Apa Itu Chassis Monokok ? Mengenal Chassis Mobil Model Monokok

- Desember 18, 2016

Apa Itu Chassis Monokok ? Mengenal Chassis Mobil Model Monokok

 
Advertisement





Arti chassis monocoque mobil - mungkin kamu pernah mendengar beberapa istilah mengenai bentuk dari chassis sebuah kendaraan mulai dari chassis ladder frame, tubular, backbone, aluminium space frame, serta juga monocoque atau yang lebih dikenal yang dengannya sebutan chassis monokok. Lalu apa sih sasis monokok itu ? bagaimana bentuk dari sasis monokok serta apakah chassis model ini nyaman ataukah tidak ?
Nah pada artikel di artikel ini kita cuma akan fokus membahas Chassis kendaraan beroda empat model Monocoque atau monokok, mulai dari definisi chassis monokok, kelebihan chassis monokok dan kekurangan dari chassis model monokok ini. Silahkan disimak yang dengannya baik.


Pengertian Chassis Monocoque / Monokok


Istilah monocoque diambil dari gabungan dua kata berbahasa yunani serta perancis yakni ( ynani : mono = single ) serta juga ( perancis : Coque = Sell atau cangkang ), yang dengannya demikian chassis monocoque mempunyai makna atau arti chassis yang dengannya struktur tunggal. Chassis tunggal ialah sebuah chassis kendaraan ( kendaraan beroda empat ) yang dibuat menyatu yang dengannya body kendaraan beroda empat atau unibody.
chassis monocoque

Chassis monokok ialah sebuah struktur body kendaraan beroda empat atau kendaraan tunggal, hal ini berbeda yang dengannya kontruksi body kendaraan beroda empat model tangga atau ladder frame yang mempunyai kontruksi body serta juga rangka kendaraan yang dibuat terpisah. Implikasi dari chassis monokok ini selain membuat kita terasa nyaman waktu mengendarai kendaraan beroda empat, juga akan membuat kita terasa aman karena mampu melindungi penumpang kendaraan bila terjadi hal hal yang tidak diinginkan, misalnya saja jika terjadi insiden kecelakaan. Hal ini dikarenakan chassis model monokok ini mempergunakan bahan material logam baja yang kapasitasnya lebih tidak sedikit. Menjadikan memungkinkan area crumple zone yang ada pada struktur body kendaraan mampu dicapai yang dengannya lebih baik.

Baca juga : Mengenal lebih jauh tentang eronomis pada mobil



Kelebihan chassis monokok / monocoque


Untuk kelebihan dari chassis model monokok ini Amat tidak sedikit mulai dari tingkat efisiensi ruang yang lebih baik dikarenakan seluruh struktur chassis berada di bagian luar dari body kendaraan beroda empat, menjadikan pada ruang kabin kendaraan tidak akan terganggu yang dengannya adanya ruang transmisi yang lebih besar ataupun roll over bar.
Serta karena sifat yang unibody ini membuat chassis model monokok ini Amat memberikan manfaat untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar karena chassis model ini Amat ringan, dan membuat ruang dalam kabin lebih aman bila sewaktu waktu terjadi benturan karena seluruh gaya hentak akan disalurkan serta diratakan keseluruh bagian body kendaraan. Itulah mengapa kebanykan kendaraan beroda empat keluarga ataupun kendaraan beroda empat sport sekelas lamborghini mempergunakan chassis monocoque.


Kekurangan chassis monokok / monocoque


Untuk kekurangan yang ada pada chassis model ini, jika sewaktu waktu terjadi kerusakan pada bagian chassis ini maka biaya perbaikan yang Perlu kamu keluarkan lumayan lebih tidak murah ketimbang chassis model lain, hal ini dikarenakan proses pengerjaannya yang sulit menjadikan membutuhkan ketelitian serta waktu yang cukup lama.


Pengaplikasian chassis monokok pada kendaraan beroda empat


Biasanya kendaraan beroda empat yang mempergunakan chassis model monokok ini kebanykan merupakan kendaraan beroda empat yang mempunyai kebutuhan ringan semisal kendaraan beroda empat keluarga, kendaraan beroda empat sedan ataupun kendaraan beroda empat MPV ( Multy Purpose Vehicle ) yang berukuran kecil.

Baca juga : Tips modifikasi Avanza Xenia agar suspensinya empuk



Perkembangan chassis monokok hingga waktu ini


Untuk pengembangan chassis model Monocoque ini hingga saat ini masih terus dikembangkan lebih lanjut guna meningkatkan kenyamanan dalam hal berkendara serta juga meningkatkan keamanan yang jauh lebih baik dari sebelumnya.
Advertisement
Source : automotivexist.blogspot.com

Seputar Apa Itu Chassis Monokok ? Mengenal Chassis Mobil Model Monokok

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Apa Itu Chassis Monokok ? Mengenal Chassis Mobil Model Monokok