Bahaya Terlalu Banyak Mengisi Air Aki

- Januari 04, 2017

Bahaya Terlalu Banyak Mengisi Air Aki

 
Advertisement





Bahaya isi air aki kebanyakan - pada sebuah aki basah, keberadaan air aki sangatlah penting sekali, karena tanpa adanya cairan elektrolit didalamnya, kemampuan aki dalam menyimpan energi listrik menjadi berkurang atau tidak mampu sama sekal. Maka dari itu sebaiknya kita sebagai pemilik kendaraan beroda empat wajib memeriksa ketinggian air aki kendaraan beroda empat, setidaknya setiap satu bulan sekali kamu melakukan pemeriksaan ketinggian air didalam aki, jika ketinggiannya menurun atau berkurang dibawah garis, maka sesegera mungkin kamu lakukan penambahan.
Serta untuk menambah air aki ini tidak boleh terlalu tidak sedikit, cukup kamu tambahkan hingga batas maksimal yang biasanya terdapat pada body aki karena terlalu tidak sedikit memasukkan air aki ini juga dapat berdampak tidak baik bagi kesehatan aki kendaraan beroda empat. Serta beberapa hal dibawah ini yang akan terjadi jika anda sekalian memaksakan mengisi air aki terlalu tidak sedikit.
isi aki terlalu penuh


Air aki akan meluber


Didalam proses kerja aki, disaat sebuah aki dialiri arus listrik dari alternator, maka didalamnya akan terjadi reaksi kimia dimana nantinya akan menghasilkan uap air serta juga tidak banyak gelembung. Jika sebenarnya air aki ini terlalu penuh, mampu dipastikan air yang ada didalamnya akan keluar serta membasahi baik itu kutub aki maupun komponen lain yang ada didalam ruang mesin. Ingat bahwasanya air aki ini bersifat asam yang mampu menyebabkan timbulnya karat secara spontan serta mengikis body kendaraan beroda empat.


Timbulnya kerak aki atau jamur aki


Menyambung dari poin nomor satu diatas jika hingga air aki ini meluber serta mengenai bagian kutub aki, besi pengunci aki ataupun body kendaraan beroda empat, selain menimbulkan karat, kondisi yang lembab ini akan memudahkan jamur tumbuh subur di area yang telah di sebutkan. Maka dari itu sebaiknya jaga selalu ketinggian air aki, serta pastikan sesudah mengisi air aki sisa sisa cairan yang tercecet untuk segera di lap.


Rusaknya komponen penting disekitar aki


Selain menyebabkan karatan jika air aki ini hingga tumpah serta meluber dimana mana, mengisi air aki yang terlalu berlebih ini jika meluber juga akan berdampak fatal terhadap komponen lain yang ada disekitar aki, baik itu dibagian sisi samping ataupun dibagian bawah, terutama bagian sensor sensor. Beberapa kasus pada kendaraan beroda empat nissan yang mempunyai sensor matic tepat dibagian bawahnya, jika di kenai tumpahan aki brakibat kendaraan beroda empat tidak mampu jalan akibat rusaknya sensor, kasus ini pernah kami bahas pada goresan pena sebelumnya di : Nissan grand livina isi aki berlebihan sensor matic rusak


Memperpedek umur aki kendaraan beroda empat


Serta hal yang paling membahayakan jika mengisi air aki terlalu tidak sedikit malah hingga luber merupakan umur pakai aki menjadi pendek penyebabnya yaitu karena kinerja aki menjadi terganggu akibat kesalahan perawatan semisal ini. Serta pastinya jika umur aki menjadi pendek, kamu Perlu menggantinya yang dengannya aki kendaraan beroda empat yang baru.

Baca juga : Berbagai kerusakan yang sering menyerang aki mobil


Setiap komponen vital yang ada pada kendaraan tentu mempunyai cara perawatan dan ketentuannya masing masing, kita tidak boleh hingga melakukan kesalahan yang mungkin terlihat Amat sepele, akan tetapi mampu berakibat fatal. Mudah-mudahan memberikan manfaat.
Advertisement
Source : automotivexist.blogspot.com

Seputar Bahaya Terlalu Banyak Mengisi Air Aki

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Bahaya Terlalu Banyak Mengisi Air Aki