Masalah Yang Sering Timbul Pada Gardan Mobil

- Januari 21, 2017

Masalah Yang Sering Timbul Pada Gardan Mobil

 
Advertisement





Kerusakan pada gardan mobil - satu dari sekian banyaknya komponen yang mempunyai peranan penting pada kendaraan roda empat ialah gardan atau differential yang mempunyai fungsi paling utama sebagai pembeda putaran as roda kiri serta kanan pada kendaraan. Yang dengannya adanya gardan ini dia radius sudut belok kendaraan beroda empat menjadi lebih pendek.
Komponen differential ini terdiri dari beberapa rangkaian gear dan laher atau bearing yang dilengkapi yang dengannya oli pelumas agar gear yang ada didalam gardan tidak cepat aus serta rusak. Karena system kerjanya yang selalu bergesekan ini dia gardan akan cepat mengalami kerusakan jika kita hingga telat dalam melakukan penggantian oli gardan. Gear gardan yang telah aus ini selain menurunkan kinerja akselerasi disaat belok juga membuat bunyi dengung yang menganggu.
gardan mobil

Bunyi gardan yang mendengung dengung ini biasanya diakibatkan karena kondisi laher bearing ataupun gear yang ada didalamnya terlalu rapat ( tidak di dapati celah ) menjadikan timbul bunyi yang demikian.

Baca juga : Cara kerja fitur cruise control pada mobil


Selain bunyi dengung yang menjengkelkan layaknya bunyi pesawat terbang ini, ada juga beberapa masalah lain yang seringkali timbul pada gardan atau differential kendaraan beroda empat yang diantaranya merupakan sebagai berikut :


Gardan mobil terasa bergetar saat akselerasi


Terkadang gardan juga mampu bergetar disaat kendaraan beroda empat sedang dipacu dijalan raya, hal ini penyebabnya yaitu karena adanya satu dari sekian banyaknya atau komponen bearing yang ada didalam gardan kendaraan beroda empat rusak, hancur atau ambrol. Ambrolnya bearing yang ada didalam gardan ini pun dipengaruhi oleh tidak sedikit faktor, selain faktor usia mampu penyebabnya yaitu karena kualitas material yang digunakan tidak baik ( imitasi ) waktu melakukan penggantian, atau mampu juga karena penyetelan yang salah jika gardan pernah dibongkar.


Oli gardan bocor atau merembes


Masalah yang kerap kali menghampiri gardan selanjutnya merupakan karena adanya kebocoran ataupun adanya rembesan oli gardan yang keluar. Hal ini biasanya diakibatkan karena baut sumbat oli gardan kurang kencang, mampu juga karena sumbat oli tidak memakai packing baru. Jika gardan kendaraan beroda empat pernah dilakukan pembongkaran serta sebenarnya bocor kembali, besar kemungkinan karena sewaktu mekanik merakit kembali gardan, pemasangan packing kurang tepat serta atau karena cara pemberian lem sealer yang kurang rata menjadikan terjadi kebocoran berulang.


Oli gardan bocor karena Seal pinion gear yang telah aus


Ada beberapa kendaraan beroda empat yang juga mengalami kebocoran di bagian gardan tepatnya pada pangkal pinion gear, yakni sebuah gear yang menghubungkan antara ring gear menuju batang propeller. Di bagian pinion ini juga terdapat sebuah seal yang menahan agar oli gardan tidak bocor ataupun merembes melalui celah ini, serta karena mungkin usia seal yang telah tua serta aus membuat oli gardan mampu meresap serta merembes dari celah ini.


Oli gardan bocor karena Seal as roda sudah aus


Kebocoran oli gardan mampu juga melalui as roda belakang kendaraan beroda empat yang dikarenakan seal as roda juga mengalami keausan menjadikan lambat laun oli mampu bocor melalui bagian as roda, yang selanjutnya akan merembes kedalam drum brake serta mempengaruhi kinerja rem tromol belakang kendaraan beroda empat.


Adanya retak di bagian gardan


Kejadian retaknya gardan sebuah kendaraan memanglah Amat jarang sekali terjadi, akan tetapi tidak menutup kemungkinan bahwasanya kebocoran oli gardan mampu berasal dari retak pada bagian gardan, karena penulis sendiri pun pernah mendapati kendaraan beroda empat isuzu panther gardan nya retak sebesar rambut serta oli selalu keluar melalui celah retakan ini. Foto akan penulis upload untuk yang keretakan kecil ini, masih dicari di file folder soalnya :).



gardan mobil retak
Gardan kendaraan beroda empat retak




Baca juga : Ketahui penyebab mobil diesel masuk angin


Nah itulah tadi banyak sekali masalah yang sering kali menghampiri gardan mobil kesayangan kamu. Agar gardan kendaraan beroda empat selalu awet serta tidak terjadi kebocoran yang demikian sebaiknya lakukan perawatan pada bagian ini, semisal melakukan penggantian oli gardan tepat waktu, selalu mengganti packing sumbat oli yang dengannya yang baru setiap kali mengganti oli gardan, serta bila sewaktu waktu kamu Perlu membongkar gardan karena alasan tertentu di bengkel repair, pastikan gunakan lem serta packing berkualitas tidak jelek alias bagus agar tidak terjadi bocor berulang. Mudah-mudahan memberikan manfaat.
Advertisement
Source : automotivexist.blogspot.com

Seputar Masalah Yang Sering Timbul Pada Gardan Mobil

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Masalah Yang Sering Timbul Pada Gardan Mobil