Bahaya Penggunaan Bensin Yang Mengandung Timbal

- Desember 29, 2016

Bahaya Penggunaan Bensin Yang Mengandung Timbal

 
Advertisement





Bahaya bensin bertimbal - timbal pada bahan bakar kendaraan berfungsi sebagai zat aditif atau zat tambahan yang bermanfaat untuk menaikkan bilangan oktan dari bahan bakar yang telah di sebutkan, tingginya nilai oktan yang ada pada sebuah bahan bakar ini mempunyai manfaat yang penting untuk memperpanjang usia mesin serta menghindari mesin dari kerusakan serius akibat terjadinya knocking akibat memakai bahan bakar ber oktan rendah, selain itu penambahan timbal ini Amat tidak jelek alias bagus untuk menekan jumlah karbon dari emisi gas Buang kendaraan.
Bensin bertimbal ini pernah digunakan secara global di tahun 1920 an serta waktu ini penggunaannya telah dilarang keras karena dampak berbahaya yang akan ditimbulkan oleh logam timbal yang bebas beterbangan di udara. Jauh sebelum adanya penambahan timbal pada campuran bahan bakar, mesin Suka kali mengalami kerusakan akibat knocking karena bensin secara otomatis terbakar waktu proses kompresi.
bahaya bensin mengandung timbal


Baca juga : Definisi nilai oktan pada bahan bakar bensin


Sesudah sekian lama timbal digunakan sebagai zat tambahan guna menaikkan nilai bilangan oktan, layaknya buah simalakama, sisa proses pembakaran yang berupa asap bertimbal ini berdampak Amat mengerikan bagi kesehatan seluruh mahluk hidup dimuka bumi ini, khususnya bagi kita-kita itu sendiri yang mampu terganggu kesehatannya akibat keracunan logam timbal. Ingat bahwasanya timbal ini termasuk kedalam golongan logam berat berbahaya serta beracun.
Karena semakin berkembangnya teknologi didunia otomotif juga memaksakan para pemakain kendaraan tidak memakai bensin bertimbal karena bahan bakar yang satu ini telah tidak cocok yang dengannya catalityc converter, yakni sebuah alat yang dipasang pada system gas Buang kendaraan yang berfungsi untuk mengurangi kadar racun yang terkandung dalam gas Buang kendaraan. Catalitityc tidak mampu bekerja yang dengannya baik akibat adanya kandungan timbal yang ada dialam gas Buang kendaraan menjadikan mau tidak mau pemakain kendaraan beroda empat atau motor yang mempergunakan CC ( Catalityc Converter ) Perlu memakai bahan bakar tanpa timbal.


Lalu bagaimana cara memperoleh nilai oktan tinggi tanpa menambahkan timbal ?


Sebuah trial serta error juga pernah dilakukan oleh para peneliti untuk menaikkan nilai oktan pada bahan bakar, salah satunya merupakan yang dengannya menambahkan zat aditif lain yang dibuat dari etanol yang disebut yang dengannya MTBE (methyl tertiary butyl ether, yang dengannya rumus kimia C5H11O), akan tetapi sebenarnya zat aditif ini juga tak kalah bahayanya yang dengannya timbal yang pada akhirnya ditemukanlah bahan aditif lain yang dapat dipakai untuk menaikkan nilai Oktan bensin yang tidak berbahaya yakni senyawa Etanol. Selain tidak berbahaya Etanol ini juga Amat gampang dibuat yang dengannya jalan memfermentasikan banyak sekali jenis tumbuhan.


Bahaya bensin mengandung timbal


Dibawah ini merupakan beberapa bahaya yang mampu ditimbulkan dari bensin yang mengandung timbal bagi kita-kita yang diantaranya merupakan sebagai berikut :


1. Gangguan keracunan


Tubuh kita-kita yang terlalu Suka menghirup asap kendaraan yang mengandung timbal, logam berat ini akan masuk kedalam peredaran darah serta tidak mampu dikeluarkan, jika jumlah timbal dalam peredaran darah kita-kita melebihi ambang batas yang ditentukan mampu membuat seseorang keracunan logam berat.



2. Gangguan system reproduksi


Timbulnya gangguan pada system reproduksi kita-kita akibat terlalu seringnya kita-kita terpapar oleh timbal akibat menghirup asap kendaraan yang memakai bensin bertimbal. Seorang ibu hamil yang Suka terpapar asap bertimbal, secara otomatis logam ini akan mengendap didalam peredaran darah si ibu hamil. Kemudian kandungan timbal ini juga ikut masuk kedalam tubuh janin melalui suplay oksigen serta nutrisi yang masuk. Gangguan system reproduksi akibat teraparnya logam timbal termasuk diantaranya merupakan lahirnya anak yang dengannya cacat mental, lahirnya seorang anak yang mempunyai IQ yang jauh dibawah rata rata. Meninggalnya janin waktu masih berada didalam kandungan, serta yang lebih menakutkan merupakan resiko mandul / tidak mampu mempunyai keturunan.



3. Gangguan pencernaan serta kecerdasan


Orang yang telah keracunan logam timbal didalam peredaran darahnya dapat memicu gangguan pencernaan semisal seringnya mual serta muntah, terjadinya gangguan kognitif pada anak anak serta yang paling parah merupakan adanya gangguan pada system syaraf kita-kita,

Baca juga : Dengan reset ECU bahan bakar avanza xenia jadi irit


Nah sebenarnya lebih tidak sedikit kerugiannya dibandingkan yang dengannya keuntungan yang kita peroleh dari bahan bakar yang didalamnya mengandung timbal bukan ? Untungnya waktu ini bensin bertimbal telah dilarang menjadikan resiko resiko diatas tidak perlu anda sekalian cemaskan lagi. Mudah-mudahan berguna.
Advertisement
Source : automotivexist.blogspot.com

Seputar Bahaya Penggunaan Bensin Yang Mengandung Timbal

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Bahaya Penggunaan Bensin Yang Mengandung Timbal