Mengenal Oli Sintetik Dan Segudang Kelebihannya

- Januari 30, 2017

Mengenal Oli Sintetik Dan Segudang Kelebihannya

 
Advertisement





Kelebihan oli sintetik mesin mobil - dasarnya memang oli mesin kendaraan beroda empat dibagi menjadi dua golongan, yang pertama ialah oli mineral yang dibuat dari hasil tambang minyak bumi yang selanjutnya dilakukan pemprosesan secara khusus menjadikan terbentuklah oli yang nantinya disebut yang dengannya oli mineral. Serta golongan jenis oli yang kedua ialah oli jenis sintetik atau sintetic oil yang dibuat dari bahan baku non minyak bumi, dalam artian bahan baku dari oli sintetik ini merupakan selain dari minyak bumi, mampu mempergunakan senyawa buah buahan ataupun senyawa lain yang diproses yang dengannya lebih rumit ketimbang proses pembuatan oli mineral.
Dari kedua proses pembuatan oli, pembuatan oli sintetik ini mempunyai tahapan yang jauh lebih rumit karena dalam proses pembuatannya,perlu memisahkan banyak sekali kandungan senyawa yang kurang baik terhadap mesin semisal senyawa nitrogen, sulfur serta senyawa lainnya menjadikan tidak menimbulkan pembentukan reaksi oksida serta asam menjadikan merusak komponen mesin.
TGMO full sintetic

Jadi kesimpulannya ialah kualitas dari oli sintetik ini jauh lebih tidak jelek alias bagus, selain itu proses pembuatan serta bahan baku pembuatannya tidak terpaku pada hasil minyak bumi saja, Karena tingkat produksinya yang Amat amat sulit dan banyaknya kelebihan yang dimiliki oleh oli jenis sintetis, maka wajar saja jika harga dari oli sintetis ini Amat tidak murah malah harganya mampu mencapai 3 kali lipat dari harga oli mineral biasa.

Baca juga : Waspada bahaya sering gonta ganti merk oli mesin




Apa saja kelebihan dari oli sintetik / sintetis ini ?


Karena oli ini mampu dikategorikan oli premium tentu saja tidak sedikit kelebihan yang ditawarkan oleh oli sintetis ini yang diantaranya ialah sebagai yang akan di sajikan kali ini :


1. Tahan di suhu ekstrim


Satu kelebihan dari oli jenis sintetis ini yang tak dimiliki oleh oli mineral ialah tingkat ketahanan yang Amat tinggi di cuaca ekstrim, semisal misalnya jika oli sintetis digunakan pada mesin kendaraan di daerah bersalju, maka oli ini tidak dapat membeku walaupun suhu jauh berada di suhu minus 0 derajat sekalipun. Serta juga oli sintetis ini juga tahan terhadap suhu panas yang ekstrim dimana oli sintetis ini tingkat kekentalannya mampu stabil serta tidak cepat encer. Berbeda halnya yang dengannya oli mineral yang jika kendaraan beroda empat digunakan di daerah bersuhu panas, ataupun mesin kendaraan beroda empat disaat mencapai suhu panas maka kekentalannya mampu berganti. Suhu oli yang memanas biasanya rentan menimbulkan reaksi kimia semisal reaksi asam serta juga reaksi oksida yang mampu merusak mesin, akan tetapi pada oli jenis sintetis hal ini tidak terjadi. Meskipun terjadi pun tingkatannya jauh lebih rendah dibandingkan oli mineral.


2. Oli sintetis bebas dari unsur logam berbahaya


Karena oli ini merupakan jenis oli buatan maka dalam produksinya ada tahapan pemisahan antara kandungan oli murni yang dengannya beberapa senyawa kimia yang mampu membahayakan mesin semisal unsur karbon reaktif, senyawa sulfur serta nitrogen. Menjadikan yang dengannya minusnya kandungan logam didalam oli sintetis membuat oli menjadi lebih awet serta tidak gampang meninggalkan residu atau kerak pada mesin kendaraan beroda empat.

Baca juga : Bagus mana antara oli sintetis dengan oli mineral



3. Mempunyai bentuk molekul yang sama


Pernahkah kamu melihat iklan oli sintetis astrol dimana pada iklan ini menjelaskan bahwasanya molekul dari oli sintetis ini mempunyai ukuran yang lebih kecil serta juga sama, menjadikan yang dengannya begitu oli sintetis ini mampu untuk masuk ke celah terkecil dari bagian mesin kendaraan beroda empat tanpa adanya hambatan.


4. Lebih tahan dari reaksi oksidasi serta penguapan


Oli sintetis ini tidak gampang bereaksi yang dengannya oksigen yang masuk kedalam ruang mesin yang mampu menyebabkan kekentalan dari oli yang telah di sebutkan berganti serta mampu merubah senyawa kimia dari oli. Selain itu oli sintetis ini juga tidak gampang menguap di suhu tinggi.



5. Usia pakai oli sintetis lama


Semisal yang telah kami jelaskan diatas bahwasanya oli sintetis ini dibuat yang dengannya teknologi tinggi yang mampu menghasilkan oli yang dengannya kualitas yang unggul, menjadikan membuat usia pakai oli sintetis ini menjadi jauh lebih lama daripada oli mineral / standard. Perbandingan antara oli mineral yang dengannya oli sintetis ini malah mampu 1:3 yang pengertiannya jika oli mineral mampu digunakan serta bertahan cuma 10.000km, maka untuk oli sintetis ini mampu digunakan serta mampu bertahan hingga 30.000km.


6. Tidak menyumbat lubang saluran oli


Pada sebuah mesin kendaraan beroda empat tidak sedikit lubang lubang yang digunakan untuk mendistribusikan oli agar mampu melumasi seluruh komponen mesin yang dengannya baik. Beberapa oli mineral ada yang mampu mengendap serta menimbulkan jelaga / residu yang dapat menyumbat lubang distribusi oli yang telah di sebutkan. Sedangkan untuk oli sintetis tidak demikian, oli sintetis ini hampir dipastikan tidak meninggalkan jelaga atau residu apapun menjadikan seluruh komponen mesin terhindar dari yang namanya endapan oli.


7. Membuat tarikan mesin enteng


Kamu mampu membandingkannya sendiri jika kamu pernah mempergunakan oli mineral biasa serta beralih untuk mempergunakan oli sintetis. Karena kondisi oli sintetis ini lebih encer akan tetapi tetap stabil pada suhu panas maupun dingin, membuat tarikan mesin kendaraan beroda empat menjadi lebih enteng serta lebih bertenaga. Mengapa demikian ? ibaratnya orang sedang berenang, tentu gerakan kamu lebih gesit disaat berenang di air daripada di kubangan lumpur bukan ? Itulah sebabnya mengapa hampir seluruh kendaraan beroda empat sport serta kendaraan beroda empat balap mempergunakan oli jenis sintetis. Malah untuk waktu ini kendaraan beroda empat mewah tidak disarankan memakai oli mineral serta lebih dianjurkan untuk memakai oli sintetis untuk menjaga performa mesin kendaraan beroda empat.

Baca juga : Ketahui berbagai fungsi dari oli pada mesin kendaraan



Catatan penting


Untuk penggunaan oli mineral ini juga tidak mampu dilakukan secara sembarangan, kamu Perlu mengerti serta tahu mesin kendaraan beroda empat kamu membutuhkan oli mesin yang dengannya standar SAE berapa, apakah 10w-40, 20w-40, 20w-50 serta lain sebagainya. Kamu mampu memeriksa buku tatacara pemilik untuk mengetahui hal ini atau konsultasikan ke bengkel resmi untuk memperoleh infromasi lengkapnya.
Untuk pembelian oli sintetis pun Amat disarankan membeli di dealer / bengkel resmi yang ada dikota kamu karena selain kualitasnya terjamin, kamu juga mendapatkan garansi jika melakukan penggantian di bengkel resmi yang telah di sebutkan.
Advertisement
Source : automotivexist.blogspot.com

Seputar Mengenal Oli Sintetik Dan Segudang Kelebihannya

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Mengenal Oli Sintetik Dan Segudang Kelebihannya