Contoh Peluang Modal Kecil – Kisah Sukses Wirausahawan Muda

- Januari 30, 2017

Contoh Peluang Modal Kecil – Kisah Sukses Wirausahawan Muda

 
Ada tidak sedikit orang pingin kerja sendiri yang dengannya menjalankan sebuah peluang usaha modal kecil rumahan karena memanglah makin sulitnya mencari peluang kerja di sektor formal waktu ini. Akan tetapi demikian, banyak sekali orang terasa ragu disaat akan memulai bisnis di rumah, entah karena orang-orang cuma mempunyai modal pas-pasan atau kecil, tidak mempunyai pengalaman sebelumnya, galau mencari usaha modal kecil apa yg cocok atau tidak tahu cara memulainya serta alasan-alasan lainnya menjadikan menjadikan ragu untuk melangkah.
Jika para pembaca merupakan satu dari sekian banyaknya diantara tidak sedikit orang yang galau mau memulai bisnis kecil apa yang cocok untuk sampingan di rumah, maka dalam artikel ini, kami ingin memberikan beberapa semisal beberapa pengusaha yg pada awal mulanya memulai kerja di rumah yang dengannya modal yang kecil akan tetapi hingga saat ini masih tetap bertahan serta berkembang.


Semisal Sukses Wirasaha Modal Kecil


1. Kerajinan Bambu Hasilkan 40 Juta Sebulan. Butuh kreativitas agar bisnis bisa berkembang serta maju telah tidak sedikit dibuktikan oleh tidak sedikit wirausahawan. Salah satunya merupakan Warsito, seorang pengusaha bonggol bambu (akar bambu) yang disulapnya menjadi macam-macam bentuk kerajinan tangan yang laku di pasaran. Bekas mahasiswa di Jogya itu telah menekuni usaha kerajinan akar bambu lebih dari 12 tahun belakangan ini yang dengannya membuat aneka macam hiasan dari akar bambu berbentuk bebek, bangau, kuda hingga wajah kita-kita.
contoh usaha modal kecil
Kerajinan Tangan dari Akar Bambu
Pengusaha kerajinan tangan yang pernah menggeluti bisnis perabotan rumah semisal meja kursi bambu akan tetapi kini beralih kepada produksi hiasan bambu berbentuk binatang yang telah di sebutkan mengakui bahwasanya jiwa seni serta hobinyalah yang menjadi modal utamanya menjalankan bisnis di rumah. Saat ini dia telah sukses memperoleh omzet penjualan hingga 40 juta rupiah per bulan dari hasil produksi bengkel bambu yang dengannya 4 karyawan harian yang dipekerjakan di bengkel yang telah di sebutkan.
Pendapatan kotor sebesar itu didapatkan memanglah tidak mampu dipastikan rutin setiap bulan karena tergantung kepada besar kecilnya permintaan atau pesanan produk. Namun jika ada tidak sedikit pesanan maka dia mampu menambah tenaga harian lepas untuk menghasilkan kerajinan tangan dari bambu agar mampu tepat waktu hingga ke tangan pelanggan.
Menurut Warsito, kunci keberhasilan selama 1 dasarwarsa lebih menjalankan bisnisnya merupakan kemampuan menjaga kualitas produk menjadikan tidak mengecewakan para pelanggan disamping segi harga yang Perlu mampu bersaing serta kerja keras untuk mempertahankan apa yang pernah dicapai. Peluang usaha dari bambu ini memanglah masih terbuka luas, asalkan setiap orang mampu mendapatkan ide unik serta baru untuk mengolah bambu menjadi sebuah produk kerajinan tangan yang mempunyai nilai jual tinggi.
2. Pengusaha Keripik Talas Lebay. Mungkin nama Rini Sumiarsih masih Amat asing di pendengaran kita, akan tetapi sebenarnya ibu rumah tangga ini mampu menangkap peluang usaha kecil rumahan yang mengangkat perekonomian keluarga yang dengannya cara berjualan keripik Talas. Awal memulai bisnis keripik Talas yang ditekuninya sebenarnya dilakukan yang dengannya tanpa sengaja sekaligus “keterpaksaan”. Lho, kok mampu terpaksa? Ya, karena terdesak oleh kebutuhan sehari-hari menjadikan Perlu mencari jalan lain buat menutup kebutuhan hidup. Rini merupakan seorang ibu rumah tangga yang dengannya 3 orang anak yang pernah berprofesi sebagai pengajar PAUD serta suaminya sendiri merupakan padagang bakso goreng keliling yang dengannya penghasilan 15 – 20 ribu sehari. Jadi dalam sebulan, keluarga ini mempunyai penghasilan rata-rata cuma 600 ribu per bulan, jadi mampu dibayangkan bagaimana susahnya memutar uang segitu buat menambal kebutuhan sehari-hari. Akhirnya, yang dengannya segala resiko kerugian yang siap menghadang, Rini memutuskan untuk mncoba berjualan keripik dari bahan Talas karena melimpahnya bahan baku Talas di desa Mayak kecamatan Cibeber kabupaten Cianjur Jawa Barat.
Di desanya, Talas biasanya cuma direbus lalu dimakan untuk jajanan sahabat minum kopi atau teh di waktu pagi atau sore hari, belum ada orang yang mencoba membuat keripik dari bahan Talas. Keberanian mengambil keputusan untuk mencoba menjadikan Talas sebagai keripik merupakan sebuah ide cemerlang yang pernah terlintas di pikiran Rini karena dia langsung mencoba membuat keripik Talas yang dengannya rasa asin karena cuma produk keripik Talas rasa asin itu sajalah yang mampu dibuatnya waktu itu. Untuk tes pasar, sebelum dia memproduksi yang dengannya skala besar serta menjualnya ke pasar, Rini memberikan hasil keripiknya kepada para tetangga untuk mengetahui apakah orang-orang mampu mendapatkan hasil produksinya. Sebenarnya, para tetangga suka yang dengannya hasil yang telah di sebutkan serta singkat cerita akhirnya Rini dibantu suami memproduksi keripik berbahan baku Talas dalam skala agak besar karena orang-orang akan menjualnya ke pasar.
Pemilihan nama atau label Lebay buat produksi keripiknya bukanlah hal gampang dilakukan karena buat Rini serta suami menentukan nama produk tak semudah semisal memberikan nama pada anak. Namun, oleh karena para tetangga Suka menyebut Rini yang dengannya kata lebay, maka lalu diputuskanlah bahwasanya nama keripik Talas yang telah di sebutkan yang dengannya label Lebay. Untuk masalah pemasaran produknya, Rini yang dibantu suami melakukannya yang dengannya cara menitipkan ke toko atau warung di sekitar lingkungan orang-orang serta sebenarnya sambutan masyarakat Amat baik terhadap hasil produksi orang-orang. Pada bulan Pebruari tahun 2014, Rini mendapatkan bantuan teknis dari para mahasiswa Prasetiya Mulya Business School wacana bagaimana semisal usaha modal kecil yang baik yakni berupa bantuan tenaga produksi, pelatihan manajemen, serta dasar-dasar bisnis yang modern untuk mengangkat bisnis keripik yang telah di sebutkan menjadi lebih besar serta berkembang. Serta hasil dari bantuan yang telah di sebutkan Amat terasa dilihat dari meningkatnya pendapatan bersih Rini dalam seminggu mampu mencapai 300 ribu karena saat ini dia mampu membuat aneka rasa keripik semisal rasa balado serta keju. Jika sebelumnya pendapatan kotor mencapai 150 – 200 ribu seminggu, maka omzet 1,5 juta dalam seminggu mampu diperolehnya yang dengannya keuntungan bersih 300an ribu.
3. Hobi Yang Hasilkan Keuntungan 100 Juta Sebulan. Sebuah kesuksesan dapat dicapai yang dengannya cara lebih gampang jika ada passion waktu mengerjakan atau menekuni usaha apapun. Siapa sangka dari modal awal cuma sebesar 280 ribu, namun berkat kegemaran serta kejelian menangkap peluang bisnis maka seseorang dapat menghasilkan laba 100 juta sebulan. Hal ini dia yang dialami oleh Ari Setiayudha, bekas mahasiswa jurusan Komunikasi Universitas Gajah Mada Yogyakarta, yang mempunyai hobi nge-game kini mempunyai bisnis produksi seragam militer serta menjualnya tidak saja di Indonesia namun juga hingga ke luar negeri.
Pengusaha sukses asal Yogya itu memperoleh ide bisnis dari kegemarannya bermain permainan perang semisal Point Blank serta Counter Strike. Hobi bermain permainan yang telah di sebutkan sebenarnya memberikan inspirasi buatnya untuk perihal membuat seragam tentara atau perang buat para pecinta permainan semisal itu. Ari mulai usahanya yang dengannya modal awal cuma 280 ribu saja, uang sebesar itu dipakainya untuk membeli kain lalu menjahitkan kepada seorang penjahit sesuai permintaannya yakni model militer, itupun ongkos jahitnya Perlu berhutang dulu, kenangnya. Yang dengannya modal seragam sebiji yang telah di sebutkan, yang diberinya nama Molay Military Uniform Division, dimana nama Molay merupakan nama samaran (nick name) akun yang dipakainya waktu bermain permainan online. Ari lalu memberikan produk seragam militer yang telah di sebutkan melalui sosial media Facebook yang dikuasainya selama ini. Singkat cerita, baju rancangannya yang telah di sebutkan dibeli oleh seorang kolektor serta selanjutnya perlahan-lahan order atau pesanan mulai berdatangan melalui pemasaran via Facebook yang telah di sebutkan. Seragam desain Ari memanglah tergolong bukan barang murah karena dia membanderol harga berkisar antara 560 ribu hingga 2,3 juta per bijinya. Harga yang telah di sebutkan terbilang lumayan tidak murah, hal yang telah di sebutkan penyebabnya yaitu oleh bahannya khusus didatangkan dari Inggris , jadi wajar kalau hasil produksi yang telah di sebutkan berharga tinggi.
contoh usaha rumahan modal kecil untung besar
DOK. https://www.facebook.com/molaymud
Waktu ini, Ari yang mendapatkan penghargaan Juara I Youth Entrepreneur Festival Yogyakarta serta finalis Wirausaha Muda Mampu berdiri diatas kaki sendiri tahun 2011 itu, telah mampu menghasilkan omzet penjualan kisaran 100 juta sebulan. Omzet sebesar itu diperolehnya dari hasil penjualan bermacam modal seragam militer untuk penggemar atau juga kalangan militer dari dalam serta luar negeri semisal Amerika, Inggris, Kananda, Jerman, Arab serta negara-negara lain. Terlebih lagi, dalam hal mengembangkan bisnisnya, Ari tidak pernah berhutang kepada pihak lain menjadikan mampu mengembangkan usaha kecilnya yang dengannya tanpa tanggungan beban hutang. Walaupun, bisnisnya tidak mampu melaju yang dengannya cepat namun berkat ketekunan menyisihkan keuntungan untuk menambah kapasitas produksinya, maka secara perlahan akan tetapi pasti, Ari kinipun mulai melirik usaha sablon sebagai bagian yang menunjang produksi utama seragam militer Molay miliknya.
Dari ketiga contoh usaha modal kecil yang telah di sebutkan dapatlah ditarik sebuah kesimpulan simpel bahwasanya seorang pebisnis sejati haruslah mempunyai ide unik, mempunyai rasa antusias (passion) serta pandai menangkap peluang sekaligus menjadikannya sebuah keuntungan. Jadi, tak selamanya modal uang adalah penentu keberhasilan sebuah usaha. Jadi, siapapun Kamu, seorang ibu rumah tangga atau karyawan yang ingin mempunyai bisnis sampingan sendiri di rumah maka sebaiknya mulai mencari ide bisnis, menekuninya yang dengannya antusias menjadikan dapat mengkonversi peluang menjadi sebuah nilai yang mendatangkan keuntungan secara ekonomi. Selamat mencoba! Original Article : bisnisankecil.blogspot.co.id

Seputar Contoh Peluang Modal Kecil – Kisah Sukses Wirausahawan Muda

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Contoh Peluang Modal Kecil – Kisah Sukses Wirausahawan Muda