Lebih Bagus Pakai Oli Sintetis Atau Oli Mineral ?

- Januari 02, 2017

Lebih Bagus Pakai Oli Sintetis Atau Oli Mineral ?

 
Advertisement





Memilih oli yang bagus untuk mobil - di dunia otomotif setidaknya kita mengenal 3 jenis oli mesin, yang pertama merupakan oli mineral, oli ini didapatkan dari pemrosesan mineral tambang hasil bumi, dalam hal ini merupakan minyak bumi. Selanjutnya oli semi sintetis yang berasal dari campuran antara oli mineral serta oli sintetis, serta yang ketiga merupakan oli Full Sintetis yang dibuat dari bahan dasar kimia buatan, bukan dari hasil bumi.
Nah lalu oli mana yang tidak jelek alias bagus diantara ketiga oli diatas ? apakah lebih tidak jelek alias bagus oli mineral ataukah bahkan lebih tidak jelek alias bagus oli sintetis ? untuk menjawab kebingungan kamu dalam memilih oli sintetis atau oli mineral, dibawah ini kami berikan tidak banyak gambaran mengenai oli mineral serta sintetis.
oli sintetis mesin mobil


Oli mineral


Semisal yang kami jelaskan diatas bahwasanya oli mineral ini dibuat dari minyak bumi yang diproses secara khusus menjadikan menghasilkan sebuah oli pelumas yang bermanfaat untuk melumasi mesin kendaraan. Karena oli mineral ini ialah hasil pemrosesan dari bahan baku minyak bumi, maka kepadatan molekulnya akan stabil atau tetap serta mampu melumasi bagian mesin yang dengannya Amat baik. Disamping itu,kelebihan dari jenis oli mineral harganya lebih murah jika dibandingkan yang dengannya oli semi sintetis ataupun yang full sintetis. Akan tetapi oli mineral ini lebih gampang mengendap serta berlumpur / menghitam dibandingkan oli yang sintetis. hal ini dikarenakan kekentalan oli mineral lebih kental.


Oli sintetis


Oli sintetis ialah oli mesin yang dibuat dari bahan sintetis atau buatan, jadi pengertiannya oli jenis ini tidak terbuat dari bahan tambang layaknya oli mineral. Bentuk dari oli sintetis ini juga jauh lebih encer ketimbang oli mineral, menjadikan hal ini akan memungkinkan oli sintetis mampu melumasi bagian atau celah paling kecil yang ada didalam mesin kendaraan beroda empat. Serta karena bentuk oli yang encer ini membuat daya tahan oli mampu bertahan lebih lama bila dibandingkan yang dengannya oli mineral. Oli sintetis ini juga tidak begitu tidak sedikit meninggalkan jelaga atau endapan menjadikan kondisi mesin kendaraan beroda empat menjadi jauh lebih bersih bila dibandingkan memakai oli mineral. Interval penggantian untuk oli jenis sintetis ini juga lebih lama, jika mempergunakan oli mineral kamu Perlu rutin menggantinya setiap 10.000km, maka yang dengannya mempergunakan oli sintetis ini kamu mampu menggantinya setiap 20.000 hingga 30.000km sekali, akan tetapi demikian harga yang ditawarkan untuk jenis oli sintetis ini mampu 3 kali lipat dari oli mineral.

Baca juga : Penyebab dan cara atasi air aki cepat habis / kering



Oli yang cocok untuk mobil anda apa ?


Nah untuk memilih oli paling baik untuk kendaraan kamu, anda sekalian juga Perlu melihat mobilnya juga, misalnya jika kendaraan beroda empat kamu merupakan kijang kapsul, Amat tidak disarankan mempergunakan oli sintetis karena selain harganya tidak murah, oli sintetis tidak cocok dipakai untuk kendaraan jadul atau model lama karena sebagian besar kendaraan beroda empat jadul melarang penggunaan oli jenis ini ( kecuali kendaraan beroda empat jadul yang diperbolehkan oleh manufaktur ). Begitu juga yang dengannya kendaraan model sport misalnya saja Toyota Camry, Corolla Altis serta sejenisnya lebih tidak jelek alias bagus mempergunakan oli model sintetis karena kendaraan beroda empat yang mempunyai performa tinggi semacam ini membutuhkan oli yang tidak terlalu kental menjadikan performa mesinnya tetap terjaga yang dengannya baik.
Kalau kendaraan beroda empat kamu merupakan kendaraan beroda empat biasa biasa saja, misalnya kijang innova, avanza, xenia serta sejenisnya untuk pemilihan jenis oli tergantung pertimbangan kamu. Jika punya uang tidak sedikit serta tidak ingin repot selalu ke bengkel untuk ubah oli maka oli sintetis merupakan pilihan yang tidak jelek alias bagus buat kamu. Akan tetapi bila kamu merupakan pemilik kendaraan beroda empat yang dengannya kantong yang pas pasan, akan jauh lebih tidak jelek alias bagus mempergunakan oli mineral karena harganya yang Amat terjangkau. Bila masih resah yang dengannya kedua pilihan diatas kamu masih mampu memilih jalan tengah yakni memakai oli semi sintetis.

Baca juga : Fungsi dan manfaat memasang oil cooler di mobil atau motor


Perbandingan harga oli mineral serta sintetis per liternya untuk oli mesin Genue Toyota waktu ini merupakan Rp 60.000 : Rp 120.000. Harga oli mesin sintetis jauh lebih tidak murah 3 kali lipat dari oli mineral. Nah dari penjelasan diatas silahkan kamu timbang serta pikirkan kembali mau mempergunakan oli jenis apa nantinya untuk kendaraan beroda empat anda sekalian. Mudah-mudahan berguna.
Advertisement
Source : automotivexist.blogspot.com

Seputar Lebih Bagus Pakai Oli Sintetis Atau Oli Mineral ?

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Lebih Bagus Pakai Oli Sintetis Atau Oli Mineral ?