Masjid Agung Jawa Tengah Semarang dengan Arsitektur Yang Megah

- Januari 13, 2017

Masjid Agung Jawa Tengah Semarang dengan Arsitektur Yang Megah

 
Masjid Agung Jawa Tengah Semarang yang dengannya Arsitektur Yang Megah, Tempat Wisata Terindah - Jika Kamu ke Jawa Tengah untuk berlibur, pastikan Masjid Agung menjadi satu dari sekian banyaknya tujuan Kamu. Dibangun dari tahun 2001, serta pada tahun 2006 keseluruhan bangunan Masjid ini telah usai. Kamu mampu melihat gaya arsitektur yang unik yang diterapkan pada Masjid ini, di mana arsitekturnya memanglah adalah kombinasi dari arsitektur bergaya Arab, Romawi serta Jawa. Bangunannya juga benar-benar megah. Masjid yang menjadi kebanggaan warga Jawa Tengah ini dibangun di Kota Semarang. Tidak sedikit rombongan wisatawan yang menyempatkan untuk mampir ke Masjid Agung Jawa Tengah ini karena selain untuk istirahat serta sholat, juga dapat menikmati arsitektur Masjid Agung Jawa Tengah yang Amat unik.


Sejarah Masjid Agung Jawa Tengah



Masjid Agung Jawa Tengah atau biasa disingkat MAJT masih berkaitan erat yang dengannya Masjid Besar Kauman Semarang. Awal pembangunan MAJT yakni dari tanah banda wakaf Masjid Besar Kauman Semarang yang telah kembali sesudah cukup lama tak ada beritanya. Intinya ada permasalahan yang dengannya wakaf tanah yang telah di sebutkan hingga akhirnya sesudah tidak sedikit pihak berjuang mengembalikan banda wakaf yang telah di sebutkan saat ini MAJT telah dibangun di atasnya. Jadi memanglah pembangunan MAJT tidak semudah itu, membutuhkan perjuangan. Peresmian gedung MAJT dilakukan oleh pak Susilo Bambang Yudhoyono selaku presiden Indonesia, diresmikan tanggal 14/11/2006. Walaupun tanggal 14 November 2006 yang telah di sebutkan MAJT baru diresmikan, namun sebelumnya telah digunakan sebagai tempat ibadah Salat Jumat mulai 19 Maret 2004.


Masjid Agung Jawa Tengah di Semarang



Masjid megah ini tak cuma digunakan sebagai tempat ibadah bagi umat Islam saja, melainkan juga pusat aktivitas, tempat pendidikan, aktivitas religi, serta juga objek wisata religi. Karena itu memanglah MAJT sangatlah terkenal hingga ke aneka macam daerah, juga mancanegara. Beberapa bagian dari MAJT ini mampu menjadi magnet bagi para wisatawan, apa sajakah sebenarnya bagian yang telah di sebutkan?

  1. Tongkat Khatib. Ini adalah tongkat pemberian Sultan Hassanal Bolkiah yang berasal dari Brunei Darussalam.

  2. Replika bedug raksasa. Walaupun cuma replika, akan tetapi bedug raksasa ini tentu saja menarik wisatawan, karena di tempat lain belum tentu Kamu mampu menemukannya. Replika bedug yang telah di sebutkan dibuat mempergunakan kulit lembu Australia, yang dengannya ukuran 310 x 220 cm. Yang berjasa membuat replika bedug raksasa ini merupakan santri dari Pesantren Alfalah Mangunsari dari Jatilawang, Banyumas – Jabar.

  3. Auditorium. Yang cukup keren dari fasilitas yang disediakan di MAJT yakni auditorium yang mampu menampung hingga 2000 orang. Auditorium ini berlokasi di sayap Masjid samping kanan. Biasanya auditorium dimanfaatkan untuk penyelenggaraan acara pernikahan, tempat pameran, dan aneka macam acara penting yang lain.

  4. Ruang perkantoran serta perpustakaan. Sementara itu di sayap Masjid samping kiri, tersedia fasilitas ruang perkantoran serta juga perpustakaan untuk umum. Wisatawan boleh mempergunakan fasilitas ini.

  5. Al Quran raksasa. Selain bedug raksasa, juga ada Al Quran raksasa yang dengannya ukuran 145 x 95 cm2. Al Quran raksasa ini ditempatkan dalam ruang utama yang menjadi tempat salat.

  6. Menara Masjid Agung Jawa Tengah atau Menara Asma Al-Husna. Menara yang dengannya tinggi 99 m ini juga cukup menarik serta multifungsi. Yang menarik jika Kamu menaiki hingga lantai 19, di lantai ini terdapat teropong (Gardu Pandang) untuk melihat kota Semarang yang dengannya lebih terperinci.

  7. Payung Masjid Agung Jawa Tengah yang bersifat elektrik. Fasilitas berikutnya yakni payung raksasa otomatis sebanyk 6 buah. Payung elektrik berdiameter 14 m serta tinggi 20 m, selalu dibuka disaat salat Jumat. Payung Masjid Agung Jawa Tengah ini dapat dibuka serta ditutup tergantung kebutuhan. Payung smacam ini dibuat semisal yang ada di Masjid Nabawi Madinah.




Gambar Masjid Agung Jawa Tengah



Berikut merupakan beberapa Gambar Masjid Agung Jawa Tengah :
Gambar Masjid Agung Jawa Tengah dari atas

Gambar Masjid Agung Jawa Tengah

Gambar Masjid Agung Jawa Tengah


Harga Tiket Masuk Masjid Agung Jawa Tengah



Dasarnya memang Masjid Agung Jawa Tengah ini merupakan tempat ibadah bagi umat Islam, jadi jika kamu masuk kedalamnya maka tidak akan dikenakan biaya. Akan tetapi memanglah ada beberapa bagian Masjid Agung Jawa Tengah yang untuk memasuknya Perlu membayar biaya tertentu. Tiket masuk ke Menara MAJT Asmaul Husna merupakan Rp. 3.000, serta menjadi Rp. 4.000 sesudah jam 17.30. Untuk mempergunakan teropong pandang dikenakan fee lagi sebesar Rp 500,00 hingga yang dengannya Rp 1.000,00 / teropong. Tarif ini tak mengikat.


Alamat Masjid Agung Jawa Tengah



Nah Terakhir apabila kamu serta keluarga ingin berkunjung ke Masjid Agung Jawa Tengah ini maka kamu dapat langsung ke alamat Masjid Agung Jawa Tengah di Jl. Gajah Raya, Kelurahan Sambirejo, Semarang. Lokasi GPS merupakan : -6.984533,110.447445.
Sekian artikel perihal Masjid Agung Jawa Tengah, Masjid di Semarang yang dengannya arsitektur yang Amat megah. Selamat berlibur.
Baca Juga :
12 Tempat Wisata di Kota Semarang Paling Menarik
12 Obyek Wisata di Kabupaten Semarang yang Paling Populer
Source : tempatwisatadaerah.blogspot.com

Seputar Masjid Agung Jawa Tengah Semarang dengan Arsitektur Yang Megah

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Masjid Agung Jawa Tengah Semarang dengan Arsitektur Yang Megah