembut. penghisapan ini disebut inspirasi serta menghembuskan disebut ekspirasi


Adapun fungsi pernapasan, yakni :




  1. Mengambil oksigen yang kemudian dibawa oleh darah keseluruh tubuh (sel-selnya) untuk mengadakan pembakaran

  2. Mengeluarkan karbon dioksida yang terjadi sebagai sisa dari pembakaran

  3. Melembabkan udara.



Alat-alat pernapasan yang telah di sebutkan berperan dalam proses pemasukan oksigen dari lingkungan luar dalam tubuh dan pengeluaran karbondioksida dari tubuh ke lingkungan luar. Alat – alat pernapasan pada hewan berbeda-beda sesuai yang dengannya perkembangan struktur tubuh serta tempat hidupnya.
Alat respirasi pada hewan bervariasi antara hewan yang satu yang dengannya hewan yang lain, ada yang berupa paru-paru, insang, kulit, trakea, serta paru – paru buku, malah ada beberapa organisme yang belum mempunyai alat khusus menjadikan oksigen berdifusi langsung dari lingkungan ke dalam tubuh, misalnya pada hewan bersel satu, porifera, serta coelenterata. Pada ketiga hewan ini oksigen berdifusi dari lingkungan melalui rongga tubuh.


System Pernafasan Pada Pisces


Ikan merupakan hewan yang cuma dapat hidup di air ikan akan bernapas yang dengannya insang yang terdapat pada sisi kiri serta kanan kepala. Ikan yang bertulang sejati, misalnya ikan mas serta ikan mujair, mempunyai tutup insang atau operculum.ikan bertuang rawan, misalnya ikan pari,tidak mempunyai operculum. Insang mempunyai lembaran-lembaran halus yang tidak sedikit mengandung kapiler darah.
Insang dimiliki oleh jenis ikan (pisces). Insang berbentuk lembaranlembaran tipis berwarna merah muda serta selalu lembap. Bagian terluar dare insang berhubungan yang dengannya air, sedangkan bagian dalam berhubungan erat yang dengannya kapiler-kapiler darah.
Tiap lembaran insang terdiri dare sepasang filamen, serta tiap filamen mengandung tidak sedikit lapisan tipis (lamela). Pada filamen terdapat pembuluh darah yang mempunyai tidak sedikit kapiler menjadikan memungkinkan OZ berdifusi masuk serta CO2 berdifusi keluar. Insang pada ikan bertulang sejati ditutupi oleh tutup insang yang disebut operkulum, sedangkan insang pada ikan bertulang rawan tidak ditutupi oleh operkulum.



Sistem pernapasan pada pisces
System pernapasan pada pisces

Insang tidak saja berfungsi sebagai alat pernapasan akan tetapi dapat pula berfungsi sebagai alat ekskresi garam-garam, penyaring makanan, alat pertukaran ion, serta osmoregulator. Beberapa jenis ikan mempunyai labirin yang adalah perluasan ke atas dari insang serta membentuk lipatan-lipatan menjadikan adalah rongga-rongga tidak teratur.
Labirin ini berfungsi menyimpan cadangan O2 menjadikan ikan tahan pada kondisi yang kekurangan O2. Semisal ikan yang mempunyai labirin merupakan: ikan gabus serta ikan lele. Untuk menyimpan cadangan O2, selain yang dengannya labirin, ikan mempunyai gelembung renang yang terletak di dekat punggung.
Mekanisme pernapasan pada ikan melalui 2 tahap, yakni inspirasi serta ekspirasi. Pada fase inspirasi, O2 dari air masuk ke dalam insang kemudian diikat oleh kapiler darah untuk dibawa ke jaringan-jaringan yang membutuhkan.
Sebaliknya pada fase ekspirasi, CO2 yang dibawa oleh darah dari jaringan akan bermuara ke insang serta dari insang diekskresikan keluar tubuh. Selain dimiliki oleh ikan, insang juga dimiliki oleh katak pada fase berudu, yakni insang luar. Hewan yang mempunyai insang luar sepanjang hidupnya merupakan salamander.
Baca juga


Mohon sertakan link ini http://www.biologiedukasi.com/2016/10/mengenal-lebih-dekat-sistem-pernapasan.html

Sekali lagi mohon jika ingin meng-copy paste artikel ini sertakan link artikel ini http://www.biologiedukasi.com/2016/10/mengenal-lebih-dekat-sistem-pernapasan.html
Source : www.biologiedukasi.com

Seputar Mengenal Lebih Dekat Sistem Pernapasan Pada Pisces

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Mengenal Lebih Dekat Sistem Pernapasan Pada Pisces