Pengertian Gardan Dan Fungsi Gardan Pada Mobil

- Januari 03, 2017

Pengertian Gardan Dan Fungsi Gardan Pada Mobil

 
Advertisement





Pengertian fungsi gardan mobil - differensial atau yang biasa disebut gardan merupakan satu dari sekian banyaknya komponen paling penting yang ada pada kendaraan bermotor khususnya kendaraan roda empat. Gardan atau differential ini merupakan satu dari sekian banyaknya komponen yang masih termasuk bagian dari system penggerak kendaraan menjadikan keberadaannya sangatlah dibutuhkan. Fungsi utama dari gardan ini merupakan untuk meneruskan tenaga putar yang diperoleh oleh mesin kendaraan beroda empat menuju roda roda penggerak yang sebelumnya tenaga putar ini dihubungkan ke system kopling - transmisi - batang propeller serta selanjutnya merupakan gardan.


Pengertian gardan / diffirential


Diambil dari bahasa inggris "differential" yang mempunyai arti "beda", jadi arti dari gardan ini kurang lebih merupakan komponen yang berfungsi sebagai "pembeda". Pembeda dalam hal apa ? khusus di dunia otomotif, pembeda yang dimaksud disini merupakan untuk membedakan gerakan putar antara poros ban kiri serta kanan kendaraan waktu belok.
gardan mobil

Selain berfungsi untuk meneruskan gaya gerak dari mesin ke poros penggerak sebenarnya gardan juga mempunyai fungsi lain yang mungkin saja masih jarang orang yang tahu, oleh karena itu pada goresan pena di artikel ini selain membagikan wacana pengertian gardan atau differential, kami juga akan memberikan pejelasan singkat mengenai fungsi dari gardan kendaraan beroda empat.


Fungsi Gardan atau Differential




1. Gardan sebagai pembeda putaran poros roda antara kiri serta kanan


Fungsi utama dari gardan atau differensial ini merupakan sebagai pembeda gerak putar antara poros atau as roda bagian kiri serta bagian kanan kendaraan. Yang dengannya adanya perbedaan putar ini dia radius belok kendaraan beroda empat menjadi lebih pendek menjadikan kendaraan beroda empat tidak perlu berputar lebih jauh disaat belok full. Selain mempermudahkan kendaraan beroda empat pada waktu belok, yang dengannya adanya perbedaan putaran antara roda kiri serta kanan kendaraan beroda empat membuat satu dari sekian banyaknya ban tidak mengalami slip yang cuma akan membuatnya cepat aus serta rusak.

Baca juga : Fungsi batang propeller pada mobil



2. Gardan sebagai penerus tenaga putar mesin menuju poros penggerak


Gardan selain mempunyai fungsi sebagai pembeda gerak antara poros roda bagian kiri serta kanan juga mempunyai fungsi lainnya yakni sebagai penerus tenaga putar yang diperoleh oleh mesin menuju poros roda penggerak, dalam hal ini merupakan ban kendaraan.


3. Gardan merubah arah putar sebesar 90 derajat


Yang dengannya adanya gardan pada kendaraan ini, maka tenaga putar yang semula lurus dari mesin - transmisi - kopling akan diubah menjadi sebesar 90 derajat menjadikan dapat memutar poros roda penggerak. Coba hayalkan tanpa adanya gardan ini, mungkin kendaraan beroda empat jalannya tidak lagi kedepan atau kebelakang melainkan menyamping ke kiri ataupun kekanan layaknya kepiting :).
Pengertian Gardan Dan Fungsi Gardan Pada Mobil


4. Meningkatkan tenaga putar / momen


Yang dengannya adanya gardan ini maka tenaga ptar yang diperoleh oleh mesin mampu ditingkatkan lebih besar lagi serta selanjutnya tenaga ini akan disalurkan ke poros poros roda penggerak. Hal ini mampu kamu lihat dimana gigi pinion gear yang ukurannya kecil ini memutar ring gear yang ukurannya lebih besar.

Baca juga : Ketahui masalah yang kerap terjadi pada gardan mobil


Nah mungkin urian diatas telah lebih dari cukup agar kamu dapat memahami apa itu gardan serta apa saja fungsi dari gardan yang ada pada kendaraan beroda empat, mudah-mudahan memberikan manfaat.
Advertisement
Source : automotivexist.blogspot.com

Seputar Pengertian Gardan Dan Fungsi Gardan Pada Mobil

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian Gardan Dan Fungsi Gardan Pada Mobil