Beberapa Jenis Gangguan dan Penyakit Pada Organ Telinga

- November 29, 2016

Beberapa Jenis Gangguan dan Penyakit Pada Organ Telinga

 


Gangguan pendengaran luar



1. Otalgia


Rasa nyeri pada pendengaran.
Penyebabnya : akibat adanya iritasi local karena tidak sedikit kondisi serta dapat juga penyebabnya yaitu oleh nyeri pindahan dari laring serta faring. Nyeri disebabkab oleh nyeri yang terjadi didekat sendi temporomandibularis.


2. Inpaksi serumen





Gangguan dan Penyakit Pada Organ Telinga
Gangguan serta Penyakit Pada Organ Pendengaran

secara normal serumen dapat tertimbun dalam kanalis eksternus serta dalam jumlh serta warna yang bervariasi. Meskipun biasanya tidak perlu dikeluarkan, kadang-kadang daapat mengalami impaksi, menyebabkan otalgia rasa penuh dalam pendengaran, atau kehilangan pendengaran. Usaha membersihkan kanalis auditorius yang dengannya batang korek api, jepit rambut atau alat lainnya mampu berbahaya karena syok terhadap kulit dapat menghasilkan infeksi atau kerusakan gendang pendengaran.


3. Benda asing


kadang-kadang benda mampu masuk tanpa disengaja kedalam pendengaran yang mencoba membersihkan kanalis esternus atau mengurangi gatal. Efeknya dapat berkisar dari tanpa tanpa gejala hingga gejala nyeri berat serta penurunan pendengaran. Serangga yang memasuki pendengaran biasanya dapat dikeluarkan yang dengannya meneteskan tetes telingan yang akan melunakkan serangga serta memungkinkannya terbilas.


4. Otitis eksterna


Infeksi utmanya bakteri, jamur, adalah masalah yang paling Suka pada pendengaran. Kebanykan penyebab otitis eksterna (infeksi pendengaran luar) termksud air dalam kanalis audotorius eksternus( pendengaran perenang)


5. Otitis eksterna maligna


Bentuk yang jarang akan tetapi lebih serius infeksi infeksi pendengaran luar merupakan otitis eksterna maligna ( osteomielitis tulang temporal ). Adalah infeksi progesif, melemahkan malah terkadang fatal pada kanalis auditorius eksternus, jaringan sekitarnya, serta dasar tengkorak. Biasanya penyebabnya yaitu oleh Pseudomonaas Aeruginosa pada klien yang dengannya ketahanan rendah terhadap infeksi, semisal diabetes.penanganan yang sukses meliputi pengontrolan diabetes, pemberian antibiotika ( biasanya intravena ), serta perawatan luka local proaktif.
Penanganan antibiotika parenteral standar meliputi kombinasi bahan anti pseudomonas serta aminoglikosida, keduanya mempunyai potensial efek samping serius. Karena aminoglikosida serum klien serta fungsi ginjal serta auditori klien Perlu dipantau selama terapi. Perawatan local meliputi debridement dibatasi jaringan yang terinfeksi, termasuk tulang serta kartilago, tergantung peluasan infeksi.


6. Massa ditelinga luar


Tampak penonjolan tulang kecil, keras dibagian tulang posterior bawah kanalis pendengaran yang dinamakan eksostosis. Biasanya terjadi bilateral. Kulit yang menutupinya normal. Tidak sedikit orang menganggap eksostosis penyebabnya yaitu karena pemajanan terhadap air dingin, semisal pada penyelam atau atlet selancar.
Tumor maligna juga dapat didapati ditelinga luar. Tumor yang paling tidak sedikit merupakan karsinoma sel basal pada pina serta karsinoma sel skuamosa dalam kanalistelinga. Bila tidak ditangani, karsinoma sel skuamosa akan menyebar melalui tulang temporal, menyebabkan paralisis nervus fasialis serta kehilangan pendengaran. Karsinoma Perlu ditangani secara bedah.


Baca Juga











Mohon sertakan link ini http://www.biologiedukasi.com/2016/11/beberapa-jenis-gangguan-dan-penyakit.html

Sekali lagi mohon jika ingin meng-copy paste artikel ini sertakan link artikel ini http://www.biologiedukasi.com/2016/11/beberapa-jenis-gangguan-dan-penyakit.html
Source : www.biologiedukasi.com

Seputar Beberapa Jenis Gangguan dan Penyakit Pada Organ Telinga

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Beberapa Jenis Gangguan dan Penyakit Pada Organ Telinga