Cara Mematikan Mesin Turbo Tanpa Pasang Turbo Timer

- Januari 10, 2017

Cara Mematikan Mesin Turbo Tanpa Pasang Turbo Timer

 
Advertisement





Cara mematikan mesin diesel turbo yang benar - satu dari sekian banyaknya kelebihan yang terdapat pada kendaraan bermesin diesel yang tak terbantahkan hingga waktu ini merupakan besarnya tenaga yang dimilikinya, hal ini dibuktikan hampir pasti seluruh kendaraan angkut mulai dari bus, truk, hingga kendaraan berat mempergunakan mesin diesel. Selain tenaga yang diperoleh lebih besar juga konsumsi bahan bakarnya yang irit jika dibandingkan yang dengannya kendaraan bermesin bensin.
Berbicara masalah mesin diesel yang ada pada kendaraan beroda empat, hampir rata rata kendaraan beroda empat keluaran terbaru mengaplikasikan turbocharger untuk lebih menggebrak tenaganya, menjadikan komponen turbo ini mampu dikatakan Amat penting. Akan tetapi sayang masih tidak sedikit pemakain kendaraan beroda empat bermesin diesel yang telah dilengkapi turbocharger tidak tahu bagaimana cara merawat komponen ini yang dengannya baik. Memanglah terlihat sepele akan tetapi jika turbocharger ini hingga rusak, bukan cuma performa mesin saja yang akan langsung drop, melainkan kantong kamu pun mampu jebol dibuatnya karena harga 1 set mesin turbo ini mampu mencapai diatas 3 juta rupiah.
Cara Mematikan Mesin Turbo Tanpa Pasang Turbo Timer


Baca juga : Mengenal nama komponen turbocharger dan fungsinya


Memanglah tidak tidak sedikit yang tahu bagaimana cara merawat mesin turbocharger di kalangan umum, selain penggunaan oli khusus untuk mesin turbo, yang tak kalah penting Perlu anda sekalian ketahui ialah bagaimana cara mematikan mesin kendaraan beroda empat yang baik serta benar agar komponen turbocharger ini tidak cepat rusak.


Jika mematikan mesin turbo secara tiba-tiba


Disaat kita menggeber kendaraan kemudian berhenti serta langsung mematikan mesin, maka secara otomatis system pelumasan dari mesin / pompa oli menuju poros turbin akan langsung terhenti waktu itu juga, padahal turbin masih terputar kencang sekali. Jika hal ini dilakukan secara terus menerus mampu mampu komponen yang ada didalam mesin turbo mampu rompal, ini dia alasan sebenarnya kita Perlu menunggu mesin idle terlebih dahulu. Yang dengannya menunggu mesin idle, maka turbin akan lebih lambat putarannya.


Cara mematikan mesin diesel turbocharger


Mematikan mesin diesel yang dilengkapi yang dengannya perangkat turbo ini tidak mampu dilakukan secara sembarangan, sebaiknya matikan mesin kendaraan beroda empat disaat kondisinya telah idle atau langsam. Untuk mengetahui mesin kendaraan beroda empat telah idle atau belum kamu mampu merasakan perbedaan bunyi mesin atau mampu melihat jarum penunjuk rpm mesin. Serta disaat mesin telah memasuki idle kamu mampu mematikan mesin kendaraan beroda empat. Hal ini bukanlah isapan jepol belaka mengingat didalam komponen turbo ini terdapat kipas baling baling atau turbin yang mampu terputar hingga diatas 80.000 malah 150.000 putaran per menitnya. Serta untuk menghindari kerusakan baik itu overheat ataupun keausan poros turbin maka didalam mesin turbo juga dilengkapi 2 saluran, saluran pertama merupakan saluran pendinginan dari radiator, serta saluran kedua merupakan saluran pelumasan guna menjaga poros turbin tidak cepat aus, maka dari itulah dibutuhkan pelumas khusus untuk mesin turbo, mengingat pelumasan ini juga berasal dari dalam mesin.


Memasang turbo timer di mesin diesel


Agar kamu tidak terlalu lama duduk didalam kendaraan beroda empat untuk menunggu mesin idle / langsam, kamu mampu memasang sebuah alat khusus yang bernama turbo timer, turbo timer ini merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk memberikan timer atau waktu jeda agar kendaraan tetap menyala walaupun kunci kontak di off kan serta dicabut. Timer ini dapat disetel dimulai dari 1 menit hingga 10 menit an, tergantung kamu mau memilih. Yang dengannya begitu kamu tidak usah Perlu menunggu mesin kendaraan beroda empat idle terlebih dahulu, yang dengannya memasang turbo timer kamu mampu langsung segera meng off kan serta mencabut kunci kontak dan meninggalkan kendaraan beroda empat di parkiran ( pastikan kamu telah mengunci pintu kendaraan beroda empat ). Untuk mengetahui detail fungsi dari turbo timer silahkan baca dibawah ini.

Baca : Fungsi turbo timer pada mesin diesel


Nah jadi kesimpulannya merupakan kamu tidak boleh mematikan mesin diesel yang dilengkapi dengan turbocharger secara mendadak, kamu mampu memilih untuk menunggu mesin agar idle terlebih dahulu, atau memasang alat yang mampu mematikan mesin secara otomatis yakni turbo timer pada kendaraan beroda empat kamu. Mudah-mudahan memberikan manfaat.
Advertisement
Source : automotivexist.blogspot.com

Seputar Cara Mematikan Mesin Turbo Tanpa Pasang Turbo Timer

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Mematikan Mesin Turbo Tanpa Pasang Turbo Timer