Meningkatkan Trafik Toko Online - Dewasa ini, model belanja online makin ramai dan cukup booming di kalangan anak muda hingga dewasa. Munculnya toko online menjadi fenomena tersendiri dalam menyambut antusias pasar online yang semakin besar. Faktor kemudahan bagi konsumen dalam berbelanja membuat prospek bisnis ini selalu meningkat dari tahun ke tahun. Di sisi lainnya, peluang yang sangat menggiurkan menjadi motivasi bagi pelaku bisnis online dalam berlomba-lomba untuk membuat toko online. Namun demikian, banyaknya toko online yang ada tidak serta merta mendapatkan perhatian pengunjung untuk membeli.
Trafik Dan Kesuksesan Toko Online
Kesuksesan toko online dapat diukur dari seberapa besar trafik pengunjungnya. Trafik pengunjung makin besar, maka toko online makin ramai. Meski tidak semua pengunjung pasti melakukan transaksi, namun peluang untuk menghadirkan transaksi di dalamnya juga besar bila dibandingkan dengan toko online yang bertrafik rendah.
Mengingat pentingnya trafik bagi toko online, maka Anda harus selalu memperhatikan statistik trafik secara berkala. Jika ternyata masih rendah, maka mulai sekarang segeralah bertindak untuk mengatasinya. Artikel dari
seribupeluang berikut mengulas bagaimana cara
meningkatkan trafik pengunjung toko online. Kami sudah mengumpulkan paling tidak 11 cara atau tahapan yang bisa Anda
coba untuk meningkatkan trafik toko online yang nantinya bisa
meningkatkan panjualan. Langsung ini dia ulasannya.
Cara Meningkatkan Trafik Pengunjung Toko Online
1. Berikan Deskripsi Produk Yang Informatif
Jangan pernah menganggap sepele deskripsi produk. Banyak pelaku online yang malas membuatkan deskripsi produk bagi barang dagangannya. Padahal deskripsi ini menentukan tingkat kenyamanan bagi pelanggan dan berujung pada meningkatnya penjualan. Lengkapi deskripsi produk seperti detail nama merk dan kode produk, detail spesifikasi, serta kekurangan dan keunggulannya. Sehingga calon pembeli telah mempertimbangkan sepenuhnya sebelum benar-benar membeli.
2. Sematkan Review Produk Dari Pembeli
Buatlah kolom khusus untuk penulisan review bagi pelanggan yang pernah membeli sebuah produk. Memang tidak mudah meminta review dari pembeli. Namun Anda dapat melakukannya dengan cara memberikan insentif berupa voucher, diskon dan lainnya. Atau bisa pula membuat review dalam format lain seperti blog dan situs lainnya. Manfaatkan para blogger yang memiliki blog ber-page rank bagus untuk membuat review produk dan menautkan link di dalamnya.
Selain menambah keyakinan calon pembeli, review produk juga bermanfaat untuk mendongkrak SEO toko online. Konten review akan memadatkan keyword. Disamping itu, secara otomatis toko online terupdate dengan adanya review tersebut. Sehingga makin baik dalam peringkat hasil pencarian Google.
3. Judul Menarik Dan Komersial
Judul memegang peranan penting bagi hadirnya trafik pengunjung. Hal ini disebabkan karena minimnya konten yang terdapat di dalam toko online. Sehingga pastikan judul memiliki keyword yang tepat dan pemakaian kalimat yang menjual. Anda bisa melakukan riset keyword terlebih dahulu guna mendapatkan kata kunci yang tepat. Kemudian kombinasikan dengan kalimat yang menjual, seperti jual murah, harga drop, jual berdiskon dan sebagainya.
4. Buat Halaman Petunjuk Pembelian
Pedoman pembelian atau buyer’s guide adalah panduan bagi pembeli dalam bertansaksi, dari awal pemilihan barang hingga selesai bertransaksi. Pedoman pembelian ini bermanfaat untuk membantu pengunjung menentukan pilihan produk, meningkatkan kepercayaan calon pembeli, dan mendongkrak kualitas toko online secara keseluruhan. Yang harus diperhatikan dalam pembuatan halaman pedoman pembelian adalah pemakaian kata-kata yang mudah dipahami, tidak bertele-tele, konten menarik agar calon pembeli mau membaca hingga akhir dan juga pemakaian bahasa yang ramah dan mudah di mengerti.
5. Buat Forum Diskusi Di Dalam Website
Situs ecommerce seperti amazon, eBay dan lainnya berhasil memanfaatkan forum diskusi untuk menjaring pengunjung. Forum diskusi dapat berupa komunitas dalam platform tanya jawab. Manfaatnya memiliki forum komunitas seperti ini selain menjaring pengunjung adalah menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan dan sebagai wadah untuk menaikkan reputasi toko online. Disamping itu juga dapat menaikkan SEO toko online sekaligus menaikkan trafik toko online di masa mendatang. Dimana website akan senantiasa terupdate setiap kali terdapat tanya jawab di dalamnya. Yang perlu diperhatikan adalah bagaimana agar forum diskusi ini tetap bersih dari kemungkinan terjadinya miss communications dengan pelanggan. Untuk itu, sediakan staff khusus yang mengelola forum komunitas diskusi ini.
6. Fasilitasi Pengunjung Untuk Mencari Produk Yang Sejenis
Navigasi toko online yang baik akan menurunkan tingkat bounce rate. Artinya, pengunjung tidak segera pegi dari website, melainkan tetap mengakses konten toko online yang lain dalam rangka membandingkan setiap produk sejenis yang ditawarkan. Maka sediakan navigasi yang mudah untuk mengakses semua produk yang sejenis dan produk terkait.
7. Manfaatkan Media Sosial
Tidak dapat dipungkiri, bahwa jejaring sosial termasuk situs yang paling sering diakses di seluruh dunia. Media sosial kini tidak hanya sebagai ajang komunikasi, pertemanan, dan lainnya, namun sudah menjadi arena bisnis yang sangat menggiurkan. Didukung dengan banyaknya akun yang saling bertautan satu sama lain makin mempermudah dan mempelruas area pemasaran.
8. Manfaatkan Direktori Katalog Online
Daftarkan setiap produk ke dalam direktori katalog online untuk mendapatkan trafik yang lebih banyak. Selain itu, backlink yang didapatkannya pun bisa menambah kualitas dan kepadatan SEO serta menaikkan page rank website toko online. Tentu saja hal ini akan memperbaiki posisi toko online dalam hasil pencarian google. Cara ini juga cukup efektif untuk meningkatkan trafik sebuah toko online. Karena sepinya toko online terkadang juga di pengaruhi oleh banyak hal, baca selengkapnya pada
Kesalahan Fatal Penghambat Bisnis Toko Online, Wajib Baca!
9. Aktif Blogwalking
Blogwalking adalah kegiatan saling mengunjungi blog atau website orang lain. Aktifitas blogwalking dapat berupa saling komentar dan follow blog. Sehingga blogwalking jadi sarana efektif dalam memperkenalkan toko online ke sesama admin situs atau blogger. Peluang mendatangkan trafik makin tinggi dampak dari backlink yang dikaitkan di dalamnya.
10. Aktif Di Forum Online
Selain mengelola forum komunitas diskusi sendiri, ada baiknya juga menjadi member aktif pada situs forum online seperti kaskus, detik forum, ads.id dan sebagainya. Forum online juga sarana yang tepat dalam mempercepat naiknya trafik. Apalagi Anda termasuk member yang aktif memberikan jawaban dan solusi dari setiap kesulitan dari member lainnya.
11. Promosi
Cara yang satu ini merupakan cara instan yang bisa anda lakukan, hanya saja untuk promosi di media besar seperti televisi dan internet perlu biaya yang tidak sedikit. Untuk toko online saja sebaiknya tidak perlu promosi ke media televisi, karena hal tersebut bisa menghabiskan biaya yang besar. Cukup promosi di internet melalui perikalan seperti Google Adwords, iklan di situs-situs yang kredibel atau iklan di Youtube.
Cara ini tentu sangat efektif untuk mendongkrak pengunjung harian, dan biasanya cara ini banyak di lakukan untuk menghemat biaya promosi. Mungkin dengan budget bulanan 500 ribuan sampai 1 juta sudah cukup.
Baca Juga : 5 Pekerejaan Freelance Terbaik Mudah dan Menjanjikan
Untuk mendatangkan banyak trafik pengunjung memang tidak lah gampang, terlebih untuk toko online. Namun hal tersebut juga bukan hal yang mustahil, dengan metode-metode yang tepat di sertai kerja keras pasti toko online akan membludak dengan sendirinya. Demikian beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan trafik pengunjung toko online Anda. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan terimakasih sudah membaca Cara Meningkatkan Trafik Toko Online.