Cara Memasang Relay Pada Klakson Mobil

- Desember 05, 2016

Cara Memasang Relay Pada Klakson Mobil

 
Advertisement





Cara memasang relay klakson - satu dari sekian banyaknya cara yang mampu kita lakukan untuk perihal membuat bunyi klakson kendaraan beroda empat kita menjadi lebih nyaring adalahengan jalan memasangkan sebuah relay pada rangkaian klakson, yang dengannya penambahan relay pada system klakson, tentu arus listrik dibuat lebih pendek tanpa Perlu melewati saklar utama.
Yang dengannya lebih pendeknya sirkuit rangkaian ini, arus dari aki kendaraan beroda empat tidak akan berkurang serta akan langsung masuk kedalam horn menjadikan bunyi klakson pun menjadi nyaring.
Hal ini berbeda jika pada rangkaian klakson yang telah di sebutkan tidak dipasangkan relay, arus yang semula besar dari aki akan menuju ke saklar, dalam hal ini tombol klakson yang ada di setir kendaraan beroda empat menjadikan arusnya menjadi berkurang. Berkurangnya kuat arus ini dia yang menyebabkan klakson bunyinya terasa kurang nyaring.

Baca juga : Yuk mengenal sistem kelistrikan di sepeda motor



Wiring diagram relay pada klakson



rangkaian relay klakson mobil

Diatas merupakan diagram rangkaian relay pada system klakson kendaraan beroda empat yang mampu anda sekalian semisal, untuk penjelasannya merupakan sebagai berikut :
Kaki relay terminal 30 disambungkan langsung menuju kutub positif aki, untuk opsional kita mampu menambahkan sekring atau fuse untuk menjaga agar relay tidak gampang rusak jika terjadi arus pendek. Pastikan juga kamu memakai kabel warna merah berukuran besar disini.
Sedangkan kaki terminal 87 disambungkan menuju beban semisal klakson, lampu kendaraan beroda empat serta lain sebagainya. Karena kita waktu ini membahas mengenai relay pada klakson, maka kaki 87 ini disambungkan menuju ke klakson. Sedangkan arus negatif untuk klakson mampu langsung diambilkan ke massa atau ground di body kendaraan beroda empat.


Serta terakhir untuk kaki terminal nomor 85 serta 86 ini salah satunya dihubungkan ke massa / ground, serta sisanya dihubungkan ke tombol klakson serta dilanjutkan ke kutub positif aki kendaraan beroda empat. Jadi untuk kaki terminal 85 serta 86 ini terbalik tidak masalah karena fungsinya hanyalah sebagai aktivasi kemagnetan saja, dimana waktu tombol klakson ditekan membuat lilitan yang teraliri listrik berganti menjadi magnet yang nantinya akan menarik / menghubungkan arus dari terminal 30 menuju terminal 87.



Sekilas cara kerja relay 4 terminal




Sesuai yang dengannya namanya relai ini mempunyai 4 kaki atau terminal utama yakni terminal nomor 85, 86, 87 serta 30. Terminal 85 serta 86 ini merupakan satu rangkaian tertutup antara massa / ground - terminal 85 - kumparan relay - terminal 86 - tombol klakson - kutub positif aki. Dimana nantinya disaat tombol klakson ditekan maka pada kumparan akan terjadi gaya magnet yang mampu menghubungkan saklar didalam relay.


Sedangkan terminal 87 serta 30 ini merupakan rangkaian tertutup yang menghubungkan antara aki - terminal 30 - saklar relay - Terminal 87 - horn / klakson. Disaat tombol klakson ditekan, pada kumparan akan terjadi gaya kemagnetan yang nantinya mampu menyambungkan saklar relay ini, serta selanjutnya arus dari aki yang masuk melalui terminal 30 mampu terhubung ke terminal 87 menuju horn menjadikan klakson mampu menyala.


Tidak sedikit manfaat yang mampu diperoleh disaat kita menambahkan relay pada system kelistrikan semisal misalnya system klakson diatas Yakni mampu membuat besar bunyi klakson kendaraan beroda empat ( motor juga mampu ). Untuk kelebihan lainnya silahkan mampu membaca goresan pena kami lainnya yang membahas fungsi dari delay secara detail.

Baca juga : Berbagai manfaat pasang relay pada kelistrikan mobil dan motor


Advertisement
Source : automotivexist.blogspot.com

Seputar Cara Memasang Relay Pada Klakson Mobil

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Memasang Relay Pada Klakson Mobil